span 1 span 2 span 3

3 Fitur Utama SAP Business One untuk Bisnis Kecil Menengah

SAP Business One – Mungkin masih banyak pebisnis yang masih asing dengan SAP, padahal software ini sangat penting untuk membuat performa bisnis menjadi lebih maksimal dibandingkan sebelumnya. Sebelum teknologi berkembang seperti saat ini banyak yang memilih untuk menjalankan bisnis dengan cara manual. Ada beberapa divisi atau bagian yang menggunakan teknologi tapi tidak menyeluruh, selain itu aplikasi yang digunakan tidak terintegrasi artinya jika ada update harus dilakukan dengan cara manual. Berbeda dengan SAP ini dimana jika ada update akan mudah terlihat pada divisi yang memang berhak untuk melihatnya. SAP ini juga sama dengan ERP dimana memiliki modul-modul yang saling berkaitan satu sama lain sehingga jika ada satu Modul yang dilakukan update maka modul tersebut akan mengikuti sehingga lebih praktis tanpa harus melakukan update satu per satu.

Sebagai software canggih, Business One menawarkan berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis kecil dan menengah. Seperti yang diketahui bahwa bisnis kecil dan menengah ini memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki terutama dalam bidang manajemen, berbeda dengan bisnis yang sudah besar dimana operasional dan juga manajemen di tiap divisi perusahaan tersebut bisa berjalan efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan tersebut diharapkan bisnis kecil dan menengah bisa berjalan seperti yang diharapkan. Berikut ada berbagai macam fitur yang dimiliki oleh SAP Business One:

 

Manajemen Keuangan

Fitur yang akan Anda temukan di Business One ini adalah fitur yang bisa digunakan untuk memanajemen dalam hal keuangan. Bisnis kecil menengah masih kesulitan memanajemen keuangan bisnisnya tersebut akibatnya data keuangan yang tersaji bukan real time atau data sebenarnya. Tanpa data keuangan yang valid dan akurat pebisnis tidak akan tahu seperti apa kondisi keuangan bisnisnya tersebut.  Dengan fitur manajemen keuangan yang dimiliki Business One diharapkan bisnis bisa meningkatkan margin, mampu mengurangi kesalahan, dan juga bisa mendorong dalam pengambilan keputusan yang menguntungkan ditunjang tool lengkap.

 

Manajemen Penjualan dan Pelanggan

Fitur SAP Business One selanjutnya adalah manajemen penjualan dan juga pelanggan. Dengan fitur ini diharapkan semua proses penjualan dan juga siklus hidup pelanggan lebih efisien. Dimulai dari kontak awal sampai dengan mencapai penjualan di akhir, layanan purna jual, dan juga berbagai macam dukungan. Fitur ini menyediakan tool yang bisa digunakan untuk melacak semua peluang penjualan dan siklus penjualan mulai dari kontak hingga penutupan transaksi. Business One ini juga memiliki tool yang bisa memanajemen kampanye pemasaran dengan membuat, mengelola, dan menganalisis kegiatan pemasaran untuk bisa mengubah prospek menjadi pelanggan dan juga bisa menumbuhkan penjualan.

 

Pembelian dan Inventory

Fitur terakhir yang dimiliki oleh software ini adalah pembelian dan juga inventory. Software ini akan mampu mengoptimalkan pembelian, mengendalikan biaya dengan mengelola siklus pemesanan sampai dengan ke pembayaran secara lengkap sampai tanda penerimaan, faktur, pengembalian, dan juga pembayaran. Tool yang tersedia untuk mendukung fitur ini adalah tool untuk pembelian yang mana bisa digunakan untuk merampingkan proses pengadaan seperti permintaan pesanan pembelian dan pembuatan tanda terima.

Fitur pembelian dan inventory ini juga ada tool untuk manajemen data master, tool gudang dan integrasi akuntasi, akun hutang, dan yang terakhir adalah pelaporan yang mana tool tersebut bisa membuat laporan terintegrasi dengan data real time dan menampilkannya dalam berbagai macam format laporan atau dasbor agar bisa mendapatkan gambaran secara umum apa yang paling penting dalam bisnis Anda tersebut.

Demikianlah tiga fitur utama SAP Business One yang sangat bermanfaat untuk bisnis kecil dan menengah, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan