span 1 span 2 span 3

4 Contoh Penerapan Big Data dalam Bisnis

Contoh Penerapan Big Data – Big data merupakan teknologi informasi terbaru yang mana memungkinkan untuk mengolah, menyimpan dan kemudian menganalisis data dalam berbagai macam format atau bentuk. Yang membuat big data ini istimewa adalah mampu menampung dan mengolah data dalam jumlah yang besar. Selain itu dibandingkan dengan teknologi sebelumnya waktu yang diperlukan oleh Big Data relatif singkat. Sebelum ada Big Data ini mengolah dan menganalisis data menggunakan MySQL.

Ciri-ciri yang bisa ditangani oleh Big Data ini merupakan data dengan jumlah yang besar. Ukuran total data ini minimal terabyte dan bisa lebih banyak. Data yang pertumbuhannya cepat dalam kurun waktu relatif singkat dan yang terakhir bentuk data tersebut beragam atau bervariasi. 

Data yang tidak terstruktur pun bisa diolah dan dianalisis oleh Big Data untuk menghasilkan informasi yang tepat dan bermanfaat. Simak beberapa contoh penerapan Big Data dalam bisnis untuk mendapatkan keuntungan kompetitif berikut ini:

Tampilan Pelanggan yang Berubah 360 Derajat

Contoh penerapan Big Data dalam bisnis ini penting untuk diketahui. Hal itu karena Big Data ini banyak digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan pelanggan. Banyak perusahaan bisnis membuat tampilan pelanggannya berubah secara drastis dengan Big Data. Perusahaan bisnis banyak yang memiliki masalah dengan integrasi sebagian besar data pelanggan terutama dalam database dan juga warehouse system.  

Perusahaan banyak yang tidak percaya dengan kunci metrik yang digunakan sebagai profil pelanggan. Oleh sebab itulah Big Data ini mampu membuat customer 360 degree view sebagai analisis dasar pelanggan. Semua contoh interaksi dengan pelanggan ini bisa digunakan sebagai analisis lebih lanjut.

Baca Juga: 3 Contoh Penerapan Big Data dalam Bisnis Startup

Mendeteksi dan Mencegah Penipuan

Penerapan Big Data dalam bisnis selanjutnya adalah mendeteksi dan juga mencegah kejahatan finansial. Big mampu mendeteksi klaim penipuan maupun pelanggaran data.  Semua hal tersebut menjadi tantangan umum yang paling banyak dialami oleh organisasi, industri maupun perusahaan bisnis saat ini.

Berkat analisis Big Data yang dilengkapi dengan machine learning, pencegahan penipuan ini menjadi lebih baik untuk bisa mendeteksi aktivitas berbau kriminal. Analisis ini juga mampu mencegah hal-hal yang palsu. Contoh dari penerapan ini adalah saat ini banyak bank yang bisa menyimpan semua daftar riwayat yang mereka miliki sehingga bisa mendeteksi kecurangan lebih baik.

Sentiment Analysis

Contoh penerapan Big Data dalam bisnis selanjutnya adalah sentiment analysis.  Penting bagi perusahaan bisnis Anda tahu seperti apa konsumen emotions saat melakukan interaksi dengan bisnis Anda.  Anda bisa menggunakan hal ini untuk bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Big Data ini kan digunakan untuk menganalisis perasaan pelanggan kemudian memberikan gambaran perasaan yang jelas. 

Keunggulannya adalah Big Data ini bisa memberikan beberapa solusi untuk bisnis agar bisa lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor.  Sudah banyak perusahaan besar menghabiskan banyak modal dan uang mereka untuk bisa membuat pelanggan mereka tetap senang sehingga loyal dengan perusahaan mereka.

Recommendation Engines

Di era digital seperti saat ini bisnis mencoba hyper personalisasi menggunakan engines yang direkomendasikan.  Organisasi atau industri bisnis ini akan mengambil keuntungan dari Big Data melalui cara ini. Perusahaan yang tidak menggunakan Big Data ini akan mungkin untuk kehilangan pelanggan dan mungkin bisa akan kehilangan peluang dalam penjualan.

Artikel Lainnya: Apa itu Big Data Indonesia?

Potensi kemajuan bisnis yang bisa Anda dapatkan dengan Big Data ini tanpa batas. Perusahaan bisnis akan mudah untuk mendapatkan peluang yang sebelumnya tidak pernah didapatkannya dimana peluang ini mampu mendatangkan keuntungan yang lebih banyak untuk perusahaan Anda. 

Anda bisa menggunakan solusi Big Data dari SOLTIUS untuk mengatasi permasalahan bisnis Anda. Kami merupakan perusahaan penyedia solusi IT terbaik di Indonesia yang menyediakan beragam solusi berbasis IT yang bisa dimanfaatkan oleh startup maupun pebisnis profesional. Semoga beberapa contoh penerapan Big Data diatas bermanfaat untuk Anda dan jadikan kami sebagai mitra terbaik bisnis Anda, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/data-management

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
May 10, 2024
Peran Aplikasi atau Software HRIS Online dalam Pengoptimalan Produktivitas Karya...