span 1 span 2 span 3

5 Alasan Perusahaan Membutuhkan Warehouse Management System

Warehouse management system sering disingkat dengan WMS. WMS sendiri merupakan perangkat lunak yang memungkinkan bagi perusahan untuk mengendalikan dan mengelola operasi gudang saat barang masih menjadi bahan sampai dengan menjadi barang jadi yang siap didistribusikan. Operasi yang ada di dalam gudang ini meliputi manajemen inventaris, proses pengambilan, dan juga audit. Contoh peran dari WMS ini adalah akan memberikan visibilitas atau gambaran ke inventaris perusahaan kapan saja dan dimana saja baik itu masih di dalam gudang maupun dalam perjalanan. WMS ini juga akan mampu mengelola operasi dari rantai pasokan mulai dari pabrik arau grosir, kemudian ke pengecer maupun pusat distribusi. Perusahaan banyak menggunakan WMS ini untuk bisa terintegrasi dengan sistem manajemen transportasi dan juga sistem manajemen khusus inventaris.

Mengapa Harus Warehouse Management System?

Yang menjadi pertanyaan saat ini mengapa perusahaan wajib menggunakan warehouse management system ini? Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa WMS ini wajib di aplikasikan pada perusahaan seperti berikut ini:

1.    Mengontrol dan memanajemen bagian inventaris

Sistem manajemen gudang ini akan membantu perusahaan dalam meningkatkan manajemen persediaan, meningkatkan pemenuhan pesanan, dan juga mengurangi siklus pemesanan. Dirancang untuk bisa mengendalikan semua aktivitas di gudang membuat WMS ini akan membantu perusahaan Anda dalam melacak setiap unit sampai dengan tingkat terendah sehingga pemenuhan pesanan akan bisa ditingkatkan begitu pula inventaris juga akan semakin akurat. Warehouse management system juga akan menjadikan manajemen inventori semakin cepat, mudah, dan efisien dimana informasi tersebut bisa diperbarui secara real time. Sistem manajemen gudang mampu memberikan umpan balik yang cepat dan akurat sehingga perusahaan bisa merespons permintaan pelanggan dengan cepat.

Baca juga: Proses-Proses Standar dalam Warehouse Management System

2.    Layanan untuk pelanggan dan pelacakan

Gudang menjadi bagian penting dalam perusahaan karena menjadi bagian dari pengalaman pembelian pertama pelanggan Anda. Oleh sebab itu pastikan jika produk yang dipesan pelanggan ini masih memiliki stok selain itu pastikan jika mereka mendapatkan apa yang mereka mau. Dengan menggunakan WMS ini Anda juga bisa menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik. WMS juga terbukti akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pelacakan barang secara otomatis. Tugas masing-masing pekerja, rute pengiriman, dan juga put away ini bisa dikelola dan dilacak dengan baik.

3.    Perusahaan lebih produktif

Gudang ini akan memiliki peran yang penting bagi perusahaan. Sistem manajemen gudang yang bagus akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi dan konsistensi dalam mengontrol perpindahan barang di gudang dengan kecepatan maksimum. WMS ini juga mampu membuat pekerja lebih banyak menghasilkan pekerjaan dalam waktu yang lebih sedikit karena pekerja sudah memiliki apa yang dibutuhkan dalam waktu yang tepat. Kontrol gudang yang lebih baik ini terbukti meningkatkan produktivitas perusahaan yang nantinya akan mampu mendongkrak penjualan.

Baca Juga: Konsep Warehouse Management System yang Wajib Anda Tahu!

4.    Meningkatkan laba dan penjualan

Alasan mengapa perusahaan Anda wajib menggunakan WMS ini adalah akan meningkatkan penjualan Anda dan juga meningkatkan laba perusahaan. Perusahan tidak hanya terbantu dengan menjual barang lebih banyak namun juga bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga membuat mereka lebih puas dan bahagia. Sedangkan kesalahan yang disebabkan oleh tenaga manusia ini bisa diminimalisir dan di hindari dimana hal ini akan membuat permintaan pelanggan menjadi berkurang.

5.    Fleksibel

WMS ini akan mampu mengintegrasikan bisnis Anda menjadi satu kesatuan. Sistem manajemen gudang yang mampu tumbuh bersama dengan bisnis Anda karena sangat fleksibel. Warehouse management system akan bisa dikurangi dan ditambah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda pun juga akan mudah memantau sistem pergudangan di bisnis Anda kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan software ini.

Demikianlah beberapa alasan mengapa perusahaan harus menggunakan warehouse management system yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.  
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan