span 1 span 2 span 3

Fungsi Warehouse Management System yang Wajib Anda Tahu!

Fungsi Warehouse Management System yang Wajib Anda Tahu!

Warehouse management system penting bagi perusahaan bisnis. Dengan menggunakan WMS ini segala aktivitas di gudang penyimpanan akan berjalan dengan lancar. Software ini emang ruang lingkupnya lebih kecil dibandingkan dengan supply chain management system namun warehouse ini memegang peranan yang penting dalam kegiatan supply chain di suatu perusahaan. Jika warehouse management mengalami banyak masalah maka di supply chain juga akan mengalami masalah.

Karena pola belanja konsumen dalam berbelanja online ini selama 24 jam dan dilakukan dalam 7 hari per minggu maka tantangan warehouse management ini sangat besar dan tidak terhenti di toko-toko ritel saja. Untuk mengurangi keterlambatan dan bersaing secara kompetitif, ritel dan produsen, dan juga manager gudang ini harus bisa belajar bagaimana melakukan identifikasi tantangan secara umum, kemudian tahu bagaimana cara mengatasi setiap masalah di gudang yang baik dan benar.

Fungsi WMS

Ada beberapa fungsi warehouse management system yang penting untuk Anda perhatikan. Fungsi yang pertama adalah WMS ini akan mampu memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih cepat.  Sistem manajemen gudang akan memastikan stok di penyimpanan ini memadai dan bisa memenuhi semua permintaan. Permintaan mendadak dan dalam jumlah yang banyak bisa dipenuhi dengan cara mengambil inventory dari beberapa gudang sekaligus. Penyatuan stok ini juga digunakan untuk tujuan drop shipping maupun untuk stock cross docking. Fungsi selanjutnya adalah digunakan untuk menentukan lokasi dan ketersediaan stok secara otomatis. Sistem ini juga akan memastikan stok barang sesuai dengan dimensi, bentuk, dan juga ruang penyimpanan untuk pengelolaan penyimpanan yang jauh lebih baik.

Fungsi selanjutnya adalah menentukan tingkat inventori dan juga melakukan re-order tepat waktu.  Salah satu kesulitan dalam mengelola gudang adalah kapan harus melakukan  re-order, hal itu dikarenakan stok tersedia di berbagai macam lokasi. Warehouse management system ini harus bisa melakukan pemantauan jumlah persediaan stok sehingga manajer akan bisa langsung menghubungi si pemasok bila persediaannya kurang. Masalah lainnya yang sering terjadi adalah barang yang laris di satu gudang belum tentu laris di gudang lainnya. Dalam situasi ini sistem manajemen gudang harus bisa memastikan jika barang-barang yang terbengkalai di suatu gudang bisa di pindahkan ke gudang yang lainnya sesuai dengan kriteria  misalnya tanggal pembuatan, tanggal kedaluarsa, dan lain sebagainya.

Memaksimalkan Pengelolaan di Gudang

Anda tidak boleh mengandalkan warehouse management system saja untuk melakukan pengelolaan di gudang ini, namun juga harus melakukan pengelolaan di dalam gudang yang baik dan benar mengingat di dalam gudang tersebut banyak sekali barang-barang berkumpul menjadi satu. Untuk mengoptimalkan pengelolaan gudang Anda bisa memisahkan barang sesuai dengan tingkat permintaannya agar memudahkan petugas dalam menemukan dan mengambil barang pesanan. Khusus barang yang lebih cepat habis merupakan barang dengan permintaan tinggi begitu pula sebaliknya. Untuk barang best seller Anda bisa meletakkannya di rak bagian depan sehingga tidak harus berjalan jauh untuk bisa menemukannya. Barang yang laris jangan jauh dari pengepakan dan pengiriman agar bisa memenuhi pesanan pelanggan lebih cepat.

Anda harus meningkatkan kerapian dan juga keamanan di dalam gudang. Jika berantakan dan tidak dilengkapi dengan keamanan yang cukup berbagai risiko seperti kehilangan dan kecelakaan sulit dihindari. Atur ruang dan tata letak di gudang dengan memanfaatkan area secara optimal. Pastikan jika mesin pembawa barang bisa mudah melalui lorong yang ada di gudang Anda. Meski Anda ingin meningkatkan efisiensi, keamanan harus tetap di prioritaskan sehingga berikan fasilitas yang memadai kepada karyawan untuk menjaga keamanan mereka saat berada di gudang.

Demikianlah fungsi warehouse management system dan cara mengelola gudang lebih maksimal yang penting untuk Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan