span 1 span 2 span 3

Pentingnya Penerapan Warehouse Management System dalam Sebuah Perusahaan

Warehouse Management System atau Sistem Manajemen Pergudangan kini dianggap penting karena dapat menunjang proses pengelolaan stok barang di dalam gudang. Sistem ini dirasa efektif untuk membantu karyawan logistik sehingga kinerja serta produktfitas mereka akan semakin baik. Tujuan utama sistem manajemen pergudangan ini sebenarnya adalah untuk mengelola serta mengendalikan semua proses yang terjadi dalam gudang. Dengan menerapkan sistem ini, perusahaan mampu mengelola pengiriman, penerimaan, penyimpanan, serta pengambilan stok barang secara lebih baik. Sistem ini sendiri dapat memanfaatkan teknologi Radio Frequncy, WiFi LAN, Barcode Scanner, dan juga Email dalam penerapannya. Berikut ini akan dijelaskan tentang pentingnya penerapan Warehouse Management System dalam sebuah perusahaan.

Pengertian Warehouse Management System

Warehouse Management System atau Sistem Manajemen Pergudangan adalah bagian utama dari modul Enterprise Resource Planning (ERP) yang terdapat pada manajemen rantai pasokan yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Sistem ini memiliki tujuan utama yaitu mengontrol proses yang terjadi di dalam gudang secara keseluruhan mulai dari proses pegiriman (shipping), penerimaan (receiving), penyimanan (putaway), pergerakan (movement), serta pengambilan (picking). 
Sistem manajemen pergudangan ini juga memberikan fasilitas yang memudahkan perusahaan untuk mendapatkan informasi tentang penyimpanan barang berdasarkan jumlah  dan jenis barang sehingga area penyimpanan di dalam gudang  dapat digunakan secara optimal. Hal ini akan nantinya akan memudahkan para karyawan untuk mengetahui jumlah stok barang yang ada.

Pengetahuan Dasar Tentang Warehouse Management System

Berikut adalah beberapa pengetahuan dasar tentang Warehouse Management System yang dijalankan oleh sebuah perushaan:

1.    Proses Masuk

Barang-barang yang diterima dan disimpan di dalam gudang penyimpanan terlebih dulu harus dicatat dan diperiksa. Selain untuk disimpan di dalam gudang penyimpanan, barang yang baru diterima tersebut juga dapat dikemas untuk pengiriman lanjutan tanpa penyimpanan dalam waktu yang lama (cross-docking).

 2.    Tata Letak dan Sloting

Barang yang memiliki pergerakan yang cepat harus diletakkan pada bagian depan di dalam gudang penyimpanan. Barang-barng yang sekiranya akan membuat kebingungan saat akan diambil, hendaknya dipisahkan satu sama lain.

3.    Memilih

Para karyawan atau tenaga kerja yang ada di dalam gudang harus mudah dalam mencari stok barang yang sedang diperlukan. Mereka tidak boleh buang-buang waktu dalam pencarian stok barang tersebut.

 4.    Pengepakan

Barang-barang pesanan harus dikemas secara tepat, lengkap, dan akurat sebelum dikirimkan pada para konsumen. 

5.    Pengiriman

Pengiriman barang-barang yang telah dipesan harus dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat. Karena itu, perusahaan harus dapat membuat manifest pengiriman yang tepat. 

6.    Mengelola Pengembalian

Barang-barang yang dikembalikan harus dibongkar terlebih dahulu sebelum siap untuk diisi kembali. 

Manfaat Penerapan Warehouse Management System

1.    Meminimalisir Anggaranuntuk Gaji Karyawan

Dengan menerapkan sistem manajemen pergudangan yang tepat, sebuah perusahaan akan dapat menekan anggaran yang harus mereka keluarkan untuk gaji para karyawan, khususnya karyawan yang bekerja di gudang. 

2.    Mengurangi Pengeluaran untuk Membeli Peralatan

Sistem ini dilakukan dengan cara komputerisasi sehingga hanya dengan menggunakan perangkat komputer saja perusahaan sudah dapat mengolah data-data yang berkaitan dengan stok barang di dalam gudang. Hal ini pada akhirnya akan mengurangi ketergantungan dalam pemakaian peralatan yang masih bersifat manual. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk pembelian dan pemeliharaan peralatan yang kurang menunjang sistem tersebut.

3.    Meningkatkan Kinerja dan Produktifias Karyawan

Dengan menerapkan sistem manajemen pergudangan yang tepat, sebuah perusahan akan dapat meningkatkan kinerja serta produktifitas para karyawannya, terutama yang bekerja di gudang. Sistem ini akan memberikan informasi kepada karyawan perihal pekerjan apa yang harus mereka prioriaskan saat berada di dalam gudang. Dengan demikian, para karyawan tak hanya akan buang-buat waktu di dalam gudang karena mereka sudah paham benar tugas apa yang harus mereka kerjakan. 

4.    Meningkatkan Pelayanan bagi Pelanggan

Sistem manajemen pergudangan memungkinkan perampingan dalam proses pemesanan hingga pengiriman barang karena semuanya dapat dilakukan secara elektronik. Dengan demikian, perusahaan akan lebih mudah menentukan tanggal pengiriman kepada para pelanggan. Hal ini akan membuat tingkat pelayanan kepada para pelanggan semakin meningkat.

Demikianlah pentingnya penerapan Warehouse Management System dalam sebuah perusahaan. Kini, pengelolaan stok barang di dalam gudang penyimpanan menjadi jauh lebih efisien. Untuk informasi lebih detail mengenai warehouse management system Anda bisa mengunjungi link ini : https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/reading/sap-ewm-warehouse-management-system

Other News

Nov 15, 2019
7 Manfaat Penerapan Supply Chain Management Bagi Sebuah Perusahaan
Nov 14, 2019
Proses Advanced Supply Chain Planning Pada Sebuah Perusahaan