span 1 span 2 span 3

5 Fungsi Accounting Software Indonesia Terbaik 2019

Accounting software Indonesia – Mencari software akuntansi terbaik ini menjadi sesuatu yang menantang karena setiap software memiliki keunggulannya masing-masing. Software akuntansi sendiri merupakan salah satu perangkat lunak yang paling banyak dibutuhkan tidak hanya untuk perusahaan besar saja namun perusahaan kecil pun juga membutuhkan software ini. Tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan software akuntansi mengingat akuntansi ini menjadi bagian bisnis yang paling penting. Sayangnya jika masih ditangani dengan cara manual human error bisa terjadi dan proses perhitungannya lebih lama dibandingkan dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi. Oleh sebab itu perusahaan saat ini harus mulai menggunakan accounting software Indonesia yang mana disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

 

Fungsi

Selama ini banyak perusahaan yang memanfaatkan jasa konsultan keuangan untuk menangani masalah keuangan perusahaan yang dialaminya. Padahal dengan menggunakan accounting software Indonesia ini perusahaan akan bisa terhindar dari berbagai macam masalah keuangan yang bisa melilit perusahaan kapan saja. Ada beberapa fungsi software akuntansi yang penting untuk diketahui seperti berikut ini:

 

  1. Controlling terhadap keuangan perusahaan

Fungsi yang pertama adalah untuk melakukan pengontrolan keuangan yang baik. Software ini akan memungkinkan bagi pemilik bisnis untuk bisa mengontrol keuangannya secara otomatis. Meski pebisnis bukanlah seseorang yang ahli dalam hal akuntansi namun dengan training atau pelatihan yang singkat maka pebisnis bisa melakukan kontrol dan pengecekan keuangan perusahaan dengan cepat dan tepat. Jika tidak menggunakan aplikasi ini maka pebisnis harus menggunakan jasa eksternal untuk mengontrol dan mengawasi keuangannya.

 

  1. Peningkat akurasi data

Fungsi dari software akuntansi adalah sebagai peningkat akurasi data. Belum tentu data akuntansi yang dikerjakan oleh karyawan tersebut akurat dan tepat sehingga dengan software ini diharapkan akurasi data menjadi meningkat.  Tanpa data yang akurat perusahaan tidak bisa mengetahui bagaimana performa perusahaan yang sebenarnya sehingga lebih rentan mengalami krisis dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki laporan keuangan akurat. Yang sering mengalami human error adalah saat entri data dan juga melakukan perhitungan, jika perhitungan salah maka data yang tersaji dalam laporan juga akan tidak akurat.

 

  1. Penghemat biaya

Bukan menjadi rahasia umum jika dalam divisi keuangan atau akuntansi perusahaan harus mengeluarkan budget yang cukup besar agar bisa mudah dalam pengaturan susunan anggaran. Menyusun anggaran merupakan hal yang rumit sehingga dengan menggunakan jasa eksternal diharapkan susunan tersebut sesuai yang diharapkan perusahaan. Dengan menggunakan accounting software ini perusahaan akan bisa menghemat biaya terutama yang berhubungan dengan pencetakan, pemberian dokumentasi, dan juga keseluruhan data digital yang tersimpan menjadi aman dan terpantau.

 

  1. Pengambil keputusan yang tepat

Accounting software Indonesia ini bisa dijadikan sebagai pengambil keputusan yang tepat. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa software akuntansi begitu canggih. Tanpa aplikasi ini perusahaan akan sulit memahami secara rinci kondisi keuangan sehingga keputusan tidak akan bisa diambil dengan tepat dan cepat. Aplikasi ini terbukti bisa memberikan angka yang bisa membantu pebisnis memahami dimana dia harus memotong pengeluaran dan dimana harus berinvestasi lebih banyak. Dengan adanya gambaran yang jelas, secara tidak langsung accounting software akuntansi bisa menjadi sebagai pengambil keputusan yang tepat dan cepat.

 

  1. Pengaman data

Selain data karyawan dan pelanggan, data keuangan pada perusahaan ini sangat penting sehingga jika ada data yang sampai bocor ke pihak luar perusahaan akan merugi karena data tersebut akan dijadikan sebagai celah untuk menjatuhkan perusahaan. Dengan menggunakan software akuntansi ini data keuangan perusahaan  lebih aman karena tersimpan di sistem yang terpusat.

 

Accounting software Indonesia merupakan perangkat lunak yang memudahkan pebisnis untuk mengelola berbagai proses yang berikatan dengan keuangan dan mampu menyelesaikan tugas finansial dengan cepat dan tepat, namun sistem ini tidak akan menggantikan peran manajer hanya saja membantu pekerjaan agar lebih produktif dalam bekerja.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan