span 1 span 2 span 3

6 Kemampuan Wajib Accounting Software Indonesia Untuk Bisnis Dagang Dan Distribusi

6 Kemampuan Wajib Accounting Software Indonesia Untuk Bisnis Dagang Dan Distribusi

Accounting software Indonesia – Ada begitu banyak program komputer yang bisa membantu memudahkan pekerjaan manusia salah satunya adalah dalam bidang akuntansi. Saat ini ada berbagai macam software akuntansi mulai dari yang sederhana sampai dengan memiliki fungsi akuntansi yang kompleks. Tanpa perhitungan yang tepat dan akurat dikhawatirkan jika performa perusahaan menjadi menurun terlebih lagi jika ada kerugian dan kemunduran dari perusahaan yang tidak cepat terdeteksi.  Semakin lama keuangan perusahaan bermasalah maka akan semakin sulit untuk memperbaikinya.

Software akuntansi ini bisa diaplikasikan ke berbagai macam bisnis salah satunya adalah bisnis dagang dan distribusi. Jika sedang mencari accounting software, Anda harus tahu seperti apa software terbaik yang bisa digunakan untuk memanajemen keuangan perusahaan dan bisnis dengan baik. Berikut ini ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki accounting software Indonesia untuk bisnis dagang dan distribusi yang wajib untuk Anda ketahui:

 

Mencatat Penjualan dan Pembelian Otomatis

Kemampuan software akuntansi yang harus dimiliki pertama adalah bisa mencatat penjualan dan pembelian secara otomatis. Jika menggunakan teknik manual akan menyebabkan human error bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Jika menggunakan software ini data penjualan dan pembelian akan tercatat di sistem, selain itu data ini akan muncul pada laporan sehingga karyawan tidak harus menuliskan kembali data tersebut.

 

Menampilkan Persediaan Barang

Kemampuan yang harus dimiliki oleh accounting software Indonesia selanjutnya adalah bisa menampilkan persediaan barang secara real time. Pebisnis tidak harus mengurangkan barang secara manual jika ada barang yang sudah dibeli karena sistem akan bisa mengurangi stok secara otomatis sehingga jumlah stok yang ditampilkan akan benar-benar real time sehingga pebisnis tidak akan pernah kehilangan penjualan karena bisa melakukan restock terutama jika persediaan barang sudah menipis.

 

Baca Juga : 5 Manfaat Penting Software Akuntansi bagi Perusahaan Anda.

 

Mampu Mengelola Hutang dan Piutang Jatuh Tempo

Pebisnis yang tidak paham tentang akuntansi pun bisa mudah mengelola hutang dan piutang yang dimiliki berkat aplikasi ini. Berbeda jika pebisnis tidak menggunakan aplikasi ini dimana dibutuhkan waktu lama untuk mengumpulkan daftar hutang dan piutang yang dimiliki sehingga dikhawatirkan piutang yang jatuh tempo tidak akan bisa tertagih.

 

Reminder Stok Minimum

Pada software akuntansi yang canggih akan bisa di setting reminder untuk stok minimum. Misalnya barang A sudah mencapai stok minimum maka aplikasi akan bisa menampilkan reminder atau pengingat untuk bisa melakukan restock kembali.

 

Laporan yang Akurat

Software akuntansi yang bisa mendukung operasional bisnis dagang dan distribusi yang efektif dan efisien harus memiliki kemampuan penyajian laporan yang akurat. Akan lebih baik lagi jika laporan tersebut menampilkan beberapa data yang sudah diolah bukan data mentah sehingga pebisnis hanya tinggal membaca dari laporan tersebut untuk memantau perkembangan bisnisnya selama ini. Jika laporan diambil dari beberapa data mentah akan menyebabkan kesalahan dan ketidak akuratan data yang disajikan. Laporan yang bisa dibuat dengan software akuntansi ini adalah laporan stok, laporan laba rugi per hari atau per bulan, laporan hutang piutang barang terjual, laporan barang paling laris secara otomatis, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Mampu Mencetak Invoice

Kemampuan yang terakhir adalah mampu mencetak invoice dengan baik dan benar. Invoice ini merupakan dokumen atau bukti pembelian yang berisi jumlah pembayaran yang harus dibayarkan oleh pembeli. Cara manual akan menyebabkan pencetakan invoice rentan mengalami kesalahan berbeda jika menggunakan akuntansi software dimana invoice bisa tercetak dengan cepat dan tepat.

Accounting software Indonesia ini terbukti bisa membuat performa bisnis dagang dan distribusi menjadi lebih efektif dan efisien, oleh sebab itu jangan asal dalam memilih pastikan jika software yang akan digunakan memiliki beberapa kemampuan yang telah disebutkan di atas.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan