span 1 span 2 span 3

5 Tips Agar Implementasi Accounting Software Indonesia Lancar dan Maksimal

Accounting software Indonesia – Siapa yang tidak bisa berteman dan memanfaatkan teknologi akan tertinggal, terutama perusahaan bisnis. Saat ini adalah era digitalisasi dimana semuanya serba dilakukan secara digital, praktis, dan cepat, sehingga siapa yang masih mengandalkan sistem manual akan mengalami kemunduran. Bukan berarti mengerjakan bisnis dengan cara manual tersebut tidak bagus, namun jika ada cara yang lebih cepat dan mudah mengapa tidak? Apalagi tuntutan bisnis semakin besar dan persaingan bisnis semakin ketat sehingga operasional manual dianggap lebih lama dan sering menciptakan human error.

Error inilah yang sebenarnya berpengaruh terhadap bisnis terlebih lagi jika error tersebut berhubungan dengan keuangan perusahaan tentu data yang disajikan dalam laporan keuangan itu menjadi tidak real-time dan tidak sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan sebenarnya. Tidak hanya itu saja penanganan proses akuntasi dengan cara manual dianggap yang lebih lama sehingga membuat proses tersebut tidak berjalan secara efektif dan efisien.

 

Implementasi Accounting Software

Karena beberapa alasan tersebut kini banyak perusahaan yang banyak mempercayakan proses akuntansinya pada software akuntansi. DI dalam software ini memiliki sistem yang dirancang khusus untuk bisa menyelesaikan operasi akuntansi yang diperintahkan kepadanya. Meski di klaim lebih mudah, cepat, dan akurat nyatanya perusahaan yang belum paham bagaimana pengimplementasian software ini dengan baik tidak akan mendapatkan manfaat yang maksimal.  Agar bisa mendapatkan manfaat maksimal, berikut ini adalah hal-hal yang penting untuk diperhatikan dalam implementasi accounting software Indonesia:

 

  1. SDM

Hal pertama yang penting untuk dipertimbangkan adalah SDM.  SDM yang akan berhubungan dengan operasional software tersebut harus mengetahui bagaimana software tersebut bekerja. Bisa saja Anda tahu cara  operasional software tersebut, namun bagaimana dengan SDM-SDM Anda? Agar implementasi maksimal Anda bisa membentuk tim khusus untuk mengikuti training atau pelatihan software tersebut. Pilihlah SDM yang kompeten dan tidak gagap teknologi sehingga bisa mengoperasionalkan software tersebut dengan baik.

 

  1. Infrastruktur

Agar bisa mengimplementasikan accounting software Indonesia dengan baik Anda bisa mengecek apakah infrastrukturnya memadai atau tidak. Pastikan jika komputer yang Anda gunakan sudah sesuai dengan spesifikasinya. Tidak hanya itu saja, komputer server juga harus diperhatikan. Jika Anda memilih software yang bisa digunakan untuk multi user sebaiknya siapkanlah komputer server yang benar-benar mendukung hal tersebut.

 

  1. Jaringan komputer

Agar accounting software Indonesia bisa di implementasikan dengan baik sebaiknya Anda memperhatikan jaringannya. Jika software akuntansi yang Anda pilih tersebut lebih dari 1 user Anda harus menyiapkan jaringan komputer yang mana sering disebut dengan LAN. Jika tidak didukung dengan jaringan tersebut maka software akan kesulitan untuk dijalankan lebih dari 1 user.

 

  1. Tingkat kompleksitas

Khusus perusahaan yang baru berjalan atau berkembang dan ingin menggunakan software atau aplikasi ini ada baiknya Anda memilih yang memiliki tingkat kompleksitas yang lebih rendah dibandingkan dengan bisnis besar yang memiliki kompleksitas lebih tinggi. Agar bisa dioperasionalkan secara maksimal penting bagi Anda untuk tahu apa saja kebutuhan bisnis Anda dan apakah software tersebut mampu mencukupi kebutuhan bisnis Anda atau tidak.

 

  1. Waktu implementasi

Yang terakhir tentukan watu operasionalnya. Jika lancar waktu operasional dan implementasi software tersebut berjalan 1 sampai dengan 3 bulan saja namun jika kurang lancar membutuhkan waktu yang lebih lama dari 3 bulan. Agar waktu implementasinya sesuai dengan rencana sebaiknya pilih vendor yang berkualitas yang juga memiliki pelatih yang berkualitas sehingga mereka akan bisa memberikan contoh bagaimana mengimplementasikan software akuntansi tersebut dengan mudah dan tepat.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat implementasi accounting software Indonesia agar bisa berjalan secara maksimal, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan