span 1 span 2 span 3

Jangan Salah Catat Akuntansi Persediaan! Gunakan Software untuk Pembukuan Lebih Cepat dan Akurat!

Akuntansi persediaan – Akuntansi yang terkenal dalam ilmu ekonomi ini terdiri dari beberapa jenis. Lumrahnya akuntansi yang sering ditemui adalah akuntansi keuangan, manajemen, akuntansi pajak dan sebagainya.  Sayang masih sedikit yang mengetahui tentang akuntansi jenis persediaan ini. Hal itu dikarenakan akuntansi ini hanya bisa diketahui dalam dunia bisnis saja. Bagi yang tidak bekerja di dunia bisnis maka akuntansi jenis ini masih terdengar asing.

Akuntansi jenis ini memang banyak digunakan dalam bisnis yang berhubungan dengan produksi dan perdagangan. Hal itu karena ada hubungannya dengan stok barang. Sesuai dengan namanya, akuntansi ini fokusnya pada barang yang disimpan atau dijaga untuk keperluan bisnis dengan siklus normal. 

Khusus untuk perusahaan manufaktur, pembukuan akuntansi jenis ini memegang peranan yang cukup penting. Hal itu karena perusahaan harus bisa menyediakan mulai dari barang mentah, barang setengah jadi sampai dengan barang jadi. 

 

Tujuan Pembukuan Akuntansi Persediaan

Akuntansi persediaan dianggap penting bagi bisnis. Dengan adanya persediaan bisa mempengaruhi nilai dan juga harga produk di akhir. Dalam buku besar, persediaan ini memiliki kontribusi dalam menyusun neraca lajur. Selain itu juga berpengaruh terhadap laba dan juga rugi operasional. Kesalahan dalam perhitungan ini akan berdampak fatal yaitu salah dalam menentukan harga produk. 

Ada tiga tujuan utama dari persediaan yaitu menyajikan informasi kepada perusahaan yang berhubungan dengan berapa nilai produk yang dihasilkan dan juga diproduksi. Nilai bisa didapatkan dari nilai perusahaan maupun dengan aset tertentu maupun tanpa aset tertentu.  Yang terakhir adalah untuk menyajikan informasi persediaan untuk bisa memprediksi aliran kas di masa yang mendatang.

Baca Juga: Apa itu Akuntansi Persediaan dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Manfaat

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan pembukuan akuntansi persediaan berikut ini:

 

  • Menghitung laba rugi

 

Manfaat yang pertama adalah bisa menghitung laba dan rugi.  Dengan pembukuan ini Anda bisa melakukan perbandingan antara biaya pendapatan dan juga dengan biaya produksi. Kedua biaya tersebut berkaitan dengan HPP atau Harga Pokok Produk atau HPP.

 

  • Aliran kas semakin ramai

 

Dengan pembukuan ini akan membuat aliran kas akan semakin ramai. Pembukuan persediaan akan memberikan informasi yang mana berhubungan dengan persediaan. Hal ini bisa meramaikan aliran kas di masa yang akan datang baik pengguna laporan keuangan maupun kepada investor.

 

  • Informasi nilai produk

 

Dengan menggunakan akuntansi persediaan ini perusahaan akan bisa tahu berapa nilai produk yang berhasil diproduksi. Tidak hanya itu saja perusahaan juga tahu berapa nilai yang dihasilkan. Nilai ini akan bisa diperoleh dari selisih nilai perusahaan dengan jumlah aset tertentu dan tanpa aset tertentu.

Klasifikasi

Dalam pembukuan, terdapat klasifikasi yang harus diketahui. Klasifikasi ini hanya bisa dilakukan oleh perusahaan dagang dan juga manufaktur saja. Pada perusahaan jasa tidak akan bisa karena tidak memiliki persediaan yang akan disimpan dan juga diolah.

Dalam pembukuan ada klasifikasi barang dagangan. Barang ini diperoleh langsung dari perusahaan utama maupun dari produsen utama untuk bisa dijual kembali. Klasifikasi selanjutnya ada bahan baku dimana sering disebut sebagai bahan baku atau bahan mentah untuk barang yang belum diolah atau diproses menjadi barang atau produk tertentu. Setelah jadi akan dijual ke konsumen. 

Selanjutnya ada bahan pembantu dimana sifatnya tidak menjadi hal utama namun sebagai persediaan cadangan. Barang ini untuk melengkapi akhir produk. Yang terakhir adalah barang setengah jadi dan barang jadi. 

Baca Juga: Pentingnya Menyusun Laporan Keuangan Sesuai Siklus Akuntansi

Pembukuan akuntansi ini membutuhkan kejelian dan kecermatan. Salah sedikit saja akan membuat hasil pencatatan tidak akurat. Anda bisa mengotomatiskan akuntansi persediaan dengan software akuntansi dari SOLTIUS, kami merupakan perusahaan penyedia solusi IT berbasis bisnis terbaik dan berpengalaman di Indonesia, dengan solusi dari kami Anda bisa membuat pembukuan akuntansi yang lebih cepat, sistematis dan akurat, hubungi kontak untuk mendapatkan info lebih lanjut. hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut atau kunjungi laman berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

Jun 14, 2021
Mengenal Proses CRM Software Beserta Fungsinya bagi Perusahaan
Jun 14, 2021
Bagian Bagian Laporan Keuangan yang Harus Dimiliki Perusahaan