span 1 span 2 span 3

Digital Transformasi dalam Perusahaan Manufaktur Dengan Menerapkan Supply Chain

Dalam bisnis manufaktur, supply chain memegang peranan yang cukup penting. Supply chain atau rantai pasok mampu mendukung kebutuhan konsumen dan meningkatkan kredibilitas bisnis. Jika managemennya baik maka perusahaan pun bisa meningkatkan daya saing dan meninggalkan para kompetitor. Nah berikut kami jelaskan tentang digital transformasi dalam perusahaan manufaktur dengan menerapkan suppy chain. 

Apa Itu Supply Chain?

Supply chain management (SCM) adalah proses perencanaan, pengendalian, dan juga proses menjalankan arus produk. Kegiatan ini merupakan bentuk integrasi yang dilakukan dengan sistem yang tersusun rapi. Mulai dari pengadaan bahan, proses produksi hingga pengiriman produk, semua harus sesuai dan efisien dari hulu ke hilir. Oleh karena itu, perusahaan mungkin perlu bekerja sama dengan pihak lainnya, seperti pemasok ataupun distributor. 

Selain memastikan bahwa produk harus sampai ke konsumen, perusahaan perlu memikirkan solusi yang paling efisien. Ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang harus diambil, supaya waktu dan biaya tidak terbuang sia-sia. Oleh karena itu, diperlukanlah sistem yang canggih yang bisa memberikan solusi terbaik bagi perusahaan. Bila sistemnya baik, maka penghematan biaya pun menjadi optimal. Apalagi jika komunikasi dengan pihak lain seperti pemasok dan distributor terjalin baik, bisa dipastikan bahwa bisnis lebih mudah berkembang. 

Manfaat Transformasi Digital dan Penerapan Supply Chain Management 

1. Meningkatnya Profit Perusahaan

Platform supply chain management berpotensi meningkatkan profit perusahaan. Platform ini bisa menyajikan data secara lengkap dan real-time yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Jika keputusannya tepat maka kepuasan pelanggan pun terpenuhi. Nah, pada saat inilah potensi penjualan semakin meningkat sehingga perusahaan mendapat profit yang optimal. 

Di sisi lain, perusahaan bisa mengoptimalkan kinerja SDM lewat perencanaan yang terukur. Tugas yang biasa dilakukan secara manual kini bisa dialihkan dan diatasi oleh software otomatis. Dengan begitu maka tenaga karyawan bisa dialokasikan untuk tugas lainnya, yang tentu saja meningkatkan produktivitas perusahaan.

2. Manajemen yang Lebih Baik

Digital transformasi dalam perusahaan manufaktur dengan menerapkan suppy chain bisa memberikan manajemen yang lebih baik. Karena sistem bekerja otomatis, maka potensi human eror bisa diminimalisir. Pada perusahaan manufaktur, kesalahan sedetail sekecil apapun bisa menimbulkan kerugian yang cukup besar. 

Di sisi lain, sistem supply chain memungkinkan bisnis untuk punya manajemen gudang yang lebih terkontrol. Lagi-lagi hal ini terjadi berkat sistem yang sudah terkomputerisasi dan meminimalkan kegiatan manual. 

3. Shipment Tepat Waktu

Ketiga, shipment atau pengiriman barang menjadi lebih cepat karena bantuan software manufaktur supply chain. Software ini mampu mengatur siklus secara otomatis dan menyajikan data secara real-time. Sistem kerja seperti ini tentu membantu bagian pengiriman, khususnya dalam hal ketepatan waktu. 

Ketika barang sampai tepat waktu, tentu Anda bisa menebak apa yang akan terjadi. Ya, pelanggan akan merasa puas dan kredibilitas bisnis Anda semakin meningkat. Secara tidak langsung Anda akan mendapat konsumen loyal yang berpotensi untuk kembali memberi produk lainnya di kemudian hari. 

Pentingnya Menerapkan Supply Chain yang Baik di Perusahaan

Salah satu alasan perusahaan perlu supply chain yang baik adalah karena persaingan bisnis yang semakin ketat. Bila perusahaan masih menerapkan sistem jadul, maka kompetitor akan jauh meninggalkan Anda. Hampir semua perusahaan manufaktur menerapkan teknologi digital untuk bisnis mereka. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi Anda untuk segera beralih menggunakan sistem digital. 

Anda bisa mewujudkan digital transformasi dalam perusahaan manufaktur dengan menerapkan suppy chain Bersama SOLTIUS. SOLTIUS adalah perusahaan IT yang memberikan solusi terbaik atas permasalahan supply chain. Untuk produk manufaktur supply chain yang tersedia bisa dilihat di https://www.soltius.co.id/id/blog/digital-supply-chain-jawaban-tantangan-supply-chain-kompleks

 

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...