span 1 span 2 span 3

Seperti Apa Contoh Kasus Big Data dalam Bisnis? Ketahui 3 Contohnya Disini!

Contoh kasus Big Data - Sesuai dengan namanya, Big Data merupakan data yang besar. Jika dulu data yang bisa dianalisis hanyalah data yang terstruktur saat ini data yang tidak terstruktur yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan yang terstruktur. Personalisasi data banyak digunakan di bisnis saat ini.  

Saat ini transformasi digital mendominasi dari semua agenda organisasi. Hal itu membuat semua pemimpin membuat keputusan yang besar dengan menggunakan data.   Analisis Big Data ini bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, mempercepat inovasi dan juga mendorong pertumbuhan yang kompetitif.

 

Pengertian Big Data

Big Data ini menggambarkan sebuah volume data yang lebih besar. Data yang dikumpulkan oleh Big Data ini tidak hanya yang terstruktur namun juga tidak terstruktur di dalam bisnis sehari-hari. 

Bukan jumlah data saja yang penting, tindakan atau olahan data itulah yang penting.  Big Data ini akan dianalisis demi bisa memahami yang mengarah ke keputusan dan juga gerakan bisnis yang lebih strategis dan juga lebih baik.

Data yang tidak terstruktur inilah yang volumenya besar. Data itu akan dianalisis untuk kebutuhan perusahaan. Data tidak terstruktur itu misalnya setiap hari manusia menggunakan internet menghasilkan data-data tidak terstruktur, bahkan ukuran data tersebut besar. Misalnya saja di tahun 2003 manusia menghasilkan 5 exabytes data dan saat ini jumlah semakin bertambah.

Artikel Lainnya: Sedang Tren, Ini Dia 3 Contoh Kasus Big Data dalam Kesehatan yang Menarik!

Contoh Kasus Big Data

Ada banyak contoh studi kasus dari Big Data ini yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran. Tidak hanya di luar negeri, namun di Indonesia inipun Big Data telah banyak diimplementasikan untuk mendapatkan hasil analisis  yang lebih cepat dan maksimal. Berikut ini adalah beberapa contoh kasus Big Data yang menarik untuk diketahui:

 

  • Lembaga Keuangan

 

Big Data sering diimplementasikan di lembaga keuangan. Banyak yang menggunakan Big Data untuk bisa melakukan identifikasi penipuan. Hal itu dilakukan sebelum efeknya menjadi lebih besar dan menyebabkan kerugian risiko finansial.

Contoh kasusnya adalah Bank Ritel terkemuka menggunakan Big Data untuk bisa melakukan validasi keakuratan dan juga kualitas data. Dengan Big Data ini integrasi data pinjaman dan cabang, serta manajemen kekayaan dan inisiatif kualitas data meningkat. 

Bank memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap catatan tersebut akurat. Proses dengan Big Data ini menjadikan datanya lebih akurat dan juga membuatnya lebih berkualitas. Hasil analisis dan pemeriksaan tersebut untuk memastikan jika tidak ada data korupsi. Selain itu juga memastikan domain data tidak berubah dan juga merugikan. Hal ini akan dijadikan sebagai laporan ke investor sehingga mereka puas dengan hasil analisa dan pemeriksaan tersebut.

Baca Juga: Contoh Penerapan Big Data dalam Berbagai Sektor

 

  • Meningkatkan keamanan negara

 

Pemerintah pun telah menggunakan teknologi Big Data untuk meningkatkan keamanan negara. Dengan analisis yang dilakukan ini pemerintah bisa mendeteksi, mencegah dan juga melawan serangan cyber yang semakin marak.

 

  • Jasa keuangan

 

Contoh kasus big data selanjutnya adalah seorang konglomerat jasa keuangan menggunakan Big Data. Tujuannya untuk membantu melakukan identifikasi aktivitas perdagangan jahat. Grup manajemen bagian aset perusahaan melakukan analisis harga, posisi dan juga informasi pesanan. Dengan analisis Big Data ini bisa melakukan deteksi anomali dan juga perilaku yang mencurigakan.

 

Anda bisa menggunakan analisis Big Data untuk bisa meningkatkan performa bisnis Anda. Dari beberapa contoh kasus Big Data diatas bisa disimpulkan jika Big Data ini sangat canggih dan membuat performa bisnis menjadi lebih maksimal, Anda bisa menggunakan teknologi Big Data dari SOLTIUS untuk membuat inovasi di perusahaan bisnis lebih cepat, mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih kompetitif dan sebagainya, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut. hubungi kontak kami untuk berkonsultasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/data-management

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia