span 1 span 2 span 3

Mengenal Lebih Dekat Software HRIS dengan Berbagai Keunggulannya untuk Bisnis

Mengenal Lebih Dekat Software HRIS dengan Berbagai Keunggulannya untuk Bisnis

Karyawan merupakan salah satu aset berharga bagi perusahaan, sehingga perusahaan perlu meng-hire seorang HR untuk mengelolanya. Dalam proses pengelolaan tersebut, ada yang namanya software HRIS. Dimana HRIS (Human Resource Information System) bisa sangat mempermudah pekerjaan HR. Yuk kenali lebih dekat software HRIS dengan berbagai keunggulannya pada ulasan berikut.

Apa Itu HRIS ?

HRIS atau juga dikenal dengan nama HRMS (Human Resource Management Software), merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kegiatan yang berhubungan dengan SDM di dalam perusahaan. Pengelolaan dilakukan melalui sistem yang tersentralisasi, termasuk proses rekrutmen karyawan, evaluasi kinerja, hingga penggajian.

HRIS ini menjadi salah satu modul di dalam sistem ERP perusahaan, sehingga bisa diintegrasikan dengan berbagai modul lain pada sistem tersebut yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan adanya HRIS, maka manajer HRD pun akan lebih mudah untuk melacak informasi terkait karyawan dan membatasi informasi mana saja yang hanya boleh diakses manajemen.

Peran Penting HRIS

  1. Rekrutmen

HRIS dengan berbagai keunggulannya yang pertama yaitu berfungsi untuk rekrutmen. Karena setiap perusahaan tentunya ingin memperoleh kandidat karyawan dengan kualitas terbaik, sehingga perlu dilakukan analisis mendalam. Namun sayangnya, analisis manual akan cukup menyulitkan apabila kandidat yang dibutuhkan perusahaan ternyata cukup banyak.

Dan pelamar pada posisi serupa juga tidak kalah banyak, sehingga tugas HR pastinya akan sangat menumpuk. Dalam hal ini, HRIS akan membantu menghilangkan proses input data kandidat secara manual. Sistem juga bisa memudahkan HR untuk memantau perkembangan kandidat, dari proses melamar kerja, seleksi, maupun on boarding.

  1. Penggajian

Tidak hanya dalam proses rekrutmen, HRIS juga bisa membantu dalam proses penggajian yang dilakukan perusahaan. Penggajian sendiri adalah hal yang krusial bagi perusahaan, karena harus dilakukan dengan akurat agar tidak membawa kerugian pada perusahaan maupun karyawan.

HRIS dengan berbagai keunggulannya akan mempermudah penggajian karyawan tia bulannya, karena sistem dapat menyimpan serta memproses berbagai informasi yang berkaitan dengan penggajian secara akurat. Misalnya berapa lama karyawan sudah bekerja di perusahaan, berapa jumlah izin tidak masuk atau alpha, dan lain sebagainya.

  1. Manajemen Kompetensi

Kompetensi memiliki kaitan yang erat dengan performa. Bahkan, antara performa dan kompetensi bisa dikatakan akan saling berpengaruh antara satu sama lain. Oleh sebab itu, perusahaan tidak boleh mengabaikan mengenai manajemen kompetensi. Di sini, HRIS bisa membantu mengukur secara komprehensif kompetensi apa saja yang harus dikuasai karyawan.

  1. Manajemen Performa

Untuk performa karyawan sendiri, bisa memberikan pengaruh langsung pada perkembangan operasional. Pengaruhnya berbanding lurus, ketika performa turun maka operasional juga akan turun. Maka dari itu, HR bisa menggunakan HRIS untuk mengelola performa kerja karyawan melalui feedback, pemantauan kinerja, hingga penilaian kinerja.

  1. Suksesi Jabatan

Para pelaku usaha tentu sudah paham bahwa jabatan penting di dalam perusahaan tentunya tidak dapat diisi oleh sembarang orang. Sehingga HR dalam hal ini harus mempersiapkan orang yang tepat dan diyakini mampu, untuk mengisi jabatan tersebut berdasarkan kualifikasi tertentu.Kegiatan ini disebut dengan nama suksesi jabatan yang penting untuk diperhatikan.

Agar suksesi jabatan berlangsung baik, dan ditemukan kandidat yang tepat. Maka HRIS dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, akan memfasilitasi HR dalam mengadakan suksesi jabatan tersebut. Misalnya dengan mengandalkan fitur career path, atau rangkaian posisi untuk mencapai tingkatan posisi tertentu di dalam perusahaan.

Intinya, banyak sekali kegunaan dari HRIS untuk pengelolaan SDM di dalam perusahaan. Khususnya untuk perusahaan besar dengan banyak karyawan, sistem ini dijamin akan sangat membantu. Tentunya pemilihan vendor terbaik seperti Soltius Indonesia, akan membantu dalam melayani kebutuhan perusahaan anda. Segara hubungi kontak tersedia untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan