span 1 span 2 span 3

PENTINGNYA TEKNOLOGI DIGITAL SUPPLY CHAIN UNTUK PABRIK

Seberapa penting implementasi teknologi digital supply chain untuk pabrik? Anda bisa menemukan jawabannya di artikel ini! Pabrik atau skala industri pasti memiliki rantai pasokan yang besar mulai dari penyediaan bahan baku, sampai mendistribusikannya kepada konsumen. Jika rantai pasok dijalankan secara manual, tentu operasional bisnis yang berjalan di pabrik tidak bisa berjalan efektif dan efisien. Oleh sebab itulah, pabrik harus mulai bertransformasi ke arah digital dan mulai mengimplementasikan digital supply chain. 

Digital menjadi solusi terbaik untuk menghadapi tantangan rantai pasokan yang kompleks. Lalu apa itu digital supply chain? Nah, yang dimaksud dengan digital supply chain adalah rantai pasokan berbasis digital yang bisa membantu Anda dalam merencanakan sampai mengawasi rantai pasokan di perusahaan Anda secara otomatis. Rantai pasokan yang selalu dinamis membuat digital supply chain sangat penting diimplementasikan di pabrik Anda. Yuk simak informasi tentang teknologi digital supply chain untuk pabrik di bawah ini!

 

Mengapa Digital Supply Chain?

Ada banyak pertanyaan mengapa harus mengimplementasikan teknologi digital supply chain untuk pabrik? Alasan paling vital adalah rantai pasok selalu dinamis dan berubah. Tidak ada yang tahu bagaimana rantai pasok bisnis Anda kedepannya bagaimana. Oleh sebab itu, demi menciptakan rantai pasok yang efektif dan efisien sangat penting untuk mengimplementasikan digital supply chain.

Digital supply chain mampu mempresentasikan proses, struktur organisasi bahkan teknologi yang memungkinkan fungsi perencanaan. Digital supply chain juga membantu mengeksekusi rantai pasok pabrik dari ujung ke ujung. Berkat digitalisasi sistem, rantai pasokan mampu berjalan lebih mulus tanpa ada hambatan yang berarti.

Sangat berbeda dengan supply chain yang tradisional, digital supply chain begitu cepat karena memiliki beberapa aliran. Digital supply chain juga lebih terintegrasi memiliki aliran informasi dan analitik yang lebih cepat dan berkelanjutan.

Tips Membangun Digital Supply Chain Berbasis Mobile

Setelah Anda tahu pentingnya teknologi digital supply chain untuk pabrik, ada baiknya Anda tahu apa saja tips membangun digital supply chain berbasis mobile seperti berikut ini!

 

  • Pahami Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Dengan Digitalisasi

 

Digital supply chain memang menjadi solusi atas tantangan rantai pasok yang semakin dinamis. Hanya saja Anda harus tahu dan paham apa yang bisa dan tidak bisa terkena sentuhan digital. Anda bisa membuat proses pengadaan barang, pemesanan, pembuatan faktur dan pembayaran dilakukan secara otomatis.   

Sayangnya tidak semua proses bisa berjalan otomatis begitu saja. Misalnya proses pembuatan faktur tidak hanya dibuat dengan dokumen elektronik. Untuk menjamin akurasi dibutuhkan pengecekan ulang. Perusahaan perlu menggabungkan otomatisasi untuk memastikan faktur telah di validasi.

 

  • Manfaatkan Data

 

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan selanjutnya memanfaatkan data. Penggunaan media digital akan membuat pabrik bisa memanfaatkan data yang telah disimpan menjadi informasi yang bermanfaat untuk mengambil keputusan.

 

  • Revolusi Proses

 

Tips terakhir melakukan revolusi proses. Dengan digital supply chain akan membantu Anda mampu mengubah proses bisnis menjadi lebih kolaboratif, cepat dan transparan. Mengelola rantai pasok ini melibatkan banyak pihak di dalam maupun di luar perusahaan. Oleh sebab itu, diperlukan platform yang bisa menghubungkan berbagai pihak di seluruh rantai pasok.

 

Untuk bisa bertransformasi ke teknologi digital Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS. Perusahaan penyedia solusi IT terbaik di Indonesia yang satu ini menawarkan solusi terbaik untuk pabrik Anda. Sudah banyak perusahaan yang bisa membuat rantai pasokan berjalan efektif dan efisien setelah mengimplementasikan solusi berbasis IT dari SOLTIUS. Implementasi teknologi tersebut tidak mudah, jadi pastikan Anda memilih vendor terbaik dan berpengalaman di bidang IT seperti SOLTIUS. Untuk mengetahui produk dan teknologi digital supply chain untuk pabrik lebih detail silahkan klik link ini!

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan