span 1 span 2 span 3

Siapa Saja yang Termasuk Pengguna Laporan Keuangan? Simak Informasinya Disini!

Pengguna laporan keuangan – Akuntansi ini merupakan proses identifikasi, pencatatan, dan juga komunikasi terhadap transaksi ekonomi dari suatu entitas. Umumnya ada tiga aktivitas di dalam akuntansi ini. Aktivitas tersebut yaitu identifikasi, pencatatan dan aktivitas komunikasi.  Akuntansi keuangan ini akan menghasilkan apa yang disebut dengan laporan keuangan. 

Laporan keuangan ini akan disusun selama setahun sekali. Laporan tersebut untuk memenuhi kebutuhan sejumlah besar pengguna. Beberapa pengguna memerlukan dan juga berhak untuk bisa memperoleh informasi tambahan yang tidak tercakup di dalam laporan keuangan. 

Laporan keuangan yang lengkap ini meliputi neraca, laba rugi dan juga laporan perubahan posisi keuangan. Ada beberapa pengguna laporan keuangan yang harus Anda ketahui seperti berikut ini:

Baca Juga: Ini Dia 2 Jenis Pengguna Laporan Keuangan yang Wajib Anda Tahu!

Investor

Pengguna pertama adalah investor. Investor ini merupakan penanam modal berisiko. Investor ini memiliki kepentingan dengan risiko yang melekat pada pengembangan dari hasil investasi yang ditanamnya. Investor harus memiliki info agar mampu menentukan apa harus membeli, menahan atau juga bisa juga menjual investasi tersebut. Investor atau pemegang saham juga bisa menilai kemampuan perusahaan dalam membayar dividen melalui laporan keuangan.

Karyawan

Pengguna laporan keuangan ini juga ada dari sisi karyawan. Karyawan ini merupakan kelompok yang mana mewakili mereka terhadap informasi tentang stabilitas dan juga profitabilitas perusahaan. Mereka tertarik dengan informasi yang memungkinkan untuk menilai kemampuan perusahaan di dalam memberikan jasa. Karyawan juga tertarik dengan informasi berhubungan dengan imbalan pasca kerja dan juga kesempatan dalam bekerja.

Pemasok dan Kreditor

Pemasok maupun kreditor ini begitu tertarik dengan laporan keuangan.  Mereka tertarik dengan informasi yang memungkinkan kepada mereka untuk memutuskan apakah jumlah akan dibayar saat jatuh tempo dan sebagainya. Kreditor usaha ini juga memiliki kepentingan terhadap perusahaan.

Pelanggan

Pelanggan memiliki kepentingan dengan informasi yang berhubungan dengan kelangsungan bisnis perusahaan. Pelanggan membutuhkan laporan keuangan saat mereka terlibat dalam perjanjian jangka panjang. Pelanggan tersebut juga memiliki ketergantungan terhadap perusahaan.

Masyarakat

Pengguna laporan keuangan selanjutnya adalah masyarakat. Perusahaan bisa mempengaruhi masyarakat dalam berbagai cara. Misalnya saja adalah perusahaan bisa memberikan kontribusi kepada perekonomian nasional.  Termasuk jumlah orang dipekerjakan di dalam perlindungan kepada penanam modal domestik. 

Laporan keuangan bisa membantu masyarakat dalam menyediakan informasi berhubungan dengan tren. Selain itu juga perkembangan terakhir dari kemakmuran perusahaan sampai dengan rangkaian aktivitasnya.

Pemerintah

Pemerintah ini menjadi lembaga yang mana kekuasaannya memiliki kepentingan dengan sumber daya. Selain itu mereka memiliki kepentingan dengan aktivitas perusahaan. Mereka membutuhkan informasi untuk bisa mengatur aktivitas perusahaan dan menetapkan kebijakan pajak. Informasi tersebut juga dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan statistik pendapatan nasional.

Pemberi Pinjaman

Fungsi dari laporan keuangan bagi pemberi pinjaman tersebut memberikan informasi keuangan yang memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah pinjaman dan bunganya dibayar saat jatuh tempo.

Baca Juga: Mari Berkenalan dengan Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi!

Laporan keuangan yang dibuat ini harus cepat dan akurat selain itu bisa memberikan data yang sebenarnya atau real time. Untuk mewujudkan laporan keuangan yang akurat dan data yang disajikan ini real time Anda bisa menggunakan software akuntansi dimana dengan software ini Anda bisa mencatat setiap proses transaksi dengan cepat dan akurat. 

Yang mengagumkan adalah software ini bisa membuat laporan yang akurat karena memang data yang digunakan untuk menyusun laporan adalah real time, Anda bisa menggunakan solusi software akuntansi dari SOLTIUS yang terbukti berkualitas dengan fitur terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis Anda, kami merupakan perusahaan penyedia IT terbaik dan profesional, dengan solusi kami bisnis Anda bisa membuat laporan berkualitas sesuai dengan harapan pengguna laporan keuangan, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Soltius Indonesia atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia