span 1 span 2 span 3

Mari Berkenalan dengan Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi!

Mari Berkenalan dengan Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi!

Karakteristik kualitas informasi akuntansi – Setiap perusahaan haruslah membuat laporan keuangan yang baku dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Terlebih lagi laporan akuntansi ini merupakan penyedia informasi yang resmi. Oleh sebab itu setiap laporan tersebut mampu memberikan kualitas informasi yang tidak hanya akurat namun juga valid.

Dibutuhkan informasi akuntansi yang akurat yang mana bisa digunakan sebagai pengambil keputusan dalam menjalankan operasional di perusahaan Anda. Saat laporan keuangan ini kualitas informasi akuntansinya buruk bisa mempengaruhi citra perusahaan Anda dimata kreditur maupun investor. 

Dengan laporan keuangan yang memiliki kualitas informasi akuntansi yang bagus ini investor akan mudah untuk melakukan analisa laporan keuangan untuk bisa mengetahui kondisi perusahaan. Saat kondisi keuangan perusahaan memuaskan maka modal yang ditanam oleh investor akan bertambah.

Mengenal Kualitas Informasi Akuntansi

Sebelum Anda mengetahui karakteristik kualitas informasi akuntansi ada baiknya jika Anda tahu apa itu kualitas informasi akuntansi. Pengertian kualitas informasi akuntansi ini diungkapkan oleh beberapa ahli. Kesimpulan dari beberapa pendapat para ahli tersebut mengungkapkan bahwa kualitas informasi akuntansi ini merupakan kemampuan informasi data supaya bisa memenuhi ekspektasi atau perusahaan di dalam kegiatan keuangan sehingga nantinya bisa bermanfaat dalam membuat keputusan yang tepat dan terpercaya.

Baca Juga: Fungsi Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi

Jenis Informasi Akuntansi

Setiap perusahaan ini memiliki tingkat manajemen yang berbeda. Informasi yang dibutuhkan oleh tingkatan manajemen ini berbeda. Semakin tinggi tingkatan manajemen dalam perusahaan tersebut membutuhkan informasi akuntansi yang lebih ringkas, jelas dan juga terpercaya. Sedangkan sebaliknya semakin rendah tingkatan manajemen maka semakin rinci dan semakin membutuhkan banyak penjelasan. 

Pada dasarnya jenis informasi akuntansi ini dibagi menjadi tiga yaitu gabungan data, pengawasan data dan yang terakhir adalah pemecahan masalah atas data. Gabungan data merupakan jenis informasi yang mana berisi laporan akuntansi kinerja dari masing-masing pihak internal dan juga pihak eksternal perusahaan.

Pengawasan data ini adalah jenis informasi yang sangat membantu manajer dalam melakukan perencanaan perspektif atau melakukan pengawasan teliti setiap hari.  Analisis maupun investigasi laporan akuntansi akan bisa dilakukan oleh pihak-pihak internal. Hal tersebut dilakukan secara berulang. Pemecahan masalah atas data merupakan informasi yang mana melibatkan data yang sifatnya adalah kuantitatif. Informasi ini akan mampu memberikan keputusan final.

Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi

Agar bisa menghasilkan informasi akuntansi yang berkualitas, laporan harus memenuhi beberapa faktor atau karakteristik tertentu. Beberapa karakteristik tersebut adalah:

1. Relevan atau bersangkutan

Laporan keuangan akan dinyatakan berkualitas jika relevan atau bersangkutan. Tanpa adanya karakteristik ini dalam laporan Anda maka dianggap buruk dan tidak sah. Informasi akuntansi dengan relevansi ini akan membantu dalam pengambilan keputusan dan perencanaan.

2. Terpercaya

Karakteristik kualitas informasi akuntansi selanjutnya adalah terpercaya.  Informasi akuntansi ini harus bisa dipercaya kebenarannya. Jika ada kesalahan seperti neraca saldo tidak seimbang maka penting untuk segera diperbaiki. Lakukan pengujian ulang menggunakan data yang lebih  valid dan juga terpercaya. Informasi akuntansi bisa dipercaya jika memiliki 3 hal seperti dapat diuji, netral dan juga sesuai dengan fakta. 

Baca Juga: Apa Itu Software Akuntansi? Berikut Manfaatnya dan 5 Fitur yang Wajib Dimiliki

3. Lengkap

Informasi harus lengkap dan tidak mengabaikan hal penting dari aktivitas perusahaan tersebut.  Kelengkapan laporan ini tentunya harus bisa diverifikasi oleh pihak eksternal seperti akuntan independen atau publik.

4. Karakteristik lainnya

Ada beberapa karakteristik lainnya seperti tepat waktu dan dapat dimengerti. Informasi akuntansi keuangan harus dibuat secara tepat waktu supaya bisa digunakan untuk mengambil keputusan lebih dini atau cepat. Informasi tersebut juga harus dipahami oleh semua orang yang bersangkutan.

Membuat laporan keuangan yang bisa menghasilkan informasi akuntansi yang bermanfaat memang dibutuhkan ketelitian dan kecermatan.  Pembuatannya pun tidak bisa dilakukan dengan cara manual namun secara sistematis dengan bantuan software atau sistem. Anda bisa menggunakan software akuntansi dari SOLTIUS untuk menciptakan laporan yang memenuhi karakteristik kualitas informasi akuntansi, kami menjadi perusahaan penyedia layanan IT terbaik dan terpercaya di Indonesia, hubungi kami untuk berkonsultasi lebih lanjut. Atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan