span 1 span 2 span 3

Apa Itu Software Akuntansi? Berikut Manfaatnya dan 5 Fitur yang Wajib Dimiliki

Software akuntansi saat ini memang sudah tak asing lagi dalam kegiatan bisnis di berbagai perusahaan mulai dari skala menengah hingga besar. Menggunakan software akuntansi akan memudahkan segala aspek yang berhubungan dengan perhitungan dan pembukuan perusahaan akan teratasi dengan cepat, tepat, dan akurat. 

Pada software akuntansi memiliki sistem yang tertanam pada seluruh tiap-tiap divisi perusahaan sehingga memiliki kontrol yang lebih luas. Nah, untuk Anda yang berminat menggunakan software akuntansi pada perusahaan, berikut ini akan diulas terlebih dahulu mengenai pengertian, fitur, manfaat, hingga tips dalam memilih vendor software akuntansi yang baik untuk membantu Anda. 

Apa Itu Software Akuntansi? 

Software akuntansi merupakan seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung kegiatan akuntasi dengan berbasis modularitas yang saling terhubung dengan meliputi modul pembelian (account payable), penjualan (account receivable), buku besar, penggajian, dan sebagainya. Software akuntasi biasanya dapat dikembangkan sendiri oleh perusahaan atau juga dapat bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan layanannya. 

Tujuan software akuntasi yaitu mampu memudahkan menyusun laporan akuntansi keuangan berupa neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit loss statement), cash flow, dan laporan akhir. Anda harus melakukan input awal untuk data yang harus diproses pada software akuntasi. 

Anda harus menyusun ledger dengan kode dan nama yang jelas. Sehingga nantinya ledger harus memiliki pos-pos yang jelas pada tiap-tiap posisi laporan keuangan, ledger untuk neraca, laba rugi, manufaktur, dan biaya fabrikasi. 

Software akuntansi bekerja secara real-time dari berbagai divisi yang sudah saling berhubungan sebelumnya. Maka dari itu, sebagai contoh Anda tak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan laporan laba rugi. Berbagai transaksi yang berjalan seperti penjualan, pembelian, produksi, stok opname, dan pengeluaran biaya di perusahaan akan secara otomatis masuk dalam jurnal dan selalu diperbarui setiap saat.

Hal inilah yang akan membantu segala proses pembukuan dan perhitungan akuntansi di perusahaan menjadi lebih otomatis dan mudah. Setelah mengetahui pengertian software akuntasi berikut ini ada beberapa manfaat dari penggunaan software akuntansi. 

Manfaat Software Akuntansi

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan ketika menggunakan software akuntansi: 

  • Laporan keuangan merupakan aspek paling vital perusahaan, dengan menggunakan software akuntasi akan memudahkan pengerjaan laporan dalam waktu singkat.
  • Mengurangi kesalahan perhitungan akibat human error. 
  • Dapat memperbaiki kesalahan input hanya pada modul yang ditemukan saja tanpa harus mengulang semua perhitungan dari awal lagi. 
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan karena proses akuntansi dapat berjalan secara otomatis.
  • Software akuntansi akan menyajikan data yang lebih akurat maka dari itu hal ini akan mendukung Anda dalam menentukan langkah dan keputusan yang akan diambil. 
  • Memantau pasar global. 

Itulah beberapa manfaat dari software akuntansi yang akan didapatkan pada perusahaan. Berikut ini ada beberapa fitur-fitur wajib software akuntansi yang wajib dimiliki. 

Fitur-Fitur Software Akuntansi yang Wajib Dimiliki

Sebelum memilih software akuntansi yang cocok dan sesuai visi misi perusahaan Anda, tentu saja ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan tersebut salah satunya yaitu fitur-fitur software akuntansi yang harus dimiliki. Apa saja sih fitur-fitur tersebut? Yuk simak beberapa poin berikut ini.

  • Fitur Laporan Keuangan

Tentu saja fitur laporan keuangan adalah yang paling utama. Anda harus memperhatikan kemampuan software dalam melakukan proses akuntansi double entry dan akuntansi akrual. Tak hanya itu, fitur lain yang penting adalah laporan neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, laporan jurnal, dan laporan buku besar. 

  • Fitur Manajemen Utang Piutang 

Fitur ini juga sangat penting dalam kegiatan bisnis Anda. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat laporan utang atau piutang dari pelanggan maupun supplier dan mengontrol kapan waktu jatuh tempo utang yang harus dibayar. 

  • Fitur Purchasing

Purchasing merupakan kegiatan yang akan selalu ada dalam setiap lini bisnis. Fitur ini akan membantu melihat status dan laporan transaksi seperti pembelian jatuh tempo, pelunasan, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, software akuntansi juga harus mampu memiliki fitur dalam pembuatan faktur dan retur pembelian, pembelian, dan pengiriman pada supplier produk. 

  • Fitur Budgeting

Dengan adanya fitur ini, anda dapat mencatat segala laporan tentang budgeting yang telah dibuat seperti membuat anggaran bersisa atau tak bersisa yang dapat disesuaikan dengan periode aktifitas bisnis Anda. Tak hanya itu, fitur ini juga dapat digunakan sebagai untuk menghitung anggaran laba rugi. 

  • Fitur Financial Forecasting 

Fitur ini termasuk salah satu fitur yang paling krusial. Tentu saja dalam setiap jalannya bisnis menginginkan melakukan estimasi biaya pendapatan dengan tepat. Nah fitur financial forecasting inilah yang dapat membantu dalam mengontrol keuangan dengan bijak karena dapat menghilangkan biaya yang tidak perlu dan keuntungan menjadi maksimal.

Tips Pilih Vendor Layanan Developer Software Akuntansi

Agar kegiatan pembukuan atau akuntansi pada perusahaan berjalan dengan baik, Anda juga harus memperhatikan dalam pemilihan vendor softwafe akuntansi yang akan digunakan. Berikut ini beberpaa tipsnya. 

Kemudahan dalam mengakses

Setiap layanan/vendor developer software akuntansi tentu saja memiliki berbagai tampilannya sendiri-sendiri. Sebagai pengguna software tersebut, Anda harus mampu memilih software yang memiliki kemudahan dalam akses agar dapat digunakan dengan lancar dengan baik dan mudah oleh seorang akuntan bahkan yang tidak memiliki basic akuntan. 

Keamanan Data

Keamanan data menjadi pertimbangan utama Anda memilih produk berbasis software. Begitupula dengan pemilihan software akuntansi yang akan digunakan, tanyakan secara detail dan jelas pada developer mengenai keamanan data dari pembobolan online atau offline. 

Terdapat Fitur Back Up Data

Tips selanjutnya dalam memilih vendor software akuntasi adalah adanya fitur back up data. Ini karena umunya seluruh laporan keuangan akan lebih sering diakses dengan Microsoft excel sehingga Anda sebaiknya memilih software akuntansi yang menyediakan layanan fitur ekspor impor data berupa excel. 

Adanya Customer Support 

Ketika pertama kali menggunakan software akuntansi, tentu saja tim dan Anda masih memerlukan beberapa bantuan terkait software akuntansi tersebut, nah saat akan memilih vendor pastikan Anda memilih vendor yang cukup melayani Anda dengan baik dan mampu memberikan layanan customer support. 

Itulah pembahasan mengenai apa itu software akuntansi dan berbagai manfaat dan fitur yang wajib dimiliki. Tak hanya itu, sebelum memutuskan menggunakan software akuntansi dan memilih pihak ketiga sebagai penyedia layanan, ada baiknya untuk mempertimbangkan berbagai aspek agar mendapatkan vendor yang terbaik. 

Salah satunya yang ditawarkan dari Solitius yaitu paket SAP Business One yang akan membantu Anda mengontrol perusahaan dengan mudah. Untuk itu, Soltius hadir sebagai pengembang produk software akuntansi terbaik yang memberikan solusi untuk membantu mengontrol kegiatan akuntansi dalam perusahaan Anda. 

Jika anda memutuskan untuk membeli aplikasi akuntansi bagi perusahaan atau usaha UMKM anda, pastikan aplikasi tersebut mampu memberikan keunggulan-keunggulan di atas. Lihat juga keunggulan-keunggulan accounting software dari SOLTIUS Indonesia disini : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia