span 1 span 2 span 3

Fungsi Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi

Fungsi Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi

Karakteristik kualitas informasi akuntansi – Dalam menyajikan dan menyampaikan informasi akuntansi ini memerlukan kualitas informasi akuntansi. Laporan tersebut harus disampaikan secara sistematis dan juga secara berurutan. Terlebih lagi jika Anda ingin menyajikan laporan akuntansi untuk investor, kreditur dan kepada para pemangku kepentingan yang lainnya.

Ada 6 karakteristik kualitas informasi akuntansi yang penting untuk diperhatikan oleh pebisnis. Dua dari enam karakteristik tersebut adalah fundamental, empat lainnya merupakan penunjang dalam pada setiap laporan. Tujuannya supaya laporan tersebut sesuai dengan standar akuntansi yang telah ditentukan.

Fungsi Informasi Akuntansi

Fungsi utama dari informasi akuntansi ini adalah mengumpulkan dan juga menyimpan data yang mana berhubungan dengan kegiatan bisnis perusahaan. Data tersebut haruslah yang real time, efektif dan juga efisien. Yang paling penting adalah informasi akuntansi harus berguna untuk bisa mengambil keputusan yang dilakukan oleh pihak manajemen. 

Akuntansi sendiri merupakan seni yang mana memiliki peran penting dalam pencatatan dan meringkas. Selain itu informasi akuntansi berperan dalam analisis dan juga pelaporan data.  Karena laporan akuntansi ini dijadikan sebagai tolak ukur hasil dari kegiatan ekonomi maupun bisnis yang dilakukan maka laporan ini harus benar-benar real time dan akurat.

Baca Juga: 5 Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi yang Penting

Perbedaan

Pada dasarnya kualitas informasi akuntansi ini dibagi menjadi dua yaitu kualitas informasi akuntansi dasar atau utama dan juga sekunder. Karakteristik kualitas informasi akuntansi dasar ini penting. Hal itu karena karakteristik ini haruslah ada dalam setiap informasi akuntansi. Dua karakteristik yang masuk dalam informasi akuntansi dasar ini adalah relevan dan bisa diuji.

Yang kedua adalah kualitas informasi akuntansi sekunder. Karakteristik ini adalah penunjang yang mana mempengaruhi seberapa berguna informasi yang disajikan. Yang masuk dalam karakteristik kualitas informasi akuntansi sekunder adalah bisa diverifikasi, ketepatan waktu, bisa dipahami dan juga komparatif. 

Mengenal Relevansi, Karakter Kualitas Informasi Akuntansi Terpenting

Setelah Anda tahu perbedaannya penting bagi Anda untuk tahu penjelasannya relevansi secara rinci. Relevansi ini menjadi karakteristik yang paling penting. Jika informasi yang dihasilkan ini tidak relevan maka laporan atau informasi tersebut tidak akan berguna meski kualitas informasi lainnya ini dipenuhi.

Relevansi ini sebenarnya mengacu pada seberapa membantu informasi akuntansi tersebut untuk mengambil keputusan. Kualitas informasi akuntansi ini dinyatakan relevan jika memenuhi dua unsur yaitu nilai prediksi dan juga nilai konfirmasi. Yang dimaksud dengan nilai prediksi adalah membantu perusahaan untuk memprediksi hasil apa saja yang bisa diperoleh pada masa mendatang, sedangkan untuk nilai konfirmasi adalah membantu mengkonfirmasi kebenaran ekspektasi atau nilai yang telah diprediksi sebelumnya. 

Baca Juga: Apa Itu Software Akuntansi? Berikut Manfaatnya dan 5 Fitur yang Wajib Dimiliki

Informasi akuntansi yang dihasilkan ini bisa menjadi lebih relevan jika mampu memberikan beberapa informasi yang bermanfaat di peristiwa masa lalu dan juga mampu melakukan prediksi di masa depan. Contoh dari relevansi adalah perusahaan Anda memiliki penjualan yang besar di masa kuartal pertama kemudian menyajikan laporan tersebut kepada kreditur atau investor. Laporan yang relevan ini bisa mampu membantu investor maupun kreditur ini untuk memperbesar  nilai kredit maupun memperbesar nilai investasi di perusahaan Anda.

Laporan keuangan ini tidak hanya penting untuk perusahaan Anda namun juga penting di mata investor dan kreditur. Laporan keuangan yang bagus haruslah memenuhi karakteristik yang telah disebutkan diatas. Untuk membuat laporan keuangan secara sistematis dan berurutan Anda bisa menggunakan software akuntansi. Software ini bisa membuat informasi akuntansi di perusahaan Anda lebih relevan, lebih tepat waktu, dapat dipahami oleh semua orang, dapat diuji dan masih banyak lagi lainnya.

Anda bisa menggunakan software akuntansi terbaik dari SOLTIUS. Kami sebagai jasa penyedia solusi IT terbaik mampu membantu perusahaan Anda untuk membuat laporan keuangan akuntansi yang bisa dipertanggungjawabkan dan memenuhi karakteristik kualitas informasi akuntansi, hubungi kami untuk berkonsultasi lebih lanjut ​atau klik tautan berikut: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/accounting-software-akuntansi

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...