span 1 span 2 span 3

Cara Startup Mengurangi Pengeluaran Biaya Operating dengan HRIS

Seiring berjalannya waktu, jumlah perusahaan rintisan atau startup sudah semakin banyak dengan berbagai sektor usaha yang berbeda-beda. Dalam menjalankan suatu bisnis di era modern seperti sekarang ini, pastinya startup akan membutuhkan sistem HRIS. Sederhananya, sistem ini akan menggabungkan kegiatan administrasi HR dengan menggunakan teknologi informasi. Penggunaannya pun sangat penting, karena mampu membuat pekerjaan administrasi HR kini semakin mudah dilakukan. Cara startup mengurangi pengeluaran biaya operating dengan HRIS pun kini banyak dipilih oleh para pelaku usaha. 

Saat startup berkembang dengan signifikan, pengurusan administrasi HR secara manual tentu tidak akan efektif. Sebab semua pekerjaan HR menjadi tidak praktis, misalnya informasi karyawan yang kurang akurat dan masih harus di-update secara manual dengan menggunakan software Microsoft Excel. Apalagi jika jumlah karyawan lebih dari 50 orang, sebaiknya perusahaan startup sudah harus mulai menerapkan sistem HRIS.

Lantas bagaimana cara startup mengurangi pengeluaran biaya operating dengan HRIS? Simak ulasannya di bawah ini. 

Meningkatkan Produktivitas dari Tim HR

Ketika suatu perusahaan telah menggunakan sistem HRIS, tentu produktivitas dari tim HR pun akan jauh lebih meningkat. Sebab semua proses administrasi HR kini sudah bisa dilakukan secara otomat is sehingga prosesnya pun menjadi lebih cepat untuk dilakukan. Misalnya kini sistem absensi online sudah tersimpan langsung ke dalam sistem dan telah terintegrasi pula ke payroll karyawan secara otomatis. 

Dengan demikian, tim HR pun dapat melakukan pekerjaan yang lebih penting dan mendesak karena hal tersebut telah teratasi dengan adanya sistem HRIS. Produktivitas yang meningkat tentu akan semakin menguntungkan perusahaan dalam melakukan pekerjaan. 

Meminimalisir Terjadinya Human Error

Ada saatnya ketika mengerjakan suatu pekerjaan, tim HR bisa melakukan kesalahan. Kesalahan inilah yang bisa membawa dampak besar bagi suatu perusahaan. Cara statup mengurangi pengeluaran biaya operating dengan HRIS salah satunya adalah dengan meminimalisir terjadinya human error atau kesalahan yang dilakukan oleh karyawan. Satu kesalahan kecil tentu saja bisa memberikan dampak besar bagi suatu perusahaan. 

Umumnya kesalahan ini biasa dilakukan ketika pekerjaan tim HR dapat dilakukan secara manual. Dengan menggunakan software HRIS kini pekerjaan pun dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus merasa khawatir akan terjadi kesalahan yang dapat berdampak besar terhadap perkembangan perusahaan. 

Efisiensi Waktu

Selain itu, ketika startup menerapkan sistem HRIS di perusahaan mereka, tentu dapat membuat proses administrasi HR menjadi lebih efisien secara waktu. Hal ini tentunya akan membuat pekerjaan menjadi cepat selesai. Karena pekerjaan menjadi lebih singkat dan cepat dilakukan, perusahaan pun kini sudah tidak perlu lagi memiliki terlalu banyak orang di tim HR.

Hal ini tentu akan membuat startup bisa mengurangi biaya operating untuk SDM yang mereka miliki. Oleh sebab itu sistem HRIS kini wajib diterapkan di perusahaan-perusahaan yang berkembang di era modern seperti sekarang ini. 

Menerapkan sistem HRIS pada startup tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu investasi yang mendukung perkembangan dari suatu perusahaan agar bisa dilakukan dengan lebih cepat. Tak hanya itu, cara startup mengurangi biaya operating dengan HRIS juga dapat memberikan banyak dampak besar terhadap pertumbuhan bisnis. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengetahui setiap permasalahan yang dimiliki agar bisa memanfaatkan HRIS sesuai dengan kebutuhan. 

Salah satu sistem HRIS yang komprehensif dengan fitur terlengkap untuk bisnis Anda tentu bisa ditemukan di Soltius. Sebagai mitra terbaik implementer solusi IT, Soltius akan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing perusahaan. 

Informasi lengkap mengenai produk klik link berikut : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/hr-payroll-software

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan