span 1 span 2 span 3

Apa itu SAP dan Manfaatnya untuk Perusahaan?

Bagi orang awam, istilah SAP Indonesia tentu masih sangat asing didengar. Namun bagi kalangan pebisnis, SAP justru menjadi salah satu yang dibutuhkan dalam mendukung proses bisnis berjalan dengan pengelolaan yang baik. Meski dilihat dari sisi biaya, SAP Indonesia ini cukup mahal, namun tidak menghentikan penerapannya dalam dunia bisnis. Pasalnya SAP Indonesia ini memiliki sebuah sistem terintegrasi yang menjadikannya proses bisnis lebih mudah dikendalikan.

Tentang SAP (System Analysis and Product in Data Processing)

Setiap orang memiliki pengertian yang berbeda tentang SAP. Namun dari banyak pengertian itu, dapat diambil sebuah benang merah, jika SAP merupakan sebuah aplikasi bisnis. Penjelasan mudahnya, SAP merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah data yang digunakan perusahaan dalam rangka mengelola sumber daya yang dimilikinya. Tentu saja tujuan pengelolaan ini dimaksudkan untuk mencapai kondisi ideal sebuah perusahaan.

 

Sebelum digunakan dan dikenal banyak perusahaan besar di Indonesia, SAP ini sendiri merupakan aplikasi yang dibuat oleh SAP AG Jerman. Sementara SAP sendiri terdiri dari beberapa komponen pendukung utama yakni, modul finance, logistic dan human resources. Dari tiga modul pendukung tersebut, masih dipecah lagi menjadi sub modul yang jumlahnya mencapai puluhan. Bayangkan jika semua itu dikerjakan dengan cara manual. Dapat dipastikan perusahaan tidak akan bisa bertahan.

Siapa Saja pengguna SAP?

Dengan dukungan komponen modul utama, dapat dilihat jika SAP ini sendiri merupakan sebuah sistem yang sangat rumit. Dengan kerumitannya, penerapan SAP dalam sebuah bisnis membutuhkan biaya yang luar biasa besar. Terdiri dari pembelian software SAP itu sendiri dan untuk biaya instalasi juga konsultasi. Belum lagi setiap penerapan SAP dalam sebuah bisnis, harus ada biaya pembayaran lisensi yang dilakukan setiap tahun. Terbayang berapa biaya menerapkan SAP?

 

Jika ditanya siapa pengguna SAP, dengan pertimbangan biaya yang sangat besar tersebut, hanya perusahaan-perusahaan besar yang mampu melakukannya. Perusahaan yang telah berkembang pesat dengan pasar persaingan global bukan lagi lokal. Di Indonesia sendiri, pemasangan SAP tercatat pertama kali dilakukan oleh PT Krakatau Steel pada tahun 90 an, dilanjutkan oleh PT. ASTRA. Keduanya merupakan perusahaan besar yang telah bersaing dalam bisnis global.

 

BACA JUGA : SOLTIUS Perusahaan SAP Indonesia.

Peran SAP Dalam Persaingan Bisnis

Susunan modul yang terintegrasi, tidak hanya menjadikan SAP Indonesia bekerja saling bersinergi. Namun integrasi antar modul ini menjadikan pengelolaan data menjadi lebih mudah. Pasalnya saat terjadi perubahan data pada satu modul, maka modul yang lain akan menyesuaikan secara otomatis. Dengan fungsi inilah, SAP Indonesia bermanfaat dalam real time processing. Di mana dengan manfaat ini memungkinkan SAP Indonesia menghasilkan laporan atau informasi yang akurat dalam waktu cepat.

 

Manfaat lain dari penerapan software SAP ini adalah transparansi data. Hal ini karena setiap orang yang terlibat dalam pengelolaan perusahaan dapat melihat secara keseluruhan data yang diolah, meski data diinput oleh orang lain. Peran utama dari SAP saat diterapkan dalam perusahaan adalah memungkinkan terjadinya peningkatan pelayanan pelanggan. Dengan kata lain semua aspek kinerja perusahaan semakin meningkat untuk mencapai target kepuasan pelanggan.

Penerapan SAP Indonesia

Bisa jadi software pengelolaan data-data perusahaan jenisnya sangat banyak. Namun SAP sendiri telah sangat dipercaya oleh banyak perusahaan dunia dalam menjawab tantangan pasar global. Di Indonesia sendiri, penerapan SAP juga telah dilakukan sejak beberapa dekade lalu. Kini semakin banyak perusahaan-perusahaan besar nasional terkemuka yang juga tidak ketinggalan menerapkan SAP untuk bertransformasi menjadi perusahaan tangguh dalam persaingan dunia.

 

Untuk implementasi SAP Indonesia juga semakin mudah dilakukan. Terbuka banyak tawaran untuk perusahaan-perusahaan lokal yang telah atau sedang berkembang dalam menyambut persaingan dalam skala besar dunia. Namun harus dipastikan pemilihan partner penerapan SAP Indonesia yang andal dan terpercaya untuk hasil akhir yang maksimal. Bila memungkinkan pilih partner penerapan SAP Indonesia dengan dedikasi terbaik yang siap memberikan solusi permasalahan bisnis setiap perusahaan.

 

Untuk itu, Soltius Indonesia hadir untuk memberikan solusi dalam membantu penerapan dan pengembangan Produk SAP. Pelajari Lebih lanjut dengan mengklik link berikut : https://www.soltius.co.id/id/solutions-by-products/erp-sap-s-4hana-and-erp-large-enterprises

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia