span 1 span 2 span 3

Apa Itu SAP Sistem Operasi? Pebisnis Wajib Tahu!

SAP Sistem Operasi – SAP ini merupakan software yang banyak dipakai oleh perusahaan besar untuk mendukung integrasi proses bisnis. SAP ini sudah banyak digunakan kurang lebih 10 tahun silam di negara-negara ASIA termasuk Indonesia. Saat ini Indonesia sedang gencar mengimplementasikan SAP tersebut karena memberikan banyak manfaat untuk perusahaan yang mengimplementasikannya.

SAP sendiri merupakan singkatan dari System Application and Product in Data Processing dimana software ini dikembangkan untuk bisa mendukung suatu organisasi agar mampu menjalankan operasionalnya secara efektif dan juga efisien. SAP ini merupakan bagian dari ERP yaitu merupakan tools IT untuk membantu perusahaan dalam melakukan manajemen, perencanaan, maupun melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Mengenal SAP Sistem Operasi

SAP ini dibedakan menjadi beberapa bagian dan salah satunya adalah SAP Sistem Operasi atau yang sering disebut dengan SAP basis. SAP ini berhubungan dengan server, database dan lain sebagainya. Secara umum SAP basis atau sistem operasi merupakan tempat penyimpanan data dan bisa di akses oleh sistem SAP. Data yang disimpan ini hanya data transaksi saja namun juga yang berhubungan dengan program, konfigurasi parameter sistem, dan lain-lain.

SAP Sistem Operasi ini menangani sizing server, instalasi, security, database manajemen, dan sistem performance. Karena berhubungan dengan server atau sistem operasi implementasi SAP harus dilakukan oleh tenaga ahli yang memiliki pengetahuan terhadap server baik itu UNIX, Windows, AS400, atau Linux. Tidak hanya itu saja administrator yang mengimplementasikannya juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang basis data tidak hanya SQL Server saja namun juga Oracle maupun DB2.

Skala atau seberapa besar perusahaan ini akan dimasukkan ke dalam scope SAP project kemudian baru ditentukan strict sistem dan juga durasinya, selain itu ditentukan juga jumlah kecepatan prosesor, memori, kapasitas disk, dan juga jenis sistem operasi yang akan dipakai. Untuk perusahan dengan skala besar sering menggunakan server menengah yang memiliki performance sangat baik dan kuat.

Baca Juga: Mengenal Sistem SAP dan Manfaatnya

Fungsi dari SAP Basis

Setiap jenis atau kategori SAP ini memang memiliki fungsinya masing-masing sehingga penting untuk menggunakan vendor SAP terbaik untuk bisa mendapatkan manfaat seperti yang diharapkan. Ada beberapa fungsi dari SAP basis atau sistem operasi yang penting untuk diketahui berikut ini:

  • Merancang lingkupan kerja dari SAP.
  • Menerapkan praktik dasar dari SAP terbaik.
  • Administrasi pengguna.
  • Pengelolaan SAP transport.
  • Setting atau pengaturan SAP.
  • Menjadwalkan pekerjaan latar belakang.
  • Ketersediaan pemulihan bencana.

Mengenal Database Server di Sistem SAP

Database server yang digunakan oleh SAP Sistem Operasi atau basis ini merupakan Relational Database Management System atau RDBMS yang mana mengatur hubungan antara data satu dengan yang lainnya dalam sistem database. 

Secara umum RDBMS ini memiliki fungsi berupa mengatur data dalam ukuran besar untuk bisa di akses oleh banyak user sekaligus meski dalam waktu yang bersamaan, melakukan maintain hubungan antar data dan table, melakukan recovery data ke dalam kondisi normal jika terjadi inkonsistensi data, dan yang terakhir adalah mampu memproses banyak data dengan kecepatan tinggi.

Sistem operasi ini sangat penting dalam bisnis bahkan sistem ini berhubungan dengan keamanan bisnis Anda. Oleh sebab itu pilihlah vendor yang menyediakan administrator dan konsultan SAP terbaik. Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS untuk mengimplementasikan SAP di perusahaan Anda. Anda juga bisa berkonsultasi kepada kami untuk mendapatkan SAP yang sesuai dengan proses bisnis Anda. Hanya SOLTIUS yang mampu memberikan solusi konsultasi dan implementasi SAP Sistem Operasi terbaik di perusahaan Anda, dengan pengalaman kami, kami percaya bisa memberikan yang terbaik untuk Anda, hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangan SAP yang Harus Anda Ketahui

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan