span 1 span 2 span 3

Definisi, Kelebihan, dan Kekurangan SAP yang Harus Anda Ketahui

Definisi, Kelebihan, dan Kekurangan SAP yang Harus Anda Ketahui

Kelebihan dan kekurangan SAP – SAP telah mulai digunakan di Indonesia kurang lebih sejak 10 tahun yang lalu. Sistem ini banyak diterapkan oeh perusahaan-perusahaan bersekala besar yang punya target visioner ke depan. Kini, sistem ini menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai di perusahaan di Tanah Air karena memang sangat efisien untuk mendukung ERP. Sistem SAP dapat menyajikan data secara real-time sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan bisnis secara cepat dan akurat. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, ada baiknya jika menyimak pembahasan mengenai definisi, kelebihan, dan juga kekurangan dari SAP berikut ini. 

Definisi SAP 

Sebelum membahas mengetahui kelebihan dan kekurangan SAP, maka terlebih dulu Anda perlu mengetahui apa sebenarnya SAP itu. SAP atau System Application and Product in Data Processing adalah software yang berbasis ERP (Enterprse Resources Planning) yang biasa digunakan untuk mendukung manajemen perusahaan, perencanaan, serta membuat operasional perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. 

SAP hadir untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan dan menunjang multi-tugas tingkat tinggi dalam perusahaan. Adanya modul yang menyusun SAP memungkinkan seluruh proses dapat berfungsi secara otomatis dan juga terintegrasi sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan kegiatan operasionalitasnya. 

Kekurangan dan Kelebihan SAP

Setelah Anda mengetahui pengertian dari sistem SAP, berikut ini akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan SAP:

Kelebihan SAP 

Berikut ini beberapa kelebihan yang terdapat dalam sistem SAP:

  • Menghadirkan Efisiensi dalam Pekerjaan 

SAP memungkinkan seluruh data terintegrasi dengan baik dengan berbagai database. Karena itulah, sistem ini mampu merampingkan proses bisnis sehingga membuat perusahaan dapat mengumpulkan data secara lebih mudah dan efisien. 

  • Meningkatkan Produktvitas 

Sistem SAP dapat meningkatkan produktivitas para karyawan karena program telah terintegrasi dengan baik. 

  • Fitur yang Lengkap 

SAP memiliki berbagai fitur analitis, seperti misalnya mengevaluasi kinerja dan juga mengambil keputusan. Adanya kelengkapan fitur memungkinkan perangkat lunak ini untuk memenuhi banyak kebutuhan bisnis.

  • Cocok untuk Seluruh Dimensi Bisnis 

Sistem SAP sangat cocok digunakan pada hampir seluruh dimensi bisnis yang ada. Sistem ini memberikan fleksibilitas untuk pertumbuhan perusahaan, termasuk pada usaha kecil menengah. 

  • Adanya Integrasi dengan E-Commerce 

Di era digital sekarang ini, e-commerce mengambil peran yang sangat penting. Hadirnya sistem yang bisa terintegrasi dengan e-commerce jelas akan sangat membantu bagi pelaku usaha e-commerce. 

  • Adanya Modul yang Mempermudah Pekerjaan 

Ada berbagai modul yang menyusun sistem SAP. Masing-masing modul tersebut punya fungsi yang berbeda-beda dalam satu sistem yang sama. Modul tersebut saling berbagi informasi sehingga hal ini dapat memudahkan kewajiban manajerial bisnis. 

  • Konsisten 

Sistem SAP selalu mengedepankan konsistensi, baik pada divisi yang sama maupun divisi yang berseberangan. 

  • Data Tidak Bisa Diduplikasi 

Data yang tersimpan di dalam sistem SAP tidak dapat diduplikasi. Hal ini tentu saja dapat menjamin kerahasiaan data penting yang dimiliki oleh perusahaan. 

  • Menerapkan Standarisasi 

Setiap proses bisnis yang tercatat dalam sistem ini akan distandarisasi. Dengan demikian, perusahaan pun akan memiliki standarisasi yang baik. 

Kekurangan SAP

Meski memiliki beberapa kekurangan, namun sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Relatif Mahal 

Penggunaan SAP membutuhkan dana yang relatif besar. Selain itu, biaya pemeliharaan dan upgrade-nya pun terbilang cukup besar. 

  • Menuntut Kualitas Sumber Daya Manusia yang Tinggi 

Sistem ini memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memasukkan data secara presisi serta dengan ketepatan waktu. Hal ini membuat perusahaan harus mengeluarkan dana yang lebih besar untuk membayar gaji SDM yang berkualitas tersebut. 

  • Cukup Rumit untuk Digunakan 

Sistem SAP cenderung memiliki kompleksitas yang membuatnya cukup rumit saat digunakan oleh para pemula.  

Demikianlah pembahasan mengenai definisi, kelebihan dan kekurangan SAP. Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana sistem ini dijalankan dalam sebuah perusahaan, Soltius Indonesia siap memberi solusi terbaik terkait sistem SAP.

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan