span 1 span 2 span 3

Pengertian dan Implementasi SAP Indonesia

Pengertian dan Implementasi SAP Indonesia

SAP Indonesia sudah mulai digunakan sejak sekitar 10 tahun lalu. Diterapkan pada perusahaan-perusahaan skala besar, SAP saat ini sukses menjadi aplikasi pendukung ERP nomor satu paling banyak digunakan di Indonesia. SAP sendiri di samping sebagai software pembantu dalam manajemen perusahaan juga menggunakan konsep penyajian data secara Real-Time supaya nantinya keputusan-keputusan bisnis perusahaan tersebut bisa sesuai dengan target yang diinginkan. Jika anda berniat menggunakan kemampuan aplikasi ini dalam waktu dekat, maka penjelasan mengenai apa itu SAP, kegunaannya, hingga produk SAP Indonesia di bawah ini mungkin akan anda butuhkan. 

Definisi SAP  

System Application and Product in Data Processing (SAP) adalah software yang berbasis ERP (Enterprise Resources Planning) yang digunakan sebagai alat untuk membantu manajemen perusahaan, perencanaan, hingga melakukan operasionalnya secara lebih efektif dan efisien. SAP mendukung Multi-tugas tingkat tinggi untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan. Kemampuan tersebut dikarenakan SAP sendiri tersusun dari banyak modul untuk menjalankan semua fungsinya secara otomatis dan terintegrasi. Berikut adalah modul-modul yang menyusun SAP. 

Sales and Distribution 

Modul ini akan meningkatkan efisiensi dalam pengurusan kegiatan operasional yang berkaitan dengan pengelolaan costumer order seperti proses sales, shipping, dan billing. 

Material Management 

Modul ini membantu proses pembelian atau Procurement serta pengelolaan inventaris. 

Production Planning 

Modul ini membantu proses perencanaan kegiatan produksi serta mengontrol aktivitasnya. 

Financial Accounting 

Lingkup kerja modul ini adalah Standard Accounting Cash Management, General Ledger, Account Payable, hingga melakukan konsolidasi untuk mempersiapkan laporan keuangan. 

Controlling 

Modul ini bekerja sebagai analisis profitabilitas, Cost Element Accounting, serta Cost Center Accounting. 

Selain meningkatkan efisiensi aktivitas perusahaan, ada tujuan lain dalam penerapan SAP bagi sebuah perusahaan. Berikut adalah penjelasannya. 

BACA JUGA : Perusahaan SAP Indonesia SOLTIUS.

Tujuan Implementasi SAP pada Perusahaan 

Ada beberapa tujuan dasar dari penerapan SAP yaitu: 

Meningkatkan Kecepatan Bisnis 

Tujuan pertama ini mencakup peningkatan respons terhadap tren pasar yang terus berubah-ubah. Selain itu, peningkatan layanan konsumen juga merupakan tujuan lainnya. 

Meningkatkan Konsistensi 

Dengan menggunakan SAP, maka anda bisa memastikan bahwa SOP berjalan dengan baik. SAP juga mampu meningkatkan fungsi monitoring pada bagian control masing-masing divisi. 

Dengan berbagai kelebihannya tersebut, saat ini sudah banyak produk SAP Indonesia yang bisa anda pilih di pasaran. Namun memilih produk SAP yang benar-benar sesuai dengan profil perusahaan anda ternyata tidak semudah itu. Anda perlu melakukan perencanaan yang matang supaya nantinya SAP benar-benar bisa meningkatkan produktivitas dan profit perusahaan anda. 

Jika demikian, maka SAP Soltius bisa menjadi pilihan anda. SAP Soltius menyediakan aplikasi dengan sistem terbaik yang mampu mengatur kinerja sales dan manajemen layanan konsumen terbaik yang bisa anda dapatkan. Layanan SAP Hybris Sales Cloud dari Soltius akan memungkinkan anda mendapatkan informasi langsung ke pelanggan. Selia itu, anda akan mendapatkan sajian data Real Time yang tentunya berguna untuk membantu tim sales anda mengambil keputusan yang tepat dengan dasar data yang relevan. 

Selain itu, ada keuntungan-keuntungan lain yang ditawarkan SAP Hybris Sales Cloud seperti proses penjualan yang lebih cepat, pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat, dapat menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat, hingga integrasi omnichannel. Demikianlah pengertian, tujuan, serta alternatif SAP Indonesia yang bisa anda jadikan rujukan. Jangan biarkan perusahaan anda kalah langkah karena belum menerapkan strategi yang tepat dengan menggunakan SAP. 

Untuk mengetahui bagaimana sistem SAP dapat mengembangkan bisnis atau perusahaan Anda menjadi lebih baik maka Soltius Indonesia hadir dengan memberikan solusi sistem SAP. Untuk lebih jelasnya bagaimana solusi sistem SAP dari SOLTIUS, Anda bisa membacanya disini : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/sistem-sap-business-one

Artikel Menarik Lainnya : Seberapa Penting Sistem SAP untuk Perusahaan.

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan