span 1 span 2 span 3

Belajar SAP Business One Dan Mengenal Fungsinya

Belajar SAP Business One – Ingin meminimalisir kesalahan dalam urusan manajemen perusahaan? Anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan program SAP Business One yang memiliki fungsi untuk mengelola berbagai data perusahaan. SAP Business One  adalah program yang sengaja diciptakan untuk membantu mengurus kegiatan pengolahan data perusahaan kecil dan menengah.

Dalam hal ini perusahaan kecil sangat direkomendasikan menggunakan SAP Business One sebagai langkah awal dalam melakukan pengolahan data yang tidak rumit. Dan bagi Anda yang ingin belajar SAP Business One hingga mengetahui lebih lanjut seputar fungsinya, langsung saja Anda simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal SAP Business One

System Application and Product atau yang disingkat dengan SAP merupakan program dengan kompleksitas cukup tinggi. Program ini mampu menjalankan berbagai fungsi yang bisa disesuaikan dengan objektif perusahaan Anda. Program SAP juga terdiri dari beberapa sub-program. Yang mana pada intinya secara keseluruhan program-program tersebut adalah alat untuk mengotomatisasi pengelolaan data dari berbagai area manajerial perusahaan. Mulai dari bagian keuangan, sumber daya manusia, produksi dan penjualan, hingga riset kepuasan konsumen dan kondisi pasar.

Siapa yang Menggunakan Program SAP Business One

Program SAP Business One ini merupakan salah satu software yang cukup mahal. Oleh karenanya program ini juga tidak diperuntukkan bagi perorangan, melainkan diciptakan khusus untuk perusahaan kecil dan menengah. Walaupun harganya tergolong mahal, tetapi dampak yang dihasilkan sangat worth it dengan uang yang dikeluarkan. Karena program ini bisa membuat kinerja perusahaan lebih efisien dan pemasukan pun semakin besar.

Namun walaupun awalnya SAP Business One diciptakan untuk perusahaan kecil hingga menengah, dalam praktiknya perusahaan besar pun masih bisa menggunakan program ini. Karena pada dasarnya SAP Business One memiliki sistem otomatisasi pengelolaan data yang sangat lengkap dan masih relevan dengan perusahaan berskala multinasional sekalipun.

Sehingga tak heran jika banyak perusahaan global yang masih menggunakan sistem SAP Business One ini. Karena memang skalabilitas yang besar dari SAP mampu menangani kebutuhan bisnis setiap perusahaan.

BACA JUGA : Otomasi Kegiatan Perusahaan dengan SAP Business One.

Belajar Mengoperasikan SAP Business One

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, SAP Business One ini memang tidak diperuntukkan bagi perorangan dan sistem pengoperasiannya juga cukup rumit. Dan saat ini pun hampir semua perusahaan yang memakai program SAP Business One selalu menggunakan jasa konsultan SAP dalam seluruh proses penggunaannya melalui Graphical User Interface (GUI).

Dan apabila Anda masih ingin mengoperasikan program ini seorang diri, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai belajar menggunakannya. Beberapa cara belajar SAP ialah sebagai berikut:

  1. Belajar secara Otodidak

Untuk belajar SAP ini bisa dilakukan dengan cara membaca beberapa literasi yang tersedia. Selain itu, Anda juga bisa mempelajarinya melalui internet. Hanya saja untuk belajar lewat internet ini memang cukup rumit karena sangat sulit menemukan modul pembelajaran yang pas dan lengkap. Bahkan beberapa diantaranya cenderung membingungkan sehingga cara belajar seperti ini memang kurang direkomendasikan. Dan akan jauh lebih baik jika Anda belajar langsung dari ahlinya.

  1. Training bersama Mentor

Cara yang kedua ini jauh lebih direkomendasikan. Anda bisa belajar langsung dari ahlinya melalui berbagai workshop dan pelatihan. Setidaknya dengan cara ini Anda bisa menerima masukan dan koreksi apabila ada kesalahan dalam cara pengoperasian.

Nah, demikianlah ulasan singkat yang bisa kami bagikan seputar cara belajar SAP Business One dan beberapa fungsinya untuk perusahaan Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan Anda bisa segera mempelajari SAP Business One.

Artikel Menarik Lainnya :

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan