span 1 span 2 span 3

ERP Software Penerapan Untuk Bisnis Retail Lebih Berkembang!

Seperti apa penerapan ERP software untuk bisnis retail? Silahkan simak disini ya! Selain logistik, bisnis ritel merupakan bisnis yang kompleks. Saat menjalankan bisnis ini Anda harus bisa mengelola penjualan, memeriksa stok, mengecek keuangan, menangani transaksi hingga menggaji karyawan. Tentu saja Anda juga harus memastikan pelanggan puas dengan pelayanan toko retail Anda.  

Semua kegiatan retail tidak bisa dijalankan secara manual sehingga harus berpikiran maju dengan menggunakan ERP agar bisnis bisa berkembang dengan cepat. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengapa penerapan ERP software untuk bisnis retail sangat penting dan beberapa informasi tentang ERP lainnya yang menarik untuk Anda simak:

 

Mengapa Bisnis Retail Membutuhkan ERP?

Penerapan ERP software untuk bisnis retail sangat penting. Hingga kini masih banyak bisnis retail yang masih menggunakan tools sederhana misalnya saja Excel, Google Sheets atau menggunakan aplikasi smartphone. Saat digunakan di awal bisnis, memang terasa baik-baik saja. Tetapi di era digital, semua tools tersebut tidak bisa memberikan fasilitas lebih terlebih saat bisnis retail sudah tumbuh dengan cepat.

Saat bisnis retail tumbuh menjadi perusahaan dengan skala menengah dan besar, sebaiknya mulai beralih ke ERP untuk mengatasi kekurangan operasional. Sebagai contohnya saat pelanggan membeli pakaian dari toko retail online, sistem ERP mampu menyimpan informasi pelanggan kemudian memasukkan ke modul CRM yang sudah terintegrasi. Anda sebagai penjual bisa mendapatkan informasi nama pembeli, informasi kontak dan detail pengiriman. Anda bisa memiliki strategi untuk memberikan informasi kapan produk dikirim, pemberian label dan pengiriman pesanan.

Kapan Penerapan ERP Software Dibutuhkan di Bisnis Retail?

Lalu kapan penerapan ERP software untuk bisnis retail dibutuhkan? Pada dasarnya ada beberapa tanda bisnis Anda harus menggunakan ERP ini. Tanda yang pertama sistem belum terintegrasi. Apakah Anda masih menggunakan banyak software yang berbeda? Jika iya itu tandanya bisnis Anda harus mulai menggunakan software ERP. Hal itu karena ERP menggunakan sumber data yang sama dan membuat bisnis Anda menjadi terpusat. Resiko yang sering terjadi jika sistem di bisnis belum terintegrasi adalah human error atau kesalahan masih sering dilakukan misalnya kesalahan input data dan sebagainya. Selain itu, informasi yang update tidak bisa didapatkan.

Baca juga : Keuntungan Menggunakan HR Software Online Untuk Karyawan

Sulit mengambil data juga menjadi tanda bisnis retail Anda membutuhkan ERP software. Jika masih menggunakan cara manual, bisnis membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan data tertentu. Dengan menggunakan ERP Anda bisa mendapatkan data dengan cepat tanpa harus menunda dan mencari di tumpukan dokumen.

Tanda yang terakhir adalah proses bisnis yang rumit. Sama seperti logistik, bisnis retail juga memiliki proses yang rumit.  Dengan manajemen yang terintegrasi, Anda bisa menyederhanakan proses bisnis menjadi lebih mudah. Selain itu, Anda bisa mudah meningkatkan keuntungan dengan cara meningkatkan produktivitas dan akurasi dalam bisnis retail Anda. Anda tidak perlu menggunakan spreadsheet yang jumlahnya banyak untuk menyajikan data keuangan selama berjam-jam. Dengan ERP data keuangan bisa tersaji dalam hitungan detik saja.

Apakah Anda berencana untuk menggunakan ERP di bisnis retail Anda? Jika iya pastikan Anda menggunakan penyedia jasa software terbaik dan berpengalaman. Anda bisa mempercayakan implementasi ERP pada SOLTIUS. Perusahaan penyedia solusi IT yang satu ini menyediakan berbagai solusi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Sudah banyak perusahaan yang terbantu dengan solusi yang diberikan SOLTIUS.  Tidak hanya perusahaan skala besar saja yang bisa menggunakan solusi dari SOLITUS, tapi perusahaan startup maupun UMKM juga bisa menggunakan solusi yang SOLTIUS berikan. Tertarik? Silahkan klik link ini untuk mendapatkan  informasi penerapan ERP software untuk bisnis retail lebih detail!

 

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
May 10, 2024
Peran Aplikasi atau Software HRIS Online dalam Pengoptimalan Produktivitas Karya...