span 1 span 2 span 3

Fungsi dan Manfaat Mobile Supply Chain¬ bagi Perusahaan

Mobile Supply Chain mendukung fleksibilitas yang tinggi. Software ini juga dipercaya bisa digunakan untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Di tengah persaingan bisnis global yang semakin ketat seperti saat ini, rantai pasokan berbasis mobile ini menjadi solusi untuk membuat perusahan memiliki nilai kompetitif. Rantai pasokan sendiri harus dituntut lebih efektif dan efisien dimana standar untuk menentukan sebuah rantai pasokan ini terus berubah dan perusahaan di tuntut untuk bisa mengikuti perubahan tersebut.

Untuk bisa meningkatkan kinerja dan proses rantai pasokan, perusahaan banyak melakukan konversi ke rantai pasokan berbasis seluler yang artinya adalah perusahaan menanamkan rantai pasokan dengan menggunakan teknologi seluler. Dengan mengaplikasikan software ini akan meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan juga hasil output dengan benar. 

Fungsi Rantai Pasokan Berbasis Seluler

Mobile Supply Chain ini merupakan sistem canggih yang di integrasikan dengan ponsel cerdas atau menggunakan perangkat portable yang mana digunakan untuk menyelesaikan tugas dalam rantai pasokan. Software satu in akan memberikan fungsionalitas penuh dan juga memberikan akses ke sistem bisnis perusahaan tanpa batasan apapun. Perangkat seluler satu ini akan memiliki kekuatan pemrosesan yang sangat cepat dan luar biasa. Bahkan software ini juga mampu memberikan perusahaan jalan alternatif untuk menjalankan proses rantai pasokan di perusahaan mereka.

Manajer rantai pasokan tidak harus selalu berada di kantor untuk memantau proses rantai pasokan, namun perusahaan akan bisa menempatkan karyawan dimana saja dan memberikan kepada mereka akses penuh ke dalam rantai pasokan. Mobile Supply Chain ini juga cocok bagi perusahaan yang terus melakukan mobilisasi atau beroperasi sepanjang waktu. Manajer rantai pasokan memiliki kontrol penuh sepanjang waktu meski posisinya sedang tidak bekerja.

Baca Juga: Peran Mobile Supply Chain dan Tips Memilihnya

Manfaat Mobile Supply Chain

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan yang menerapkan rantai pasokan berbasis mobile seperti berikut ini:

1.    Akurasi yang tinggi

Software satu ini akan memberikan perusahaan dan karyawan pandangan langsung ke proses dan prosedur di manapun dan kapan pun. Tampilan real time ke dalam data, statistik, dan tingkat produksi memungkinkan perusahaan bisa mengubah arah pada saat itu juga. Dengan tampilan yang real time tersebut akan memudahkan perusahaan untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang perlu diperbaiki dan mendapatkan perhatian khusus. Perusahaan akan bisa memprioritaskan fokus mereka untuk bisa mengatasi segala bidang yang perlu diperbaiki sehingga rantai pasokan akan berjalan lebih efektif dan juga lebih efisien.

2.    Pertukaran informasi yang cepat dan real time

Manfaat mengaplikasikan rantai pasokan berbasis mobile adalah pertukaran informasi yang bisa dilakukan secara real time. Setiap bidang atau divisi di rantai pasokan akan bisa memberikan informasi dengan cepat dan akurat. Tidak hanya itu saja, manajer rantai pasokan juga bisa melihat apa yang sedang karyawan lakukan di gudang maupun di lokasi yang lainnya. Ada perangkat yang bisa dipakai dan digenggam karyawan untuk mengirimkan berbagai informasi secara instan dengan orang lain atau rekan yang lebih tingi dalam tangga rantai pasokan.  

3.    Produktivitas meningkat

Saat orang di bawah tangga sampai atas rantai pasokan menggunakan software rantai pasokan berbasis mobile tugas dan juga proses rantai pasokan terselesaikan lebih cepat. Selain itu akan membebaskan lebih banyak waktu di seluruh rantai pasokan. Saat perusahaan memiliki hasil yang lebih baik dan juga dalam waktu yang singkat akan meningkatkan produktivitas selain itu mampu mengalokasikan sumber daya mereka ke area masalah rantai pasokan tanpa harus khawatir kemacetan di tempat yang lain. 

4.    Pelacakan inventaris

Manfaat terakhir adalah pelacakan inventaris. Tanpa inventaris yang akurat Anda tidak akan pernah tahu kapan perlu mengosongkan rak atau memperkirakan kapan rak akan kosong dalam beberapa waktu ke depan. Dengan rantai pasokan berbasis seluler ini akan memberikan lebih banyak visibilitas inventaris perusahaan.

Demikianlah fungsi Mobile Supply Chain dan juga manfaatnya yang sangat menarik sekali untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Other News

Jul 28, 2020
5 Tips Memilih HR Software Indonesia dan Fiturnya yang Favorit
Jul 28, 2020
Tips Memilih Payroll Software Indonesia di Era New Normal