span 1 span 2 span 3

Peran Mobile Supply Chain dan Tips Memilihnya

Peran Mobile Supply Chain dan Tips Memilihnya

Mobile supply chain sangat penting dalam bisnis manufakturing. Dalam bisnis manufaktur kegiatan utamanya adalah mengolah bahan-bahan yang mentah, disertai dengan bahan pendukungnya, kemudian di ubah menjadi barang jadi. Tidak hanya itu saja jika barang sudah jadi perusahaan harus mendistribusikan ke pelanggan. Dengan adanya beberapa proses bisnis tersebut artinya perusahan ikut andil dalam kegiatan supply chain atau rantai pasokan. Kegiatan supply chain ini sendiri harus dijalankan dengan cara yang efektif dan juga efisien sehingga diperlukan manajemen dan pengelolaan yang baik dan benar.

Untuk mobile supply chain sendiri adalah software berbasis digital yang mana bisa digunakan untuk meningkatkan daya saing.  Rantai pasokan dengan basis mobile juga akan meningkatkan nilai kompetitif dari perusahaan Anda dengan cara efisiensi dalam rantai pasokan dengan menggunakan teknologi informasi berbasis smartphone maupun perangkat lainnya yang lebih mudah untuk di akses. Dengan rantai pasokan berbasis mobile Anda bisa mengetahui proses rantai pasokan secara real-time, fleksibel, kapan saja, dan juga dimana saja.

Peran dalam Berbagai Lini Bisnis

Dalam proses rantai pasokan dimulai dengan memanage peluang, melakukan aktivitas penjualan, sampai dengan mobile oleh pihak penjualan yang dilengkapi dengan peta digital. Sales tersebut juga akan mudah dilacak posisinya saat berada di lapangan. Rantai pasokan tidak hanya berhenti di situ saja namun juga ada inventory dan warehouse yang tidak kalah pentingnya. Dengan menggunakan aplikasi berbasis mobile ini, inventory dan pergudangan akan bisa dilakukan secara fleksibel. Rantai pasokan di inventory dan juga warehouse ini dimulai dari pengecekan keamanan, goods unloading, sampai dengan perpindahan barang dari setiap area gudang.

Peran aplikasi supply chain berbasis mobile juga dirasakan dalam lini produksi. Aplikasi mobile ini akan membantu mencatat data hasil produksi, mencatat critical issue yang ada sepanjang proses produksi, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencatat secara akurat bahan baku yang dibutuhkan, melakukan pencatatan hasil inspeksi kualitas, dan lain sebagainya.  Dalam engineering dan juga maintenance aplikasi mobile ini akan memudahkan untuk mencatat semua aktivitas perawatan mesin produksi yang ada di lapangan langsung dengan menggunakan smartphone. 

Baca Juga: Mobile Supply Chain Meningkatkan Fleksibilitas Bisnis Anda

Bisa dikatakan bahwa dengan menggunakan mobile supply chain ini kepuasan pelanggan akan menjadi terjamin karena proses rantai pasokan terjadi lebih cepat dan tepat. Bahkan pelacakan bisa dilakukan secara fleksibel sampai konsumen menerima barang dengan aman dan selamat.

Tips Memilih

Untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik, penting bagi Anda untuk memilih aplikasi supply chain yang tepat untuk perusahaan Anda. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa mendapatkan software yang tepat. Yang pertama adalah pastikan jika Anda menggunakan jasa vendor yang kredibel dan berpengalaman. Software yang berkualitas hanya ditawarkan oleh vendor yang berkualitas pula. Anda bisa mencari referensi atau rekomendasi kemudian lakukan perbandingan.

Tips memilih mobile supply chain selanjutnya adalah pilih yang user friendly. Karena digunakan untuk memantau proses rantai pasokan yang begitu kompleks akan sangat disayangkan jika Anda memilih software yang sulit digunakan. Selain itu pilih aplikasi atau software yang sesuai dengan konsep perusahaan bisnis Anda. Hal itu dikarenakan aplikasi supply chain berbasis mobile ini tidak hanya digunakan untuk manufaktur saja namun ada juga untuk bisnis lainnya seperti transportasi, dan lain sebagainya.

Sudah saatnya bagi perusahaan Anda untuk beralih menggunakan teknologi karena cara manual akan membuat proses rantai pasokan berjalan lambat. Terlebih lagi saat ini adalah era digitalisasi yang di dukung dengan kecanggihan teknologi. Perusahan yang tidak bisa melakukan adaptasi dengan teknologi tersebut akan tertinggal. Dengan menggunakan mobile supply chain rantai pasokan berjalan lebih cepat  dan tepat sehingga produktivitas menjadi meningkat.
 

Artikel Menarik Lainnya: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain Dalam Bisnis

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan