span 1 span 2 span 3

Mobile Supply Chain Meningkatkan Fleksibilitas Bisnis Anda

Mobile Supply Chain Meningkatkan Fleksibilitas Bisnis Anda

Mobile supply chain sangat dibutuhkan oleh bisnis. Saat jaringan internet dan perkembangan teknologi semakin cepat ini membuat operasional dan manajemen bisnis harus bisa dilakukan secara fleksibel, bisa di akses kapan saja dan dimana saja. Cara tradisional dan manual tidak akan mampu menjalankan dan mengembangkan bisnis secara efektif, terutama jika digunakan untuk mengatasi tuntutan bisnis yang semakin kompleks. Tren belanja dan konsumsi yang berubah dari offline menjadi online membuat rantai pasokan harus bekerja keras untuk bisa memenuhi kebutuhan pelanggan secara cepat dan tepat.

Salah satu solusi untuk membuat performa rantai pasokan berjalan dengan maksimal adalah menggunakan mobile supply chain. Rantai pasokan berbasis mobile ini akan mampu memberikan visibilitas yang nyata dari ujung ke ujung dan mampu mengeksekusi yang dibutuhkan oleh semua rantai pasokan yang memiliki persaingan ketat di ekonomi digital ini.

Tuntutan Industri atau Bisnis Telah Berubah

Jangan terus berada di zona nyaman, hal itu karena tuntutan bisnis dan industri telah berubah. Untuk menjawab tuntutan industri dan bisnis tersebut Anda bisa menggunakan teknologi atau software canggih  yang mampu menyederhanakan proses bisnis lebih mudah terutama dalam hal rantai pasokan.  Industri berubah dan menuntut informasi yang real time untuk bisa mengoptimalkan bahan, biaya, dan juga tenaga kerja, memungkinkan penghematan waktu dan biaya yang lebih signifikan. 

Baca Juga: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Persediaan musiman yang mudah rusak perlu dilakukan pelacakan, pemantauan, bahkan dikelola untuk bisa mengetahui semua fase siklus produksi yang bisa digunakan untuk memastikan kecepatan dan juga kualitas. Tuntutan yang terakhir adalah waktu aktif aset maupun peralatan ini sangat penting terutama di tempat kerja.

Manfaat

Akan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengimplementasikan mobile supply chain ini ke bisnis Anda.  Manfaat yang pertama adalah untuk meningkatkan visibilitas proses dari ujung ke ujung. Anda akan mudah mengamati proses rantai pasokan yang sedang berjalan tersebut. Dengan visibilitas yang meningkat ini And akan tahu apakah rantai pasokan mampu berjalan dengan lancar atau tidak. Manfaat lainnya adalah eksekusi proses rantai pasokan yang lebih dinamis sehingga membuat rantai pasokan mampu berjalan dengan cepat.  Dengan menggunakan mobile supply chain ini Anda akan bisa melakukan pengontrolan kapan saja dan dimana saja, Anda akan mendapatkan kontrol penuh atas rantai pasokan yang ada dalam bisnis Anda.

Baca Juga: Penggunaan Mobile Supply Chain di Era Digital dan Keuntungannya

Anda akan bisa mendapatkan pertukaran informasi secara real time. Karena proses rantai pasokan ini akan terus berjalan maka informasi secara real time sangat diperlukan. Bayangkan jika Anda tidak bisa mendapatkan informasi secara real time, Anda tidak akan tahu bagaimana proses rantai pasokan itu berjalan. Misalnya adalah karyawan gudang, tanpa rantai pasokan berbasis mobile ini Anda tidak akan tahu apa yang mereka kerjakan dan bagaimana tugas mereka. Hanya dengan menggunakan software ini dalam genggaman Anda akan bisa memantau semua proses yang sedang berjalan

Manfaat terakhir adalah peningkat produktivitas. Saat semua karyawan menggunakan software rantai pasokan berbasis mobile ini akan menghemat banyak waktu di seluruh rantai pasokan, Perusahaan juga akan memberikan hasil yang lebih baik di waktu yang lebih singkat sehingga alokasi sumber daya ke masalah rantai pasokan bisa lebih maksimal. Software ini juga akan mampu membantu perusahaan keluar dari zona yang kaku dan tugas bisa dimodifikasi dengan cepat.

Mobile supply chain ini sangat penting untuk di implementasikan ke dalam bisnis Anda, oleh sebab itu jika belum mengaplikasikan software satu ini segeralah mengimplementasikannya agar rantai pasokan Anda berjalan lebih fleksibel dan memenuhi tuntutan bisnis yang telah berubah.

Baca Juga: 6 Manfaat Mobile Supply Chain yang Jarang Diketahui

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan