span 1 span 2 span 3

Penggunaan Mobile Supply Chain di Era Digital dan Keuntungannya

Penggunaan Mobile Supply Chain di Era Digital dan Keuntungannya

Mobile supply chain terbukti mampu meningkatkan daya saing perusahaan. Saat ini persaingan antar perusahaan begitu ketat. Untuk mampu meningkatkan kompetitif perusahaan adalah dengan melakukan efisiensi dalam hal rantai pasokan dan menerapkan teknologi informasi yang tepat. Manajemen rantai pasokan yang dibantu menggunakan teknologi informasi ini akan memberikan manfaat dalam jangka panjang sehingga pihak-pihak terkait dalam rantai pasokan bisa saling bekerja sama dan mampu melakukan sharing informasi. 

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat seperti saat ini ditunjang dengan adanya dukungan infrastruktur internet yang semakin baik membuat perangkat portable seperti smartphone semakin banyak digunakan. Oleh sebab itu pebisnis harus menyadari hal ini dengan  meminimalkan cara manual dan menggantinya dengan proses digital. 

Penggunaan Mobile Supply Chain

Era digital seperti saat ini akan berdampak pada proses rantai pasokan barang mulai dari melakukan manage peluang, aktivitas penjualan, sampai dengan penjualan dengan menggunakan mobile yang digunakan oleh pihak penjual yang mana dilengkapi dengan peta digital untuk bisa melacak aktivitas para sales yang ada di lapangan. Selain itu untuk inventori di  area gudang ini tidak kalah pentingnya dimana penerimaan  barang akan bisa dilakukan secara mobile dimulai dari pengecekan keamanan, goods unloading sampai dengan proses perpindahan barang ke setiap area gudang. Nantinya dia area produksi, aplikasi mobile ini bisa membantu operasional produksi sehari-hari seperti mencatat data hasil produksi dan juga pencatatan critical issue yang ada di sepanjang proses produksi. 

Baca Juga: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain Dalam Bisnis

Mobile supply chain ini akan mencatat seberapa banyak konsumsi bahan baku yang digunakan untuk proses produksi tersebut dan menjamin jika hasil produksi yang dilakukan oleh perusahaan hasilnya bagus. Pihak engineering dan juga maintenance akan mendapatkan manfaat dari supply chain berbasis mobile ini untuk mencatat semua aktivitas perawatan mesin produksi di lapangan secara langsung dengan menggunakan smartphone. Semua ini dilakukan untuk menciptakan kepuasan kepada pelanggan, sehingga dengan mobile supply chain ini semua proses yang terlibat dalam rantai pasokan akan terpantau dengan baik. Hal ini akan membuat proses delivery barang ke konsumen secara tepat waktu dan barang bisa sampai ke tangan konsumen dengan kondisi yang baik. Proses pengiriman oleh tim ekspedisi tersebut pun akan bisa dilacak secara mobile sehingga barang bisa dilacak secara akurat dan fleksibel.

Keuntungan 

Akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menerapkan mobile supply chain ini. Tanpa menggunakan aplikasi ini proses dalam rantai pasokan tidak akan bisa terpantau dengan baik, akibatnya adalah permintaan konsumen tidak akan bisa di proses secara tepat waktu, tidak hanya itu saja proses dalam rantai pasokan bisa berjalan terhambat karena mereka tidak tahu apa yang mereka butuhkan. Tentu hal ini akan menghambat proses pada setiap pasokan. 

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah efisiensi dalam hal biaya dan waktu karena lebih paperless dan akurasinya lebih terjamin sehingga pekerjaan bisa berjalan lebih optimal. Informasi apa yang masing-masing butuhkan pun bisa terlihat dengan jelas sehingga tidak menghambat proses rantai pasokan. Selain itu adanya critical task di dalam operasional bisa diketahui lebih dini dan dapat ditangani dengan cepat oleh perusahaan. Perusahaan yang menggunakan supply chain berbasis mobile ini lebih fleksibel dalam menangani rantai pasokan sehingga prosesnya bisa dipantau kapan saja dan dimana saja.

Mobile supply chain menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitasnya dimana dengan bantuan platform ini semua pihak yang terlibat dalam rantai pasok bisa menjalankan perannya dengan baik dan secara maksimal. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...