span 1 span 2 span 3

Mengenal Mobile Supply Chain yang Bermanfaat Dalam Bisnis

Mengenal Mobile Supply Chain yang Bermanfaat Dalam Bisnis

Mobile Supply Chain mampu meningkatkan daya saing perusahaan. Supply chain berbasis mobile ini juga menjadi teknologi terbaru di abad milenial yang banyak dicari terutama bagi perusahaan dan pelaku bisnis yang ingin mengikuti percepatan kemajuan zaman. Seperti yang banyak diketahui bahwa kecepatan pelayanan, manajemen, dan juga operasional yang efektif  menjadi ujung tombak bisnis. Dengan hadirnya teknologi satu ini diharapkan akan memudahkan semua sistem dan juga aktivitas di perusahaan Anda.

Mobile Supply Chain Lebih Fleksibel

Dengan Anda menerapkan mobile supply chain di perusahaan, pengecekan rantai pasokan akan lebih fleksibel. Hanya dengan melalui smartphone maupun perangkat lainnya Anda akan bisa mengetahui bagaimana jalannya rantai pasokan di perusahaan Anda. Anda bisa mengatur sumber daya yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah. Teknologi satu ini juga bisa membuat hubungan dengan pelanggan jauh lebih baik karena rantai pasokan tersebut di dukung oleh teknologi informasi yang cepat dan canggih. Selain itu perusahaan akan mampu mengembangkan dan juga meningkatkan hubungan dengan para pelanggan yang lebih baik lagi.

Kelebihan

Mobile supply chain memiliki banyak kelebihan jika di aplikasikan ke dalam perusahaan Anda. Kelebihan yang pertama adalah mengoptimalkan visibilitas produk. Manajemen supply chain ini akan memberikan wawasan yang lengkap tentang sektor yang masih terpecah, memeriksa lanskap kompetitif, pembaca tren pasar, dan juga umpan balik dari suatu produk.  Tidak hanya itu saja dengan menggunakan rantai pasokan berbasis mobile ini Anda akan bisa melakukan otomatisasi pengadaan barang, pemesanan, pembuatan faktur, dan pembayaran yang mana menjadi langkah awal perusahaan dalam meningkatkan efisiensi proses.

Baca Juga: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Mobile supply chain ini akan bisa melakukan revolusi proses dengan mengelola rantai pasokan dimana hal ini akan membuat perusahaan mampu mengubah proses bisnis ke arah yang lebih kolaboratif, cepat, dan juga transparan. Pengelolaan rantai pasok ini bukanlah hal yang sederhana karena akan melibatkan banyak pihak di dalam maupun pihak luar perusahaan. Oleh sebab itulah dibutuhkan sebuah software yang bisa menghubungkan berbagai pihak di semua rantai pasokan. 

Kelebihan selanjutnya adalah dengan menggunakan media digital memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan data yang disimpan dalam suatu informasi yang bermanfaat dan membantu dalam pengambilan keputusan. Misalnya saja adalah perusahaan akan mampu melihat kinerja para mitra seperti pemasok maupun distributor, setelah itu bisa diputuskan untuk tetap menjalin kerja sama dengan pihak tersebut atau tidak. Contoh yang lain adalah perusahaan akan bisa menggabung data pembelian secara real time untuk bisa memprediksi jumlah persediaan yang haru dibeli sehingga produk akan selalu tersedia.

Baca Juga: 4 Manfaat Penerapan Mobile Supply Chain bagi Sebuah Perusahaan

Manfaat Mobile Supply Chain

Anda yang menggunakan supply chain berbasis mobile akan ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan yaitu jaringan rantai pasokan akan menjadi lebih terhubung, terukur, dan juga lebih cepat. Perusahaan yang mengubah strategi tradisional ke rantai pasok secara mobile terbukti mampu meningkatkan hubungan dengan berbagai pihak termasuk pelanggan, selain itu memiliki kinerja keuangan yang lebih baik. Manfaat lainnya adalah meningkatkan pengambilan keputusan pada setiap pihak yang ada di dalam jaringan rantai pasok melalui data yang telah disimpan sebelumnya. Manfaat terakhir adalah kemampuan perusahaan Anda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan akses data permintaan bisa lebih real time, pengantaran bisa lebih tepat waktu dengan biaya yang lebih minimal.

Demikianlah beberapa informasi tentang mobile supply chain yang sangat menarik sekali untuk disimak, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

Pentingnya Penerapan Mobil Supply Chain dalam Bisnis
 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan