span 1 span 2 span 3

6 Manfaat Mobile Supply Chain yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Mobile Supply Chain yang Jarang Diketahui

Menggunakan mobile supply chain menjadi solusi terbaik agar perusahaan semakin kompetitif. Dengan basis mobile ini perusahaan akan mengetahui visibilitas dari titik awal sampai dengan titik akhir. Rantai pasokan dengan basis mobile menjadi solusi terintegrasi yang tepat dimana akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan bisnis secara spesifik. Rantai pasokan yang semakin kompleks dan terus melakukan fluktuasi membuat perusahaan Anda membutuhkan rantai pasokan berbasis mobile yang di klaim beroperasi lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya. 

Perusahaan bisa menjalankan beberapa fungsi sekaligus seperti manajemen gudang, pesanan, aset, tenaga kerja, keterlibatan pelanggan, dan juga manajemen pesanan. Yang lebih mengagumkan lagi adalah rantai pasokan berbasis mobile ini akan bisa mengumpulkan data secara otomatis dengan seluler atau berbasis cloud. Akan ada beberapa manfaat yang bisa perusahaan dapatkan dengan mengimplementasikan mobile supply chain seperti berikut ini:
 

Manajemen Gudang yang Efisien

Seperti yang sudah dibahas atau dijelaskan sebelumnya bahwa warehouse management system atau WMS tersebut merupakan bagian dari rantai pasokan. Oleh sebab itu jika WMS lancar maka supply chain akan lancar begitu pula sebaliknya. Dengan menggunakan supply chain berbasis mobile ini Anda mudah untuk melakukan manajemen gudang. Gudang ini menjadi tempat dimana perusahaan menyimpan semua inventaris mereka sebelum mengirimkannya ke pelanggan. Dengan mobile supply chain ini akan memungkinkan bagi perusahaan untuk bisa menyimpan data inventaris di dalam database. Data ini akan dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis produknya.

Baca Juga: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Mengirimkan Pesanan Lebih Mudah

Rantai pasokan berbasis mobile ini bisa membantu perusahaan Anda dalam melakukan kecepatan pemrosesan pesanan serta bisa meningkatkan pendapatan dengan cara mengurangi jarak tempuh yang digerakkan oleh petugas pengiriman. Nantinya software ini akan terintegrasi dengan perangkat manajemen rute sehingga membantu pengemudi untuk bisa menghitung rute optimal. 

Informasi yang Real Time

Supply chain berbasis mobile ini akan bisa membantu pengemudi agar bisa mendapatkan informasi yang lebih real time. Selain itu software satu ini akan bisa memberikan informasi jika dan keterlambatan, peningkatan operasi pengiriman, penyimpanan catatan, manajemen inventaris, inspeksi, pelacakan barang, dan lain sebagainya. Dengan memperbaiki semua proses tersebut akan menghasilkan operasional yang lebih baik dan optimal di dalam rantai pasokan Anda.

Pengiriman yang Fleksibel

Dalam rantai pasokan, pengiriman yang fleksibel ini memainkan peran yang penting untuk bisa meningkatkan pengalaman pelanggan. Setelah melakukan pemesanan, pelanggan akan bisa meminta pengirim untuk meninggalkan produk tersebut kepada tetangga dekat. Software berbasis mobile mampu membantu Anda dan perusahaan mengelola berbagai macam tindakan dengan mulus. Selain itu perusahaan akan bisa meningkatkan kontrol rantai pasokan sehingga menghasilkan peluang yang lebih baik untuk meningkatkan kerja sama antara pengirim dan pelanggan.

Baca Juga: Pentingnya Penerapan Mobil Supply Chain dalam Bisnis

Pelacakan yang Akurat

Dengan perkembangan teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini memungkinkan Anda dan perusahaan melakukan pelacakan pengemudi beserta dengan kendaraannya. Solusi rantai pasokan dengan basis mobile ini akan membantu manajer dalam bidang pengiriman mengoptimalkan proses transportasi sehingga memungkinkan bagi mereka mendapatkan pembaruan waktu yang nyata pada setiap kendaraan yang melakukan transit. Software yang mendukung GPS ini juga akan membantu pengemudi agar bisa mengetahui lokasi satu sama lainnya yang memungkinkan kolaborasi dengan cara yang lebih baik.

Monitoring Kinerja

Manfaat yang terakhir menggunakan mobile supply chain adalah monitoring kinerja. Software ini akan membantu para manajer untuk mengawasi kinerja berbagai macam operasi dan proses. Hal ini bermanfaat untuk memantau berbagai macam fungsi seperti perencanaan beban, optimalisasi transport, dan lain sebagainya.

Supply chain berbasis mobile ini sangat bermanfaat untuk mengelola sumber daya manusia lebih efektif sehingga mereka akan bekerja lebih optimal. Oleh sebab itu bagi perusahaan yang belum mengaplikasikan mobile supply chain segeralah untuk melakukannya karena membawa banyak manfaat bagi rantai pasokan perusahaan Anda.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...