span 1 span 2 span 3

Fungsi Payroll Software Indonesia untuk Perusahaan yang Lebih Baik

Payroll software Indonesia digunakan oleh payroll officer.  Seiring berkembangnya bisnis seperti saat ini membuat perusahaan bisnis harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik agar tidak tertinggal dengan perusahaan lainnya. Hal itu dikarenakan persaingan bisnis yang ketat membuat perusahaan tidak bisa berfokus pada satu titik seperti penggajian saja namun harus fokus pada hal lainnya agar semua bagian bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Jika bagian HRD hanya terfokus pada payroll atau penggajian saja maka bagian HRD akan kehilangan kesempatan untuk memaksimalkan karyawan kompeten untuk bekerja lebih baik lagi. Selain itu berkat payroll software HRD akan bisa memanajemen karyawan lebih baik lagi. Dengan SDM yang berkualitas tersebut tujuan perusahaan akan bisa tercapai. Untuk membantu perusahaan lebih baik, payroll software Indonesia akan menjalankan beberapa fungsi seperti berikut ini:

Menghitung Jumlah Gaji Karyawan

Fungsi pertama yang bisa dilakukan oleh payroll software adalah menghitung potongan dan juga jumlah gaji karyawan. Setelah menghitung jumlah gaji kotor, sistem akan secara otomatis menghitung potongan seperti pajak, asuransi, dan juga BPJS ketenagakerjaan. Semua potongan akan dimasukkan ke dalam gaji kotor baru secara otomatis dikirim ke rekening karyawan. Untuk pengiriman gaji ini pun tidak dilakukan secara manual karena sistem akan menarik sendiri dari dana atau deposito rekening perusahaan. Software payroll terbaru bisa digunakan untuk mengganti biaya reimbursement pengobatan yang tidak menggunakan BPJS dan juga pengeluaran karyawan lainnya secara otomatis.

Baca juga: Solusi Payroll Software Indonesia untuk Sistem Penggajian Perusahaan Anda

Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Tidak semua perusahaan memiliki kebutuhan yang sama sehingga harus menyesuaikan dengan sistem payroll yang dipilih. Perusahaan juga bisa menyampaikan kebutuhan mereka di vendor masing-masing. Misalnya saja adalah perusahaan kecil hanya akan membutuhkan sedikit fitur dibandingkan dengan perusahaan besar yang membutuhkan fitur besar dan kompleks. Perusahaan besar yang ingin investasi di payroll software tersebut akan bisa di integrasikan dengan perencanaan dan juga pengelolaan sumber daya yang lain seperti fungsi pengelolaan absensi, penjadwalan, perizinan, dan juga hal lainnya.

Self Service

Fungsi payroll software Indonesia adalah membuat karyawan bisa mengakses data informasi mengenai jumlah gaji, potongan, waktu kerja, bonus, dan lain sebagainya lebih cepat. Jika dulunya pengajuan cuti ini harus melalui proses yang rumit dengan software payroll ini karyawan akan bisa mengajukan segala sesuatunya dengan otomatis tanpa harus membuat surat permohonan dan penyataan kepada HRD. Hal ini juga akan membuat perusahaan menghemat biaya operasional untuk tinta dan kertas. 

Bisa Di Akses dengan Perangkat Apapun dan Dimana pun

Fungsi payroll software yang jarang diketahui adalah software atau aplikasi ini akan bisa di akses kapan pun, dimana pun, dan dengan perangkat apa pun. Hal tersebut hanya bisa dilakukan jika aplikasi yang dipilih perusahaan adalah berbasis cloud dimana sistem dan data lainnya disimpan di cloud.

Baca JugaTips Memilih Payroll Software Indonesia

Membuat Laporan Sesuai Kebutuhan

Hal terakhir yang bisa dilakukan oleh payroll software ini adalah pembuatan laporan sesuai dengan kebutuhan. Transaksi dengan frekuensi yang tinggi membuat kebutuhan akan laporan yang mudah dibaca dan dianalisis semakin meningkat. Bersama accounting, pihak payroll officer ini bisa membuat laporan secara detail disesuaikan kebutuhan perusahaan.

Demikianlah fungsi payroll software Indonesia yang wajib untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Artikel Menarik Lainnya:


 

 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia