span 1 span 2 span 3

5 Manfaat Pokok Payroll Software Indonesia

5 Manfaat Pokok Payroll Software Indonesia

Proses pembayaran gaji karyawan setiap bulan saat ini bukan hal yang sulit lagi dengan hadirnya payroll software Indonesia. Software ini adalah salah satu bagian dari rangkai aplikasi HRIS atau Human Resource Information System yang memang di khususkan untuk menangani urusan-urusan yang berhubungan dengan sumber daya karyawan. Dengan menggunakan payroll software, anda menjadi lebih mudah dalam menghitung setiap gaji masing-masing karyawan anda. Anda tidak perlu lagi secara manual menghitung data jam kerja, jam izin, cuti, dan lain-lain dari setiap karyawan untuk menentukan jumlah gaji mereka. Semua aspek yang mempengaruhi penggajian sudah secara otomatis disesuaikan dengan data yang diinput setiap harinya. Untuk lebih jauh mengenal apa saja manfaat payroll software Indonesia, anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini. 

Menghitung Gaji Karyawan 

Manfaat yang pertama tentu saja berhubungan dengan perhitungan gaji karyawan anda. Prosedurnya sederhana, payroll software akan menentukan gaji kotor setiap karyawan anda. Setelah itu payroll software akan memasukkan nilai-nilai yang dijadikan potongan terhadap gaji kotor tersebut. Nilai tersebut bisa berupa nilai pajak, asuransi, hingga BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Semuanya sudah secara otomatis dimasukkan untuk mendapatkan gaji bersih karyawan-karyawan anda. Setelah perhitungan otomatis selesai, payroll software secara otomatis akan memotong dana perusahaan di rekening perusahaan dan mentransfernya ke masing-masing rekening karyawan. Untuk masalah input nilai, beberapa payroll software bahkan sudah bisa menyertakan biaya penggantian atas kecelakaan kerja yang dilindungi asuransi atau reimbursement. Tentu hal tersebut sangat membantu karyawan HR anda saat menentukan besaran gaji karyawan setiap bulannya.

BACA JUGA : Payroll Software untuk Mengelola Gaji Karyawan

Membuat Formulir Pajak 

Selain mampu menghitung gaji karyawan, payroll software juga malu membuat formulir pajak baik bagi karyawan ataupun perusahaan. Pembuatan formulir pajak tentu saja membutuhkan banyak nilai untuk bisa dicetak. Dengan payroll software, semua aspek yang harus dimasukkan tidak akan terlewat lagi. Semuanya sudah diintegrasikan secara otomatis sehingga pajak yang dikeluarkan sesuai dengan kewajiban masing-masing karyawan atau perusahaan itu sendiri. nantinya, payroll software juga bisa mengirimkan formulir tersebut ke pihak yang bersangkutan. 

Menyimpan Data secara Otomatis 

Alasan utama perusahaan menggunakan jasa payroll software adalah otomasi proses penyimpanan data. Jika saat ini anda masih menggunakan cara manual untuk menyimpan data karyawan anda, maka anda tentu sangat direpotkan. Anda perlu memasukkan data secara manual dengan waktu dan biaya yang terbuang sia-sia. Belum lagi nanti tumpukan kertas dikantor yang sangat banyak membuat semuanya terlihat memusingkan. Maka dengan menggunakan payroll software, perusahaan tidak perlu lagi melakukan ritual merepotkan tersebut. Semua data yang masuk otomatis tersimpan secara aman di server utama aplikasi. Dan tentunya, anda bisa mengaksesnya kapan pun anda menginginkannya. 

Sistem Cloud dan Self-service 

Manfaat yang terakhir adalah basis cloud server dan self-service. Payroll software Indonesia saat ini sudah mengadopsi server pusat sehingga data-data perusahaan bisa diakses oleh siapa pun dan di mana pun. Payroll software adalah aplikasi multi-platform yang berarti anda bisa menggunakannya bahkan di tablet atau smartphone anda. Sedangkan fitur self-service berarti karyawan anda bisa dengan mudah mengakses informasi seputar jumlah gaji mereka. Mulai dari jumlah gaji, potongan, waktu kerja, bonus, dan lain-lainnya. 

Itulah beberapa manfaat yang akan anda dapatkan jika menggunakan payroll software Indonesia. Katakan selamat tinggal kepada urusan ribet gaji karyawan dan mulailah beralih kepada payroll software. Untuk informasi produk payroll software dari SOLTIUS Indonesia, Anda bisa membacanya disini : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/hr-payroll-software 

Artikel Menarik Lainnya : Tips Memilih Payroll Software.

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan