span 1 span 2 span 3

Inilah Kegunaan Payroll Software Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang sehari-hari berkecimpung di dunia HRD atau Human Resources Department, maka pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah software Payroll. Program ini ini menjadi sangat lazim dimiliki oleh perusahaan dengan jumlah karyawan yang cukup banyak, karena akan sangat membantu HRD dalam mengurus data seputar pembayaran karyawan dari berbagai posisi dan jabatan.

Namun walaupun aplikasi ini sangat penting, masih ada beberapa perusahaan yang belum terlalu memahami fungsi utama dan kegunaannya. Sehingga masih setia dengan cara manual dalam pembuatan payroll dan data-data lainnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan kami bagikan informasi seputar kegunaan Payroll software Indonesia yang perlu Anda ketahui, berikut ulasan lengkapnya:

Mengenal Software Payroll

Sebelum kita mengetahui apa saja kegunaan dari software ini, maka sebaiknya kita ketahui dulu seputar definisi dari Payroll software. Saat ini banyak yang mengaitkan software Payroll dengan program penyusunan daftar gaji karyawan saja. Hal tersebut sebenarnya tidaklah salah, hanya saja kurang tepat.

Karena secara definisi, software ini merupakan sistem administrasi pembayaran gaji atas seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan, mulai dari pembuatan slip gaji hingga pembagian porsi gaji antara jam kerja, lembur, dan pemotongan saat cuti.

Kegunaan Software Payroll untuk Perusahaan

  1. Efisiensi Waktu

Menggunakan software Payroll sudah pasti mampu mengefisiensi pekerjaan HRD, karena seluruh data pembayaran karyawan bisa dihitung secara otomatis. Bayangkan saja sebelum software ini ditemukan, seorang HRD harus menghitung pembayaran gaji karyawan secara manual dengan menjumlahkan gaji pokok, uang lembur, uang tunjangan, bonus, dan lain sebagainya.

Hal tersebut memang tidak akan menyita banyak waktu jika jumlah karyawan tidak terlalu banyak. Tetapi akan sangat memberatkan bagi perusahaan besar dengan jumlah karyawan sangat banyak.

  1. Membuat Formulir Pajak

Selain mengurus seluruh kalkulasi data gaji karyawan, software ini juga mampu membuat formulir pajak sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan. Dengan membuat formulir pajak melalui software Payroll, maka bukan hanya efisiensi waktu saja yang didapat, melainkan juga meminimalisir penggunaan kertas karena semuanya akan dilakukan secara otomatis melalui database komputer dan dapat langsung dikirimkan kepada pihak yang bersangkutan melalui jaringan internet.

  1. Cloud Based Payroll

Sebagai sebuah teknologi informasi, pastinya software Payroll hadir dengan perhitungan yang sangat matang, termasuk dari sisi keamanan data. Sekarang pun hampir semua software Payroll sudah memiliki cloud based system sebagai tempat utama penyimpanan data yang aman.

Sistem ini juga bisa diupdate secara real time ketika ada perubahan yang terjadi pada hitungan gaji karyawan, baik dari faktor eksternal seperti kenaikan pajak ataupun faktor internal berdasar kebijakan perusahaan.

  1. Kemudahan dalam Membuat Laporan

Oleh karena semua data sudah terkumpul dalam satu cloud database, maka pembuatan laporan juga lebih mudah. Anda bisa kapan saja menerbitkan laporan dan akan secara otomatis dibuat berdasarkan data yang valid.

  1. Self-Service

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah, software ini akan memberi kemudahan pada seluruh karyawan. Semua karyawan bisa mengakses data secara langsung melalui komputer pribadi untuk mengetahui berapa jumlah gaji dan rincian gajinya. Software ini juga memungkinkan para karyawan untuk mengajukan permintaan kepada HRD tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Dan itulah beberapa kegunaan Payroll software Indonesia yang perlu Anda ketahui. Setelah melihat berbagai kegunaannya, maka tak ada salahnya jika Anda segera menggunakan software ini untuk meningkatkan profit dan produktifitas perusahaan.

Artikel Menarik Lainnya :

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia