span 1 span 2 span 3

Inilah Perbedaan Aplikasi CRM dan ERP

Di era teknologi informasi saat ini, hampir segala sesuatunya bisa dilakukan dengan lebih efisien berkat bantuan teknologi dan internet. Tak terkecuali dengan proses manajemen perusahaan yang sudah banyak terbantu dengan adanya aplikasi pendukung seperti aplikasi Customer Relation Management (CRM) dan Enterprise Resource Planning (ERP).

Kedua aplikasi tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memudahkan proses manajemen data demi meningkatnya produktivitas kerja dan efisiensi perusahaan. Namun,  kedua aplikasi ini memiliki proses kerja yang berbeda yang mana keduanya saling melengkapi. Untuk itu sebaiknya Anda membaca ulasan di bawah ini seputar perbedaan aplikasi CRM dan ERP, berikut ulasan lengkapnya:

Mengenal Aplikasi CRM

Customer Relation Management atau yang akrab disebut CRM adalah sebuah aplikasi yang tak bisa dilepaskan dari perusahaan. Mengapa demikian? Karena aplikasi ini mampu membantu perusahaan dalam mengelola seluruh data pelanggan untuk dijadikan referensi demi kemajuan perusahaan.

Aplikasi ini menjadi strategi bisnis yang memprioritaskan pelanggan sebagai tonggak utama untuk menghasilkan program kerja perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Seperti misalnya penentuan strategi marketing dan media periklanan, maka data-data dari aplikasi CRM akan sangat dibutuhkan. Dari data tersebut perusahaan bisa mengetahui bagaimana kondisi trend pasar dan apa yang paling diinginkan oleh pelanggan.

Lalu hal yang tak kalah penting lainnya, aplikasi ini dapat membantu divisi Hubungan Masyarakat dalam menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan pelanggan. Segala regulasi yang dibentuk akan disesuaikan dengan kondisi pelanggan sehingga tidak ada lagi hal-hal yang merugikan pelanggan.

Mengenal Aplikasi ERP

Jika aplikasi CRM berfokus pada data-data pelanggan, maka aplikasi Enterprise Resource Planning atau ERP akan berfokus pada data-data yang lebih luas cakupannya, mulai dari pra produksi, finansial, HRD, pendistribusian produk, pembuatan laporan, hingga data-data investor dan lain sebagainya.

Aplikasi ERP juga sering disebut dengan istilah Back Office System yang diindikasikan sebagai sistem yang khusus mendukung aktivitas perusahaan tanpa harus melibatkan pelanggan secara langsung. Hal ini tentu berbeda dengan aplikasi CRM yang justru mayoritas dioperasikan berdasar data yang didapat secara langsung dari pelanggan.

Saat ini juga cukup banyak orang-orang yang menganggap aplikasi ERP bisa menggantikan peran aplikasi CRM. Namun hal itu sebenarnya tidaklah tepat karena keduanya harus berjalan beriringan demi mendapatkan data yang valid dari berbagai lini.

Perbedaan Kedua Aplikasi dan Mana yang Lebih Baik?

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, bahwa kedua aplikasi ini memiliki persamaan tujuan, yaitu untuk memudahkan urusan data manajemen. Tetapi, dari segi perbedaannya sudah jelas keduanya berjalan dengan cara masing-masing. Antara aplikasi CRM dengan ERP harus bisa dipadupadankan dengan baik sehingga menghasilkan data yang valid untuk kemudian dikelola sebagai referensi pengambilan keputusan.

Jadi, kesimpulannya adalah, Anda sebaiknya menggunakan kedua aplikasi ini untuk mengurus data-data manajemen perusahaan. Kedua aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengelola data secara real time dan pastinya akan meningkatkan produktivitas karyawan dari berbagai divisi. Karena seluruh karyawan akan mengantongi data yang sama dan paling update untuk dijadikan laporan atau evaluasi.

Selain itu, proses pembuatan laporan juga menjadi lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak.

Nah, itulah beberapa ulasan yang perlu Anda ketahui seputar perbedaan aplikasi CRM dan ERP. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengembangkan perusahaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Artikel Menarik Lainnya :

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan