span 1 span 2 span 3

Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi

Software akuntansi adalah program aplikasi yang dirancang khusus untuk memudahkan kerja divisi akuntansi perusahaan. Dengan adanya software akuntansi, maka perusahaan bisa menerbitkan laporan terkait keuangan secara otomatis.

Bahkan bukan hanya itu saja, pengelolaan data manajemen lainnya terkait dengan keuangan juga akan dimudahkan dengan hadirnya software akuntansi. Dan apabila Anda masih ragu dalam memutuskan apakah perusahaan membutuhkan software ini, maka sebaiknya Anda baca dulu ulasan di bawah ini yang akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan software akuntansi.

Keuntungan dan Kelebihan Menggunakan Software Akuntansi

Peran utama dari software akuntansi untuk perusahaan adalah mengelola data keuangan dan laporan secara akurat. Oleh karenanya, dengan menggunakan software ini maka akuntan dapat menerbitkan laporan keuangan dengan cepat tanpa harus melakukan penghitungan secara manual dengan berkas yang menumpuk. Selain itu beberapa kelebihan lain yang bisa dirasakan adalah:

  • Pengelolaan data dapat dipantau secara real time menggunakan sistem online. Dalam hal ini Anda tidak perlu pergi ke kantor ataupun menghadap komputer utama, melainkan cukup melalui laptop pribadi yang sudah terkoneksi dengan program akuntansi.
  • Anda bisa mengatur sistem untuk mengatur keuangan dengan berbagai penghitungan, mulai dari pemotongan pajak, suku bunga, dan lain sebagainya. Semua itu akan dihitung secara otomatis oleh sistem.
  • Pengelolaan data bisa dilakukan secara real time. Dengan cara ini, seluruh pengeluaran dan pemasukan akan terkontrol dan terawasi dengan mudah.
  • Anda bisa memasukkan jumlah maksimal dari ambang batas pengeluaran perusahaan, dan ini akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Karena setiap biaya yang dikeluarkan akan langsung diupdate secara real time dan ini akan meminimalisir pengeluaran berlebih.

BACA JUGA : Manfaat Software Akuntansi untuk Perkembangan Perusahaan Anda.

Kerugian dan Kekurangan Menggunakan Software Akuntansi

Software akuntansi saat ini memang sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia. Hanya saja jumlah yang tidak memakai software ini juga tergolong masih cukup banyak. Dan salah satu hal yang mendasari adalah karena software ini dinilai masih belum bisa menggantikan kinerja seorang akuntan secara maksimal. Lalu sebenarnya apa kerugian dari software ini? Berikut beberapa kelemahannya:

  • Beberapa perusahaan menilai bahwa software ini memiliki sistem pengoperasian yang ribet dan membutuhkan maintenance yang rumit.
  • Software akuntansi dinilai terlalu mahal dan tidak benarbenar bisa menggantikan posisi akuntan.
  • Software ini juga dianggap rawan mengalami kesalahan sistem karena beberapa program komputer terkadang mengalami bug yang merugikan.

Kesimpulan dalam Menggunakan Software Akuntansi

Jika melihat sisi kerugian dan kelebihannya, maka bisa dikatakan jika software akuntansi ini tidak sepenuhnya buruk. Karena pada dasarnya beberapa pengalaman buruk atau anggapan yang keliru tentang software ini bisa ditutupi apabila Anda memilih vendor penyedia software yang profesional.

Saat ini memang ada banyak vendor penyedia software akuntansi sehingga Anda harus lebih jeli dalam memilih. Pastikan Anda memilih vendor yang menyediakan software terbaik dan terdapat pilihan beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Anda juga harus aktif bertanya tentang harga software dan bagimana layanan pelanggan serta keamanan data di dalamnya.

Apabila Anda ragu, sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya seputar software akuntansi ini. Dan itu juga bisa Anda dapat melalui website www.soltius.com, yaitu salah satu vendor penyedia software akuntansi terbaik saat ini.

Dan itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan seputar kelebihan dan kekurangan software akuntansi, semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Jul 18, 2019
What is SAP Business One ?
Jun 27, 2019
5 Kelebihan Menggunakan Aplikasi POS Indonesia Tablet