span 1 span 2 span 3

Manfaat Advanced Supply Chain Planning bagi Sebuah Perusahaan

Advanced Supply Chain Planning merupakan suatu konsep yang menekankan pada pola yang terpadu dan menyangkut proses aliran produk dari supplier, manufaktur, retailer, dan tentu saja konsumen. Dalam mekanisme ini aktivitas antara supplier hingga konsumen dijadikan satu kesatuan tanpa sekat pembatas yang besar sehingga informasi di dalam mekanisme ini transparan. Pola-pola yang terdapat pada mekanisme ini menyangkut aktivitas pendistribusian, jadwal produksi barang, dan juga logistik. Oleh karena itu, dengan menerapkan sistem rantai pasokan ini perusahaan tak hanya dapat mengelola elemen input, proses transfomasi, dan output saja, namun juga memperhatikan elemen supplier dan juga konsumen. Dengan demikian, perusahaan akan mendapatkan beberapa keuntungan dengan menjalankan supply chain planning ini. Berikut adalah beberapa manfaat advanced supply chain planning bagi sebuah perusahaan :

Memberikan Kepuasan bagi Para Pelanggan

Bagi sebuah perusahaan, konsumen adalah salah satu komponen terpenting yang dapat menentukan keberlangsungan dan kesuksesan usaha yang mereka jalankan. Konsumen merupakan target utama dari aktivitas produksi yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. 

Konsumen yang dimaksud pada konteks ini adalah mereka yang setia dalam jangka waktu yang panjang memakai produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Untuk membuat konsumen setia memakai produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut, maka perusahaan terlebih dulu harus membuat mereka puas dengan pelayanan yang disampaikan oleh perusahaan.

Dengan menerapkan advanced supply chain planning, perusahaan dapat memastikan pelanggannya mendapat kepuasan dari pelayanan yang mereka berikan. Karena kita tahu dalam mekanisme ini konsumen adalah salah satu pihak yang selalu dilibatkan dalam proses berubahnya barang baku menjadi barang jadi pada perusahaan tersebut. Dengan demikian konsumen akan memperoleh produk yang memiliki manfaat pada tingkat harga yang dapat diterima.

Meningkatkan Pendapatan 

Semakin banyak pelanggan atau pengguna yang setia dan juga menjadi mitra di perusahaan tersebut, itu berarti perusahaan semakin berpeluang untuk mendapatkan pendapatan yang besar. Semakin banyak konsumen yang bermitra dengan perusahaan tersebut, maka barang-barang yang diproduksi oleh sebuah perusahaan tidak akan terbuang percuma karena hasil produk tersebut akan diminati oleh para konsumen tersebut. Dengan demikian, perusahaan akan dapat menjual produk-produk tersebut secara lebih optimal sehingga memperoleh pendapatan yang besar.

Baca juga: Pentingnya Advanced Supply Chain Planning untuk Sebuah Perusahaan

Menurunkan Biaya Produksi

Dengan menerapkan advanced supply chain planning, sebuah perusahaan dapat menekan biaya produksi yang harus mereka keluarkan. Dalam mekanisme ini, perusahaan dapat mengintegrasikan aliran produk dari perusahaan kepada para konsumennya sehingga dapat mengurangi biaya-biaya yang harus dikeluarkan selama tahap produksi dan juga pendistribusian barang. 

Pemanfaatan Aset Semakin Tinggi

Dengan menerapkan mekanisme rantai pasokan, perusahaan akan dapat memanfaatkan aset secara lebih baik. Aset perusahaan, terutama faktor sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan tersebut akan semakin terlatih dan terampil dari segi pengetahuan teknologi. Dengan memiliki pengetahuan yang semakin luas serta kemahiran dalam menerapkan teknologi, tenaga manusia akan mampu memberdayakan penggunaan teknologi tinggi sebagaimana yang dituntut dalam pelaksanaan rantai pasok tersebut. 

Di dalam mekanisme rantai pasok ini, perusahaan memang akan menerapkan penggunaan teknologi demi menunjang sistem tersebut. Mereka akan bekerjasama dengan penyedia software untuk mendukung mekanisme rantai pasokan yang mereka jalankan. Dengan demikian, sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan itu lebih dapat mengoptimalkan pemanfaatan aset. 

Peningkatan Laba 

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan mekanisme rantai pasokan sebuah perusahaan dapat meningkatkan jumlah konsumen yang setia dan menjadi mitra perusahaan tersebut. Karena itu, semakin besar pula peluang bagi perusahaan tersebut untuk meningkatkan keuntungannya. 

Perusahaan Semakin Besar

Dengan semakin besarnya keuntungan yang diterima oleh suatu perusahaan, maka perusahaan tersebut semakin berpeluang untuk semakin besar ke depannya. Perusahaan yang mendapatkan keuntungan dari proses distribusi produknya akan tumbuh semakin kuat dan mendapatkan kredibilitas di mata publik.

Itulah beberapa manfaat Advanced Supply Chain Planning bagi sebuah perusahaan. Dengan menjalankan mekanisme rantai pasok ini, perusahaan dapat memberikan nilai lebih bagi para pelanggannya dan juga akan tumbuh dengan semakin kuat.

 

Baca Artikel Lainnya: 

Proses Advanced Supply Chain Planning Pada Sebuah Perusahaan
 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan