span 1 span 2 span 3

Pengertian Advanced Supply Chain Planning

Advanced supply chain planning juga perlu dilakukan oleh perusahaan. Tidak hanya supply chain saja yang penting diperhatikan namun perencanaan rantai pasokan lanjutan ini juga penting untuk diperhatikan. Tujuan perencanaan rantai pasokan ini adalah agar strategi bisnis rantai pasokan meningkat dan dapat berjalan dengan lancar.  Di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini advanced supply chain planning ini menjadi tulang punggung utama karena berperan penting dalam berjalannya operasional bisnis pada perusahaan tersebut.  Tidak hanya itu saja perencanaan rantai pasokan lanjutan juga terbukti mampu mengelola biaya perusahaan menjadi lebih efisien sesuai dengan yang perusahaan inginkan.

Pengertian

Untuk bisa menjalankan perencanaan rantai pasokan lanjutan dengan maksimal ada baiknya jika Anda tahu pengertiannya terlebih dahulu. Pengertian advanced supply chain planning adalah sebuah mekanisme yang mana bisa menghubungkan semua pihak yang terkait di dalam bisnis dan dijalankan oleh perusahaan. Mekanisme tersebut juga menjadi penghubung terhadap proses perubahan bahan baku menjadi produk jadi. Pihak yang ikut dalam mekanisme tersebut memegang tanggung jawab dalam memberikan barang jadi hasil produksi ke customer dengan cara yang efisien. Perencanaan rantai pasokan ini harus di dukung dengan software untuk mengoptimalkan pengiriman barang, layanan, dan juga informasi dari pemasok kepada para pelanggan, selain itu juga menyeimbangkan antara penawaran dan juga permintaan agar lebih efektif dan juga efisien.

Strategi Meningkatkan Advanced Supply Chain Planning

Anda yang ingin meningkatkan perencanaan rantai pasokan lanjutan ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan. Strategi yang pertama adalah menggunakan bantuan software dimana di dalamnya memiliki fitur otomatis dan fungsionalitas dari advanced supply chain. Software ini bisa berjalan dengan cara otomatis dimana software ini akan bisa memesan kepada vendor saat persediaan menurun atau berada di tingkat atau jumlah tertentu. Dengan menggunakan sistem atau bantuan software ini akan memberikan peluang kepada karyawan untuk mengerjakan hal lain karena rantai pasokan lanjutan sudah dijalankan dengan cara otomatis.

Baca Juga: Pentingnya Advanced Supply Chain Planning untuk Sebuah Perusahaan

Strategi lainnya yang bisa dilakukan adalah proses standarisasi. Standarisasi dari sistem yang Anda gunakan ini harus jelas dimana kebanyakan tujuan penggunaannya untuk memudahkan pekerjaan karyawan, meningkatkan akurasi, mendorong kinerja tim, menghemat waktu dan juga biaya, tidak hanya itu saja software ini juga harus bisa mengurangi kemungkinan terjadinya salah komunikasi. Strategi lainnya yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan advanced supply chain planning adalah meningkatkan transparansi. Berbagai macam masalah bisa terjadi pada rantai pasokan seperti limbah, kesalahan, dan juga penipuan. Dengan menggunakan software berbagai macam masalah bisa dihindari sehingga kerugian tidak akan terjadi.

Strategi terakhir yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perencanaan rantai pasokan lanjutan adalah wawasan data. Informasi yang akurat dan tepat waktu menjadi hal yang penting dalam pengambilan keputusan. Jika Anda menggunakan perangkat lunak akan memungkinkan bagi Anda dan manajemen cepat dalam mengakses informasi tersebut, selain itu juga akan mudah mengakses hal lainnya seperti inventaris, pembelian, dan juga data produksi untuk kepentingan dalam pengambilan keputusan.

Baca Juga: Manfaat dan Kemudahan yang Didapatkan Advanced Supply Chain Planning

Komponen

Setelah Anda tahu bagaimana cara meningkatkan rantai pasokan lanjutan, Anda juga harus tahu komponen apa saja yang ada pada rantai pasokan lanjutan tersebut. Komponen pertama ada Upstream Supply Chain meliputi berbagai macam aktivitas yang dilakukan perusahaan dan perusahaan akan mendapatkan supplier dari pihak luar untuk bisa mendapatkan bahan baku sebagai bahan produksi. Komponen lainnya ada internal supply chain dan juga downstream supply chain. Internal supply chain ini menjadi tahap perubahan bahan baku dan mentah untuk menjadi barang jadi. Downstream supply chain adalah menjadi komponen terakhir dimana pada tahapan ini dimana pendistribusian barang jadi oleh perusahaan kepada para customer akan dijalankan oleh eksternal distributor.

Advanced supply chain planning akan berjalan maksimal dengan menggunakan bantuan software, oleh sebab itu Anda bisa mulai bekerja sama dengan vendor penyedia software berpengalaman dan memiliki kredibilitas baik agar operasional bisa berjalan lebih lancar tanpa hambatan.

Artikel Menarik Lainnya: 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia