span 1 span 2 span 3

Pengertian dan Manfaat Talent Management System pada Sebuah Perusahaan

Talent management system atau (sistem manajemen bakat) dianggap sangat penting bagi sebuah  perusahaan. Ketika perusahaan semakin tumbuh, terkadang perusahaan tidak memperhatikan bakat seseorang dalam sebuah perusahaan tersebut. Untuk itulah, sistem ini hadir untuk  mendapatkan penilaian yang tepat terhadap masing-masing karyawan di perusahaan itu. Hasil dari penilaian tersebut untuk melihat dan menilai apakah karyawan tersebut mampu membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya atau tidak. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan apa itu sebenarnya talent management system dan juga manfaat apa yang dapat diperoleh dengan adanya sistem tersebut dalam sebuah perusahaan.

Pengertian Talent Management System

Talent management system atau sistem manajemen bakat adalah cara pengelolaan talenta atau bakat di dalam suatu organisasi secara efektif. Jika pengertian ini dikaitkan dengan sistem pada perusahaan, maka dapat diartikan sebagai cara pengelolaan bakat serta realisasi pengembangan diri karyawan secara lebih optimal.

Proses yang ada pada sistem ini berlangsung secara menyeluruh mulai dari rekrutmen, penempatan, sampai pada pengembangan serta perencanaan agar dapat mengembangkan bakat para karyawan ke arah yang lebih baik.

Sistem ini juga merupakan proses untuk memastikan suatu perusahaan dapat mengisi posisi kunci kepemimpinan perusahaan di masa depan ( future leaders ) dan juga posisi yang mendukung kompetensi inti perusahaan ( unique skill and high strategic value ).

Manfaat Talent Management System

Talent management system adalah bagian integral dari suatu bisnis modern. Manajemen bakat ini memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan yang menjalankan sistem tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat dari manajemen bakat pada sebuah perusahaan:

  1. Menempatkan Orang yang Tepat pada Pekerjaan yang Tepat

Dengan adanya manajemen bakat, perusahaan akan dapat memetakan keterampilan dan kompetensi para karyawan yang memiliki talenta. Hal ini memungkinkan manajemen mencatat inventaris keterampilan dan juga kemampuan yang ada di dalam perusahaan tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat menempatkan orang-orang yang tepat pada posisi yang tepat pula.

Ini tentu saja akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan maupun karyawan. Karena orang yang tepat yang ditempatkan di posisi yang tepat akan menghasilkan peningkatan produktivitas pada karyawan yang nantinya akan berdampak pada meningkatnya produktivitas perusahaan secara keseluruhan. Hal ini tentu saja akan berimbas pada kepuasan kerja bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Mempertahankan Karyawan yang Memiliki Bakat yang Besar

Karyawan yang bertalenta tinggi adalah salah satu aset berharga yang dapat menunjang keberhasilan suatu perusahaan. Apalagi di tengah arus ekonomi global saat ini, persaingan dagang antar perusahaan juga semakin tinggi. Hal ini membuat perusahaan tersebut akan berusaha menjaga karyawan bertalenta tinggi tersebut untuk tidak mengajukan pengunduran tinggi dan meninggalkan perusahaan.

Karena itu, pengunduran tinggi  karyawan yang beralenta tinggi menjadi perhatian utama bagi perusahaan. Perusahaan akan berupaya agar dapat mempertahankan karyawan yang bertalenta tinggi di perusahaan tersebut. Hal ini penting untuk dilakukan agar perusahaan tersebut dapat terus bersaing di tengah-tengah arus perekonomian global yang semakin ketat.

Kini dengan adanya talent management system, perusahan dapat lebih fokus untuk memetakan program dan strategi retensi karyawan untuk merekrut, mengembangkan, mempertahankan, serta melibatkan orang-orang yang berkualitas.

  1. Perekrutan Karyawan yang Lebih Baik

Kita tahu bahwa kualitas sebuah perusahaan tergantung pada kualitas para karyawannya. Untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas, perusahaan harus memulainya dengan proses rekrutmen yang baik. Dengan menerapkan manajemen bakat, sebuah perusahaan dapat menjalankan rekrutmen secara lebih baik. Hal ini karena di dalam menejemen bakat, penilaian perekrutan telah menjadi aspek integral dari proses Sumber Daya Manusia saat ini.

  1. Perusahaan akan Menjadi Lebih Baik dan Lebih Maju

Manajemen bakat akan membantu perusahaan untuk melakukan penilaian pada para karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Melalui penilaian tersebut,  perusahaan dapat memahami lebih baik terhadap kebutuhan pengembangan diri para karyawan, aspirasi karir, kelebihan dan kekurangan, serta perusahaan pun dapat mengetahui kepuasan kinerja para karyawannya.

Dengan demikian, perusahaan dapat menentukan apa saja yang dapat memotivasi para karyawan agar dapat bekerja dengan lebih baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini pada akhirnya akan membuat perusahaan tersebut menjadi lebih baik ke depannya.

Demikianlah pengertian serta berbagai manfaat yang didapatkan dengan adanya talent management system pada sebuah perusahaan. Dengan adanya manajemen tersebut perusahaan akan mampu mengelola karyawan sebagai aset perusahaan yang terpenting demi mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk mengetahui informasi lainnya mengenai software management Anda bisa klik link berikut ini : https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/reading/success-factors?category=human-capital-management-system

Other News

Nov 15, 2019
7 Manfaat Penerapan Supply Chain Management Bagi Sebuah Perusahaan
Nov 14, 2019
Pentingnya Penerapan Mobil Supply Chain dalam Bisnis