span 1 span 2 span 3

Penggunaan Payroll Software Indonesia dalam Membantu Tugas Payroll Staff

Hadirnya payroll software Indonesia dirasa sangat membantu tugas payroll staff dalam sebuah perusahaan. Bagi perusahaan dengan jumlah karyawan yang besar, pengerjaan laporan administrasi gaji tentu saja akan akan memakan waktu yang lama jika hanya dilakukan dengan cara manual. Hadirnya payroll software, membuat tugas dari payroll staff dalam penyusunan daftar gaji karyawan, pembuatan slip gaji, pemotongan ataupun penambahan gaji bisa dikerjakan secara lebih efektif karena sistem programnya telah berjalan secara otomatis. 

Mengenal Software Payroll

Sebelum kita membahas mengenai kegunaan software payroll, ada baiknya kalau Anda mencari tahu apa sebenarnya payroll software itu. Aplikasi ini biasanya diartikan sebagai program untuk menyusun daftar gaji para karyawan. Namun, Anda harus memahami bahwa sebenarnya software payroll tak hanya sebatas itu saja. 

Secara definisi, software payroll merupakan sistem administrasi pembayaran gaji karyawan, yang meliputi pembuatan slip gaji, pembagian jam kerja, pemotongan gaji saat karyawan tengah mengambil cuti. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi payroll tidak hanya sekadar soal program penyusunan gaji karyawan semata. 

Baca Juga: Payroll Software Indonesia untuk kelola Gaji Karyawan

Kegunaan Software Payroll 

Berikut ini beberapa kegunaan dari software payroll yang bisa meringankan tugas payroll staf di sebuah perusahaan:

  • Efisiensi Waktu 

Hadirnya software payroll dapat mengefisienkan pekerjaan dari staff payroll di sebuah perusahaan. Pasalnya, kini semua data pembayaran gaji karyawan telah dihitung secara otomatis sehingga admin payroll tidak perlu lagi mengerjakan tugasnya secara manual. Penjumlahan gaji pokok, uang lembur, uang tunjangan, dan juga bonus akan memakan banyak waktu jika hanya dikerjakan dengan cara manual. Tetapi, hadirnya software payroll kini membuat waktu pengerjaan semakin efisien. 

  • Membuat Formulir Pajak 

Salah satu tugas dari payroll staff adalah membuat formulir pajak sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan. Software payroll kini dapat membuat pekerjaan tersebut semakin mudah untuk diselesaikan. Selain itu, pembuatan formulir pajak dengan software payroll juga akan membuat penggunaan kertas dapat diminimalisir karena semuanya telah dilakukan secara otomatis melalui jaringan internet.

  • Cloud Based Payroll 

Software payroll dapat di-update secara real-time apabila terjadi perubahan pada gaji karyawan. Perubahan tersebut bisa terjadi karena faktor internal seperti kebijakan perusahaan dan juga faktor eksternal seperti kenaikan pajak. 

Sistem ini mampu melakukan perhitungan yang begitu matang dan sistem keamanannya pun terbilang sangat baik. Hal ini tidak terlepas dari teknologi cloud yang dimiliki oleh software payroll. Dengan menggunakan software payroll yang berbasis cloud, kini tugas payroll staff akan lebih mudah diselesaikan.  

  • Kemudahan dalam Pembuatan Laporan 

Staf payroll bertugas untuk membuat laporan terkait dengan gaji bulanan karyawan. Dengan memanfaatkan data-data yang telah terkumpul dalam satu cloud database, tugas tersebut tentu saja akan semakin mudah untuk diselesaikan. Dengan begitu, Anda dapat menerbitkan laporan data yang valid secara otomatis kapanpun Anda butuhkan. 

Berbagai laporan yang biasa dibuat oleh staf payroll adalah laporan mengenai BPJS, laporan asuransi, sampai dengan laporan Jamsostek. Pembuatan berbagai laporan penting tersebut tentu saja akan membuat payroll staf merasa kelelahan jika hanya dilakukan dengan cara manual. 

Demikianlah pembahasan mengenai penggunaan software payroll yang sangat membantu tugas payroll. Bagi Anda yang membutuhkan software payroll untuk mengoptimalkan kinerja dari staf payroll di perusahaan Anda, maka Anda perlu berkonsultasi dengan penyedia software payroll Indonesia. Soltius Indonesia hadir untuk memberikan solusi tentang penerapan dan pengembangan software payroll bagi UKM dan juga perusahaan bersekala besar.

Artikel Lainnya: 6 Tugas Payroll Staf yang Semakin Mudah Berkat Hadirnya Software Payroll Indonesia

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia