span 1 span 2 span 3

Pentingnya Penerapan Mobil Supply Chain dalam Bisnis

Mobile Supply Chain merupakan suatu mekanisme yang dapat mengintegrasikan pihak-pihak yang terkait dalam berubahnya bahan mentah menjadi bahan jadi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Dengan kemajuan teknologi saat ini, rantai pasokan juga semakin berkembang dan modern sehingga mampu menggantikan rantai pasokan tradisional. Perkembangan teknologi memang melahirkan prinsip-rinsip dasar dari manajemen rantai pasokan.

Teknologi yang terdapat dalam telepon seluler dan juga perangkat gadget lainnya yang berkembang dengan begitu cepat membuat penciptaan dan penyebaran informasi menjadi makin cepat, murah, dan berkualitas baik. Dengan demikian, proses penyampaian informasi di dalam rantai pasokan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Karena itu, rantai pasokan yang didukung dengan penggunaan teknologi dari gadget akan sangat menunjang bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Pentingnya penerapan mobile supply chain dalam bisnis dapat dilihat dari berbagai sudut padang berikut ini: 

Perfektif Teknis

Fungsi Penciptaan

  • Mobile Supply Chain dapat menjadi media atau sarana untuk mengubah fakta-fakta dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi di dalam dunia bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan ke dalam format data kuantitatif. Dengan kemajuan dari teknologi gadget yang digunakan dalam rantai pasokan, secara otomatis semua fakta yang relevan dengan dunia bisnis dapat diubah ke dalam bentuk format kuantitatif. Dengan demikian, data entry yang dilakukan akan semakin efektif dan efisien.
  • Teknologi yang digunakan dalam rantai pasokan dapat mengubah data mentah yang telah terkumpul menjadi informasi yang relevan  bagi setiap pihak yang ambil bagian dalam bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan, seperti manajemen, staff, mitra bisnis, pemilik perusahaan, serta pihak-pihak lain yang berkepentingan.
  • Rantai bisnis yang ditunjang dengan teknologi yang baik dari gadget dapat mengolah informasi yang diperoleh menjadi sebuah knowledge yang dapat diakses oleh semua pihak yang ambil bagian dalam bisnis pada suatu perusahaan.

Fungsi Penyebaran

  • Mobile Supply Chain memfasilitasi pengumpulan entitas fakta, data, informasi, knowledge, dan juga wisdom dan menyimpannya ke dalam media digital. Media penyimpanan digital tersebut dapat mengidentifikasi berbagai karakteristik unik dari entitas-entitas yang terkait dalam dunia bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Kemudian, media penyimpanan tersebut akan mempresentasikan dalam format multimedia seperti teks, suara, audio, image, serta video.
  • Rantai pasokan yang ditunjang dengan teknologi yang mumpuni akan dapat mengorganisasikan penyimpanan data-data ke dalam media penyimpanan dengan baik. Teknologi informasi yang terdapat dalam rantai pasokan akan memudahkan pencarian dan pemilihan data-data yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis dalam rantai pasokan.
  • Penerapkan rantai pasokan yang telah didukung dengan perangkat media yang berteknologi tinggi akan dapat memenuhi penggabungan beberapa entitas menjadi satu kesatuan yang terintegrasi.
  • Rantai pasokan yang memanfaatkan kemajuan teknologi dapat memudahkan penyaluran berbagai entitas dari tempat penyimpanannya kepada pihak-pihak yang terkait dalam rantai pasokan tersebut . Dengan demikian, proses penyebaran entitas tersebut dapat berlangsung dengan lebih efektif dan efisien.

Perspektif Manajerial

  • Rantai pasokan yang berbasis dengan teknologi dapat menurunkan resiko yang berhubungan dengan keuangan. Kini, para pelaku bisnis dapat meminimalisir pengeluaran yang besar dalam bisnis yang dijalankan dan juga menghindari kerugian akibat adanya ketidakpastian dalam aspek-aspek yang ada di luar perusahaan.
  • Rantai pasokan yang menggunakan teknologi dari gadget dapat membantu perusahaan dalam mengurangi resiko bisnis yang ada. Selain itu, teknologi yang ada dalam rantai pasokan akan dapat mengoptimalkan proses bisnis di dalam perusahaan.
  • Dengan hadirnya rantai pasokan yang berbasis teknologi di dalam dunia bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan akan mampu mengeliminasi proses-proses yang dirasa tidak perlu ( non value added processes). Selain itu, teknologi juga akan menyederhanakan berbagai proses yang yang panjang dalam rantai pasokan.
  • Perusahaan yang menerapkan rantai pasokan yang ditunjang dengan teknologi informasi akan dapat mengintegrasikan beberapa proses menjadi satu kesatuan sehingga terasa lebih praktis. Hal ini secara langsung juga juga akan meningkatkan kepuasan para pelanggan.
  • Rantai pasokan yang didukung dengan penggunaan media berteknologi tinggi ternyata juga dapat membuat beberapa proses yang ada dalam rantai pasokan tersebut berjalan dengan otomatis.

Demikianlah penjelasan tentang pentingnya penerpan Mobile Supply Chain di dalam bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan. Dengan adanya kemajuan teknologi di dalam rantai pasokan, perusahaan akan mampu menjalankan bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien.

Other News

Nov 15, 2019
7 Manfaat Penerapan Supply Chain Management Bagi Sebuah Perusahaan
Nov 14, 2019
Proses Advanced Supply Chain Planning Pada Sebuah Perusahaan