span 1 span 2 span 3

Simak 3 Perbedaan Aplikasi Private Cloud dan Public Cloud Disini!

Apa saja perbedaan aplikasi private cloud dan public cloud? Anda bisa menyimaknya disini! Istilah cloud computing sendiri mencakup berbagai klasifikasi, jenis dan model arsitektur. Model computing ini mampu mengubah cara Anda bekerja. Cloud computing sendiri adalah menyimpan program, aplikasi atau data melalui internet yang biasanya langsung tersimpan di hard drive laptop, komputer, tablet atau smartphone.

Cloud computing mencakup berbagai klasifikasi, jenis dan model arsitektur. Untuk model komputasi jaringan dibagi menjadi tiga jenis utama yaitu public, private dan hybrid cloud. Bagi Anda yang tertarik menggunakan cloud computing ada baiknya tahu perbedaan aplikasi private cloud dan public cloud berikut ini:

 

Infrastruktur

Perbedaan aplikasi private cloud dan public cloud pertama adalah infrastruktur. Khusus private cloud infrastructure layanannya dikelola dengan cara yang lebih eksklusif untuk satu perusahaan. Sedangkan public cloud infrastrukturnya bisa diakses secara umum. Sesuai dengan namanya public, pengguna bisa mengakses berbagai macam layanan cloud misalnya penyimpanan data, jaringan dan komputasi yang bisa diakses dari internet.

Kemudahan yang Ditawarkan

Public cloud merupakan model layanan cloud paling populer dan menawarkan berbagai macam pilihan. Secara umum public cloud menawarkan elastisitas dan skalabilitas yang tinggi. Selain itu juga menawarkan biaya relatif rendah, karena basisnya adalah langganan. 

Sementara itu, private cloud menawarkan lingkungan yang jauh lebih eksklusif.  Lingkungan tersebut aman dan tidak bisa diakses oleh organisasi atau perusahaan lain. Private cloud juga menawarkan keamanan yang bisa dicustom. Kepatuhan terhadap peraturan karena perusahaan bisa menjalankan konfigurasi dan protokol sesuai dengan keamanan yang disesuaikan dengan persyaratan beban kerja. 

Untuk skalabilitas private cloud bisa ditingkatkan dengan menambah resource hardware misalnya SSD dan memori. Kelebihan yang terakhir adalah performa efisien dan fleksibilitas sangat terjamin karena Anda bisa mengubah infrastrukturnya kemudian disesuaikan dengan iklim bisnis yang dinamis.

Baca Juga : Pengertian Data Warehouse, Manfaat, Komponen, dan Jenisnya

Keamanan

Perbedaan terakhir adalah keamanan. Nah jika Anda mendambakan aplikasi yang aman, private cloud adalah solusi yang tepat.  Mengapa demikian? Hal itu karena public cloud dianggap kurang aman. Selain itu ada beberapa kekurangan yang didapatkan jika Anda menggunakan aplikasi public cloud.

Kekurangan yang pertama adalah kendali terbatas. Public cloud multi tenant artinya adalah satu lingkungan melayani banyak konsumen karena memang lingkungannya berbagi. Anda sebagai konsumen atau klien public cloud tidak memiliki akses ke hypervisor. Akibatnya Anda tidak bisa mengubah lingkungan dan kendali terbatas tersebut.

Berbeda dengan private cloud. Sesuai dengan namanya aplikasi yang satu ini lebih aman karena satu server hanya digunakan untuk satu client saja, sehingga Anda memiliki kendali penuh terhadap server Anda.  Selain itu keamanannya jauh lebih terjamin karena tidak terbagi-bagi.

Bagaimana Harganya?

Setelah Anda mengetahui perbedaan aplikasi private cloud dan public cloud diatas tentu Anda sudah bisa menyimpulkan bagaimana kedua harga aplikasi tersebut. Ya, private cloud memiliki harga implementasi yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan public cloud. Hal itu karena lingkungan private cloud hanya digunakan untuk diri Anda sendiri sedangkan public cloud dibagi-bagi. Kendali yang diberikan private cloud pun tidak terbatas dan bisa dikustomisasi seperti yang diinginkan.

Demikianlah perbedaan aplikasi private cloud dan public cloud yang menarik untuk Anda tahu. Jika Anda membutuhkan aplikasi cloud untuk mengembangkan dan mengintegrasikan bisnis lebih baik gunakanlah jasa SOLTIUS. SOLTIUS satu-satunya perusahaan solusi IT terpercaya dan berpengalaman. Solusi yang diberikan SOLTIUS mampu disesuaikan dengan tujuan perusahaan, struktur organisasi dan kebutuhan bisnis. SOLTIUS juga mampu memadukan pengalaman dan pemahaman yang sudah teruji memenuhi segala kebutuhan bisnis. Silahkan klik link ini untuk mendapatkan informasi cloud SOLTIUS lebih lanjut!

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan