span 1 span 2 span 3

3 Alasan Wajib Menggunakan HR Software Indonesia HRIS

3 Alasan Wajib Menggunakan HR Software Indonesia HRIS

HR software Indonesia – Teknologi yang berkembang semakin cepat ini menuntut pebisnis untuk bisa bergerak dengan cepat pula, siapa yang lambat dalam mengadopsi perkembangan teknologi tersebut akan menjadi tertinggal dengan kompetitor yang sudah mampu mengadopsi dan menerapkan bisnis di perusahaannya. Pebisnis yang ingin agar operasional bisnisnya lebih efektif dan efisien pun harus bisa menerapkan dan memanfaatkan teknologi dimana cara manual saja tidak cukup untuk membuat bisnis lebih berkembang dengan pesat. Alasannya adalah saat proses bisnis dilakukan dengan cara manual akan banyak sekali terjadi human error yang mana menyebabkan performa bisnis kurang maksimal.

Bagi perusahaan besar peran teknologi ini akan lebih meringkaskan operasional bisnis yang kompleks dan rumit dibandingkan dengan perusahaan kecil. Divisi perusahaan besar yang membutuhkan bantuan teknologi adalah HRD. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa HRD ini berhubungan langsung dengan karyawan dimana karyawan tersebut akan menjadi ujung tombak perusahaan. Tanpa karyawan yang kompeten perusahaan tidak bisa mencapai target seperti yang diharapkan. Untuk bisa membuat operasional HRD efektif dan efisien membutuhkan HR software Indonesia seperti HRIS.

 

Alasan Perusahaan Membutuhkan HRIS

Aset perusahaan tidak hanya seberapa banyak kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan namun seberapa kompeten dan loyal karyawan tersebut terhadap perusahaan. Alasannya adalah karyawan yang loyal akan bisa meningkatkan performa perusahaan dan membuat tujuan perusahaan menjadi tercapai. Karyawan yang merasa haknya tidak diperhatikan akan memiliki performa yang menurun sehingga tujuan perusahaan tidak akan bisa tercapai. Oleh sebab itulah HRIS ini dibutuhkan tujuannya agar fungsi human resource bisa menjalankan fungsinya dengan baik seperti merekap absensi, menghitung penggajian, dan memproses cuti atau perizinan. Meski terlihat mudah namun bisa menyita waktu yang cukup besar. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa perusahaan besar membutuhkan HR software Indonesia:

 

Payroll sistem yang akurat

Alasan yang pertama adalah payroll sistem yang lebih akurat. Kompensasi dan penggajian ini adalah hal yang penting karena mampu merefleksikan komitmen perusahaan agar bisa menyejahterakan karyawannya. Perusahaan harus bisa berhati-hati dengan gaji ini termasuk pemberian upah karyawan yang lembur, bonus, hingga THR agar sesuai dengan kontribusi. Penghitungan kompensasi secara manual akan banyak memakan waktu yang lama namun akurasi yang rendah. Berkat bantuan teknologi HRIS ini perusahaan akan bisa menghitung kompensasi secara cepat namun tepat.

 

Absensi yang terkontrol

Perusahaan penting untuk memperhatikan absensi dari karyawannya. Jika absensi tidak terkontrol sulit bagi perusahaan untuk meningkatkan performa dan operasionalnya. Begitu pula dengan karyawan yang rajin dan selalu memenuhi jam kerjanya akan luput dari perhatian perusahaan sehingga sulit baginya untuk mengembangkan karier di perusahaan tersebut. Dengan menggunakan HRIS ini perusahaan akan tahu siapa saja karyawan yang mangkir dari jam kerjanya, berlaku curang ketika absensi seperti titip absensi, dan lain sebagainya sehingga gaji dan kompensasi karyawan ini bisa disesuaikan dengan kinerja dan kehadirannya. Perusahaan juga akan mudah melihat siapa karyawan yang rajin bekerja sehingga pemberian kompensasi dan bonus kepada karyawan tersebut menjadi tepat sasaran.

 

Efisiensi waktu dan kemudahan akses

Karyawan tidak hanya memerlukan kompensasi yang akurat namun juga memudahkan dalam mengakses kebutuhan lainnya seputar kompensasi tersebut. Portal pada HRIS ini bisa memungkinkan karyawan untuk mengakses slip gaji, mengajukan cuti maupun izin kemudian menyerahkannya ke bagian HR. Dengan HRIS ini karyawan akan bisa mendapatkan tindak lanjut dari izin cutinya tersebut sehingga tidak hanya HR yang senang namun karyawan juga akan senang.

HR software Indonesia ini akan mampu mengelola karyawan agar lebih efektif dan juga efisien dengan menciptakan hubungan yang baik antara HRD dengan karyawan dimana saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

 

Artikel Menarik Lainnya :

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan