span 1 span 2 span 3

Mengenal Fitur HR Software Indonesia dan Fungsinya

Mengenal Fitur HR Software Indonesia dan Fungsinya

HR Software Indonesia - Setiap perusahaan yang berdiri, baik itu murni bisnis ataupun organisasi profit dan non profit, pastilah membutuhkan pengelolaan sumber daya manusia yang baik. Dalam hal ini, kita mengenal peran HRD sebagai manajemen sumber daya manusia, mulai dari sisi rekrutmen hingga pemberdayaannya.

Dan dengan seiring berkembangnya teknologi informasi, sudah banyak perusahaan yang memahami pentingnya pemanfaatan teknologi software HR yang dapat mengelola seluruh data dan kegiatan karyawan. Untuk itu, pada ulasan kali ini mari kita mengenal lebih lanjut seputar fitur HR software Indonesia dan apa saja fungsinya bagi perusahaan. Berikut ulasan lengkapnya:

Time Attendance Management

Membangun budaya disiplin dan tepat waktu adalah hal yang penting. Oleh karena itu, fitur kehadiran ini menjadi salah satu hal yang penting dan wajib ada di setiap perusahaan. Fitur ini akan mengelola beberapa data, diantaranya adalah:

  • Waktu kedatangan dan pulang karyawan
  • Data lembur
  • Jumlah absensi karyawan
  • Jadwal shift
  • Jadwal cuti
  • Izin karyawan

Seluruh data-data tersebut juga akan terkoneksi dengan fingerprint sehingga mempermudah tugas manajemen sumber daya manusia dalam memantau produktivitas karyawan.

Employee Self Service

Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan karyawan untuk mengurus administrasi secara mandiri melalui dashboard aplikasinya. Dalam hal ini karyawan tidak perlu menghubungi HRD secara langsung dan dapat menginput kebutuhannya langsung ke dalam software. Seperti misalnya ketika ingin mencetak slip gaji, mengajukan izin cuti, melihat jumlah cuti dan sisah harinya, atau bahkan mengajukan klaim biaya pengobatan dan lain sebagainya.

Dengan hadirnya fitur ini, perusahaan juga bisa memaksimalkan sumber daya di bidang lainnya. Karena tim HRD tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra dalam mengurusi kebutuhan karyawan yang sudah di atasi sendiri oleh mereka. Dengan demikian, kontrol HRD dan manajemen pun akan meningkat.

BACA JUGA : Keunggulan HR Software Soltius Indonesia.

Talent Management

Fitur talent management akan memudahkan tim HRD dalam memilih kandidat yang tepat. Fitur ini akan menyediakan informasi dari seluruh data produktivitas karyawan selama bekerja. Sehingga HRD bisa meningkatkan human capital dan mengetahui seluruh data performa karyawan. Sedangkan fungsi lain dari fitur ini adalah untuk mempermudah HRD dalam menentukan karyawan mana yang pantas mendapat promosi jabatan.

Payroll Management

Dalam mengelola sumber daya manusia, tentunya tidak bisa lepas dari yang namanya sistem gajian, baik itu dalam proses pemberian honor ataupun menentukan berapa jumlah honor yang tepat untuk masing-masing posisi karyawan.

Karena pada dasarnya sistem pemberian honor ini tidak semudah yang dibayangkan. Perusahaan harus menyesuaikan besaran honor dengan beban kerja karyawan dan posisi jabatannya. Dan dengan tujuan mempermudah manajemen keuangan HRD, maka fitur ini akan hadir untuk menghitung sistem gaji bulanan hingga menghitung pajak dan potongan cuti.

Kesimpulan

Dalam penggunaan software HR, pastinya akan memberi berbagai kemudahan bagi perusahaan. Dan beberapa fitur di atas adalah sebagian kecil dari segudang fitur lain yang dimiliki oleh software HR. Namun semakin banyak fitur yang tersedia, maka semakin mahal pula biaya software tersebut. Dan pastinya dalam memilih software HR juga harus disesuaikan dengan kebutuhan karena tidak semua fitur benar-benar berguna bagi perusahaan Anda.

Demikianlah ulasan singkat seputar fitur HR software Indonesia yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat dan Anda bisa segera mengaplikasikan software ini untuk kemajuan perusahaan dan sumber dayanya.

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Jul 15, 2024
Moving to the cloud drives business sustainability
Jul 12, 2024
Revolusi Digital dalam Dunia Industri: Optimalisasi Efisiensi Melalui Digital Ma...