span 1 span 2 span 3

Mengenal Fitur dan Manfaat HR Software Indonesia

Mengenal Fitur dan Manfaat HR Software Indonesia

HR Software Indonesia - Mungkin anda sudah akrab jika mendengar tentang aplikasi atau software yang digunakan untuk memonitor aktivitas transaksi dalam bisnis. Namun tahukah anda, saat ini sudah ada software yang digunakan untuk membantu setiap pekerjaan anda yang berhubungan dengan HR (Human Resource)? Seperti yang anda pikirkan, HR adalah software yang digunakan untuk mengatur semua aspek yang berhubungan dengan karyawan dalam satu perusahaan atau bisnis. Kehadiran aplikasi HR adalah untuk menunjang kinerja para karyawan itu sendiri sehingga anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. Cakupan aplikasi ini meliputi database informasi karyawan, sistem pembayaran gaji, fungsi rekrutmen, dan masih banyak lagi. HR software Indonesia sendiri saat ini sudah sangat banyak dijumpai. Jika anda sedang berencana mengaplikasikan HR dalam bisnis anda, mungkin informasi seputar fitur dan manfaat-manfaat aplikasi HR di bawah ini akan berguna bagi anda. 

Fitur-fitur HR Software 

Dengan banyaknya perusahaan penyedia layanan HR software Indonesia saat ini, anda mungkin akan menjumpai fitur yang bermacam-macam tergantung penawaran yang diajukan. Namun secara dasar, sebuah HR software memiliki fitur sebagai berikut: 

  • Database Informasi Karyawan. 
  • Sistem Penggajian. 
  • Sistem Tracking Penggunaan Karyawan. 
  • Fungsi Rekrutmen. 
  • Manajemen Performa. 
  • Manajemen Benefit untuk Karyawan. 
  • Pengaturan SOP bagi setiap Karyawan. 
  • Pengembangan Karyawan. 
  • Laporan. 
  • Manajemen Siklus Karyawan. 
  • Dan masih banyak lagi dengan semua aspek yang berhubungan dengan karyawan. 

Lalu apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dengan banyaknya fitur tersebut? 

Manfaat HR Software 

Manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengaplikasikan HR software sangat beragam. Tergantung juga dengan jenis aplikasi HR mana yang anda pilih. Sebagai informasi, HR secara garis besar digolongkan menjadi dua, yaitu On-Premises HR Software yang hanya bisa diakses dalam jaringan dan perangkat lokal kantor saja, dan HR Software berbasis cloud yang memungkinkan anda memonitor HR dari mana pun anda berada karena aksesnya yang bisa melalui komputer, tablet, hingga smartphone. Untuk manfaat HR Software adalah sebagai berikut: 

BACA JUGA : Keunggulan HR Software Soltius Indonesia.

  • Sistem Penggajian 

Masalah manajemen penggajian atau basa disebut payroll adalah masalah terbesar karena di sinilah pengeluaran terbesar perusahaan terjadi. Dengan menggunakan HR, anda bisa dengan mudah menghitung gaji setiap karyawan anda dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti pemotongan BPJS, keterlambatan, pemberian bonus, dan lain-lain. 

  • Akses Informasi Antar Karyawan Lebih Mudah 

Dengan menggunakan HR software, karyawan anda bisa dengan mudah menghubungi setiap divisi. Selain itu, fitur self-service memungkinkan karyawan anda mengakses semua data perusahaan dengan mudah tanpa harus meminta terlebih dahulu kepada atasan. Hal ini tentu menjadi langkah yang sangat efisien daripada cara konvensional. 

  • Rekrutmen 

Nah, ini manfaat yang penting juga. Dengan menggunakan HR software, anda bisa dengan mudah mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Hal tersebut adalah karena HR sudah terhubung secara otomatis dengan sistem di website lowongan pekerjaan serta media sosial para calon karyawan. HR juga mampu menyediakan layanan wawancara secara online antara anda dengan calon karyawan yang akan anda rekrut. 

Demikianlah informasi mengenai fitur dan manfaat HR software Indonesia yang bisa anda dapatkan. Jika anda tertarik mengaplikasikan HR dalam perusahaan anda, maka anda bisa memilih mana sekiranya fitur dan paket yang cocok dengan yang anda inginkan. Jika anda masih bingung juga, maka tidak usah khawatir sebab Soltius Indonesia senantiasa hadir untuk membantu Anda dalam memberikan insight mengenai HR softwarenya. Lebih detail mengenai keuntungan HR Software Soltius baca disini : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/hr-payroll-software

Artikel Menarik Lainnya : Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan HR Software.

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia