span 1 span 2 span 3

3 Fungsi Advanced Supply Chain Planning yang Vital bagi Perusahaan

3 Fungsi Advanced Supply Chain Planning yang Vital bagi Perusahaan

Advanced supply chain planning disebut juga dengan perencanaan rantai pasokan lanjutan. Tidak hanya rantai pasokan saja yang penting untuk Anda perhatikan namun rantai pasokan lanjutan juga penting diperhatikan. Perencanaan rantai pasokan lanjutan ini digunakan untuk menyeimbangkan antara permintaan, penawaran, dan pasokan. Tanpa penyeimbangan itu semua rantai pasokan lanjutan tidak akan bisa dilakukan karena ada ketimpangan antara permintaan, penawaran, dan juga rantai pasokan itu sendiri.

Di tengah teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini, advanced supply chain planning ini adalah tulang punggung perusahaan yang menjadi penyangga berjalannya operasional bisnis perusahaan tersebut. Jika perusahaan tidak bisa melakukan rencana dan pengelolaan rantai pasokan dengan baik dan benar dikhawatirkan operasional perusahan juga menjadi terganggu. 

Fungsi

Ada beberapa fungsi dari advanced supply chain planning yang penting untuk perusahaan ketahui. Dengan beberapa fungsi yang dimiliki oleh perencanaan rantai pasokan lanjutan ini perusahaan akan bisa lebih efektif dalam menjalankan rantai pasokan lanjutan. Simak beberapa fungsinya berikut ini:

1.    Merencanakan permintaan

Advanced supply chain planning digunakan dalam merencanakan dan memperkirakan permintaan pasar untuk beberapa produk perusahaan. Dengan menggunakan analisis statistik dan juga teknik makro yang canggih diperkirakan akan membuat riwayat permintaan dengan beberapa faktor penyebab, membuat model perkiraan dan juga hasil perkiraan, adopsi konsensus dengan pendekatan berbasis rekonsiliasi rencana permintaan oleh berbagai departemen. Promosi juga digunakan untuk menambah intelijen pemasaran dan penyesuaian manajemen.

Baca Juga: Pentingnya Advanced Supply Chain Planning untuk Sebuah Perusahaan

2.    Merencanakan jaringan pasokan

Perencanaan rantai pasokan lanjutan ini berfungsi untuk melakukan integrasi dalam pembelian, produksi, dan juga distribusi yang mana sewaktu-waktu membutuhkan perencanaan taktis dan juga pengambilan keputusan untuk disimulasikan atau di implementasikan secara konsisten. Perencanaan jaringan pasokan ini dengan menggunakan teknik pengoptimalan yang canggih berdasarkan kendala dan juga penalti, melakukan perencanaan aliran produk sepanjang rantai pasokan. Hasilnya adalah keputusan pembelian, produksi dan juga distribusi menjadi lebih optimal sehingga pelayanan terhadap pelanggan akan menjadi meningkat.

Advanced supply chain planning juga digunakan untuk menghitung jumlah yang akan dikirimkan ke lokasi agar disesuaikan dengan permintaan dari pelanggan  dan juga untuk mempertahankan tingkat layanan seperti yang mereka inginkan. Hal ini merupakan optimasi yang dilakukan secara matematis untuk memastikan jika permintaan dapat terpenuhi, produksi, dan juga sumber daya pergudangan mampu beroperasi pada kapasitas yang sudah ditentukan.

3.    Rencana Produksi dan penjadwalan

Fungsi terakhir adalah merencanakan produksi dan juga penjadwalan. Dengan perencanaan semua ini akan membuat waktu produksi semakin efektif dan efisien, selain itu mengurangi waktu tunggu, meningkatkan pengiriman yang lebih tepat waktu, meningkatkan hasil karena manajemen maupun perencanaan sumber daya lebih baik bahkan biaya persediaan ini bisa lebih dihemat.

Kelebihan

Akan ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan perencanaan rantai pasokan lanjutan.  Kelebihan yang pertama adalah Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang manajemen rantai pasokan dan rantai pasokan lanjutan Anda. Khusus untuk bisnis retail dan juga grosir mengetahui akurat barang dagangan sangat penting karena dengan informasi tersebut memungkinkan bagi Anda untuk menjual sebuah barang sebelum sampai di gudang Anda. Hal tersebut hanya akan bisa dilakukan dengan bantuan manajemen rantai pasokan lanjutan karena ada informasi pelacakan pengiriman barang.

Kelebihan selanjutnya adalah meningkatkan produktivitas. Software manajemen rantai pasokan lanjutan membuat produktivitas bisnis meningkat mulai dari memperlancar komunikasi, kerja sama, koordinasi yang bisa terjalin antara vendor, perusahaan pengiriman, dan beberapa pihak terkait lainnya. Dengan software ini perusahaan juga mampu menyusun strategi distribusi barang yang lebih baik dan efisien sehingga lebih menghemat waktu.

Demikianlah beberapa fungsi advanced supply chain planning yang penting untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...