span 1 span 2 span 3

3 Kemudahan yang Ditawarkan Payroll Software Indonesia

3 Kemudahan yang Ditawarkan Payroll Software Indonesia

Payroll software Indonesia – Bagi perusahaan besar mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah payroll. Payroll sendiri merupakan bagian vital dalam perusahaan.  Cost center setiap bulan ada bahkan software ini menjadi cost terbesar bagi perusahaan. Jika sudah terbantu dengan sistem atau aplikasi, proses payroll ini tidak memakan waktu lama, namun jika menggunakan cara manual proses payroll bisa berlangsung selama berhari-hari dan hal ini tidak efektif dilakukan oleh perusahaan besar mengingat perusahaan memiliki jumlah karyawan yang banyak tidak hanya puluhan namun  bisa mencapai ribuan.

 

Kemudahan yang Didapatkan

Coba dibayangkan jika karyawan yang dimiliki sekitar 3000an kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghitung gaji yang diberikan kepada karyawan tersebut. Jika tidak menggunakan sistem tentu pihak HRD harus kerepotan dan harus lembur setiap hari. Oleh sebab itulah payroll software Indonesia ini hadir untuk membantu tugas dan tanggung jawab HRD dalam penggajian karyawan. Dengan menggunakan payroll software ini ada tiga kemudahan yang bisa didapatkan seperti berikut ini:

 

  1. Menghemat waktu

Kemudahan yang pertama adalah menghemat waktu. Berkat payroll Software Indonesia perusahaan tidak perlu menghabiskan banyak waktu atau bahkan berminggu-minggu hanya untuk menghitung dan membuat data payroll. Dengan menggunakan software atau aplikasi ini perusahaan bisa menghitung semua data tang ada hubungannya dengan sistem payroll mereka nantinya. Berkat kecanggihan yang dimiliki oleh software ini, tidak hanya pemasukan dan gaji saja yang dihitung namun potongan dari gaji yang diterima karyawan pun juga akan dihitung sehingga tidak perlu menghitung secara manual kembali. Dengan menghemat waktu penghitungan payroll ini pihak HR akan bisa berfokus pada tugas yang lainnya mengingat tugas HR ini sangat banyak tidak hanya berkutat pada penggajian karyawan saja.

 

  1. Pembuatan laporan yang cepat dan tepat

Payroll software Indonesia ini akan memudahkan dalam pembuatan laporan lebih cepat dan tepat. Software ini tidak hanya dilengkapi dengan satu atau dua laporan saja namun memiliki banyak laporan yang bisa dibuat dengan tepat dan cepat. Contoh laporan yang bisa dibuat adalah laporan transfer dari bank yang akan diberikan kepada departemen keuangan dengan atasan secara langsung, hingga laporan untuk legalitas seperti pajak untuk pegawai. Tidak hanya itu saja masih ada banyak laporan yang bisa dibuat oleh payroll software seperti laporan untuk bagian HR sendiri, laporan asuransi, laporan BPJS, sampai dengan laporan Jamsostek. Jika dilakukan dengan cara manual tentu HR akan kelelahan sehingga human error tersebut sangat mungkin terjadi sehingga menimbulkan komplain dari karyawan.

 

  1. Verifikasi data

Kemudahan yang terakhir adalah verifikasi data. Khusus perusahaan besar dengan adanya payroll software ini akan membuat verifikasi data bisa dilakukan pada banyak platform yang berbeda. Hal itu dikarenakan payroll tersebut berbasis online bukan offline. Perusahaan akan bisa melakukan verifikasi dari website, desktop, software, sampai dengan mobile. Kemudahan verifikasi ini untuk menghindari adanya human error sehingga aplikasi ini juga untuk memastikan apakah semua data sudah terverifikasi dengan benar atau belum sebelum masuk ke proses yang selanjutnya.

Kini sudah bukan saatnya melakukan semua proses dengan cara manual, karena sudah era digital dan juga globalisasi. Terlalu fokus pada payroll hanya akan membuat perusahaan kehilangan fokus pada bidang yang lainnya.  Oleh sebab itu bagi perusahaan yang belum menggunakan payroll software Indonesia sebaiknya harus mulai mempertimbangkannya agar HR bisa menjalankan tugasnya lebih efisien dan human error bisa diminimalisir.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia