span 1 span 2 span 3

3 Manfaat Penerapan Software ERP Indonesia Pada Perusahaan Bisnis

3 Manfaat Penerapan Software ERP Indonesia Pada Perusahaan Bisnis

Software ERP Indonesia – ERP adalah singkatan dari Enterprise Resources Planning yang mana adalah konsep perencanaan yang mana bermanfaat untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di dalam perusahaan. ERP akan lebih menekankan terhadap aspek perencanaan dan juga analisis sumber daya perusahaan yang berhubungan dengan finansial, akuntasi, SDM, rantai suplai, dan lain sebagainya. ERP ini memiliki sistem yang terintegrasi dan memiliki tujuan berupa merangkum proses bisnis. Hal ini sangat penting dalam membentuk suatu kolaborasi yang tidak hanya efektif namun juga efisien. Hal utama yang dimiliki oleh ERP adalah perencanaan yang tujuannya supaya bisa merencanakan, mengelola sumber daya, dan juga mampu merespons kebutuhan setiap pelanggan.

Di saat tantangan bisnis semakin meningkat seperti saat ini dengan menggunakan ERP Indonesia perusahaan akan bisa memiliki solusi yang tepat untuk menjawab dan mengatasi tantangan yang nantinya akan dihadapi oleh bisnis Anda. Penerapan ERP ini tidak hanya menciptakan aktivitas bisnis yang terintegrasi, namun juga mampu memberikan informasi yang lengkap tentang semua aspek bisnis yang bisa membantu Anda untuk terus mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Selain itu masih ada banyak sekali manfaat penerapan software ERP Indonesia bagi perusahaan yang wajib untuk Anda ketahui seperti berikut ini:

 

Produktivitas Meningkat

Software ini mampu mengotomatiskan berbagai macam proses kompleks dalam perusahaan mulai dari manajemen pelanggan, manajemen keuangan, sampai dengan manajemen karyawan. Perangkat lunak ini akan bisa membuat Anda untuk mendapatkan data apapun secara real time dengan tingkat akurasi yang tinggi. Anda tidak perlu takut pada kesalahan informasi dan juga kalkulasi misalnya di dalam laporan keuangan. Anda juga tidak perlu menghabiskan biaya operasional perusahaan untuk pembelian kertas, alat tulis, atau aplikasi yang terpisah-pisah. Karena proses yang kompleks lebih sederhana, perusahaan efisiensi menjadi meningkat. Dengan begitu produktivitas perusahaan juga bisa lebih ditingkatkan.

 

Membentuk Komunikasi Tim yang Lebih Baik

Dengan menerapkan software ERP Indonesia, perusahaan akan bisa melakukan integrasi semua proses dan memungkinkan bagi setiap orang di dalam perusahaan untuk melakukan kolaborasi dengan baik berkat sistem yang terpusat. Dengan sistem terpusat tersebut setiap divisi bahkan di kantor cabang bisa saling berkoordinasi meski tidak harus saling berinteraksi. Tim pemasaran mampu memberikan data yang mereka dapatkan kepada tim penjualan melalui CRM. Tim penjualan kemudian bisa memberi tahu kepada tim pemasaran tentang prospek yang potensial dan tidak potensial, hal tersebut akan membuat tim pemasaran menjadi lebih fokus pada prospek yang potensial. Departemen keuangan juga bisa langsung mengetahui seberapa banyak biaya yang dihabiskan oleh setiap staff atau divisi tanpa harus bertanya langsung kepada mereka.

 

Visibilitas Keuangan

ERP ini mampu meningkatkan visibilitas keuangan yang jauh lebih besar. Keuangan sendiri merupakan aspek yang paling penting di dalam perusahaan manapun. ERP ini juga membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan visibilitas yang lebih besar terhadap aspek bisnis terutama bidang akuntansi. Sistem ERP membuat Anda bisa mengetahui arus kas perusahaan secara real time, menginformasikan tentang kondisi keuangan Anda yang sebenarnya. Mungkin perusahaan sudah membuat laporan keuangan untuk mengetahui laba dan rugi, namun pengecekan secara terperinci masih jarang bisa dilakukan.

Demikianlah beberapa manfaat penerapan software ERP pada perusahaan. Untuk bisa menerapkan software ERP Indonesia yang tepat pada perusahaan ada baiknya jika Anda memahami kebutuhan bisnis Anda terlebih dahulu, hal ini bisa Anda didiskusikan bersama dengan tim Anda, tanpa memahami kebutuhan perusahaan dengan baik ditakutkan Anda memilih software ERP yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan