span 1 span 2 span 3

3 Perbedaan HR dan HCM, Pebisnis Wajib Tahu!

3 Perbedaan HR dan HCM, Pebisnis Wajib Tahu!

Perbedaan HR dan HCM – Pemilik bisnis tentu sudah tahu apa itu HR dan juga HCM. Namun bagi orang awam masih banyak yang menganggap jika keduanya memiliki tugas dan peranan yang berbeda. Selain itu masih ada yang menganggap kedua konsep ini mampu menciptakan perbaikan bisnis yang lebih bagus.

Ada beberapa pemilik bisnis yang mana merasa nama departemen tidak penting, yang penting adalah hasil kerjanya. Padahal sebutan pada departemen ini bisa membantu departemen tersebut bekerja sesuai dengan job deskripsi mereka masing-masing.  Bagi yang belum tahu apa itu HR dan juga HCM, simak beberapa perbedaan HR dan HCM yang penting diketahui semua pebisnis berikut ini:

Sudut Pandang

Perbedaan HR dan HCM yang pertama adalah sudut pandangnya. Jika HCM akan memandang manusia sebagai sumber kunci organisasi atau perusahaan maka HR ini memandang SDM hanyalah sebagai sumber daya pendukungnya.  Menurut HR ini karyawan ini sebagai sumber sehingga akan habis jika dayanya dipakai terus menerus. Menurut HCM karyawan ini sebagai aset sehingga bisa diperkaya dan juga bisa memberikan keuntungan terhadap perusahaan.

Fokus

Dilihat dari fokusnya, HR dan juga HCM ini berbeda. HR memiliki fokus dalam memastikan SDM ini menjadi suporter atau pendukung dalam pelaksanaan strategi bisnis. Apa yang ada di dalam diri karyawan tersebutlah yang akan memudahkan pebisnis menjalankan strategi bisnis yang ditentukan oleh perusahaan.

Baca Juga: Buat Program HRD di Perusahaan Lebih Maksimal dengan HR Software Terbaik di Indonesia

Fokus HCM sendiri untuk menciptakan strategi-strategi yang nantinya bisa menghasilkan dan juga menciptakan value. Value itu yang nantinya akan bisa digunakan sebagai aktualisasi dan juga mempercepat proses implementasi strategi bisnis yang jauh lebih efisien. 

HCM ini akan mengelola dan juga mengembangkan kemampuan karyawan mencapai tingkat yang lebih signifikan. Selain itu menciptakan kinerja karyawan perusahaan yang lebih tinggi. Karyawan bisa menghasilkan kemudian menggunakan pengetahuan dan keterampilan umum yang dimilikinya. Dengan HCM karyawan juga mampu menciptakan modal intelektual atau intelektual kapital. 

Dengan adanya perbedaan fokus ini bisa berpengaruh terhadap program kerja, strategi bisnis yang akan diterapkan dan juga fasilitas. HR dan HCM ini bisa juga membuat analisis kinerja dan juga produktivitas maupun pengembangan karyawan berbeda.

Efektivitas

Yang terakhir dari segi efektivitas.  Untuk Human Capital Manajemen akan memandang penting tingkat efisiensi dan efektivitas human capital dalam mencapai organisasi.  Dibandingkan dengan HR, pengukuran kontribusi itu sudah ada sayang tidak sekuat pada HCM.

Mana yang Lebih Bagus?

Setelah membaca beberapa perbedaan HR dan HCM diatas kini Anda sudah mengetahui apa itu HR dan juga HCM lebih jauh.  Tidak jarang banyak pebisnis yang bertanya bagus mana antara HR dan juga HCM tersebut? Bagus tidaknya tergantung dengan konsep manajemen bisnis Anda, visi dan juga misi perusahaan. 

Ada perusahaan yang sudah cukup dengan menggunakan HR untuk pengelolaan SDM mereka. Jika tidak ada masalah dengan hasil kinerja dan pertumbuhan karyawan maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

Baca Juga: Jadikan 4 Program HRD di Perusahaan ini Sebagai Strategi untuk Memajukan Bisnis

Jika dilihat perbandingan keduanya secara cermat, HCM ini mampu memandang SDM sebagai aset yang berharga sehingga perlu diinvestasikan. Karena alasan ini perusahaan menganggap HCM jauh lebih baik dibandingkan dengan HR karena memberikan manfaat tidak hanya untuk karyawan namun sekaligus untuk perusahaan.

Untuk menyederhanakan HCM di perusahaan bisnis, Anda bisa menggunakan jasa kami.  Kami dari SOLTIUS sebagai perusahaan penyedia layanan solusi IT terpercaya menawarkan berbagai macam solusi untuk bisnis Anda. Kami mampu mentransformasikan bisnis Anda secara digital. 

Dengan HCM yang kami tawarkan Anda bisa mengelola karyawan menjadi lebih baik. Semua proses yang berhubungan dengan karyawan seperti administrasi karyawan, manajemen waktu dan sebagainya bisa berjalan secara otomatis. Semoga informasi beberapa perbedaan HR dan HCM diatas bermanfaat untuk Anda, hubungi kami untuk mendapatkan info lebih lanjut. Atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/hr-payroll-software

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...