span 1 span 2 span 3

3 Software yang Bisa Memudahkan Tugas HRD

3 Software yang Bisa Memudahkan Tugas HRD

Tugas HRD (Human Resources Development) terbilang cukup kompleks. Pasalnya, divisi ini harus mengelola sumber daya manusia di perusahaan, mulai dari perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi, pengembangan, manajemen kinerja, gaji, hingga masalah yang terkait dengan hubungan industrial. Untuk membantu tugas divisi personalia, perusahaan dirasa perlu menggunakan software HR dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berikut ini 3 software HR yang bisa digunakan untuk meringankan tugas-tugas dari tim HRD. 

Software Absensi 

Teknologi yang berkembang begitu pesat mendorong lahirnya software yang bisa dikses melalui smartphone. Salah satunya adalah apikasi absensi via smartphone. Aplikasi ini sangat memudahkan tugas tim personalia dalam mengolah berbagai data terkait kegiatan absensi para karyawan. Dengan hadirnya aplikasi ini, tim personalia juga dapat memantau laporan absensi melalui smartphone. Hal ini tentu saja sangat praktis karena Anda bisa mengakses data kapanpun Anda inginkan secara mobile. 

Pengunaan aplikasi ini juga akan menguntungkan bagi para karyawan. Sebab, para karyawan dapat melakukan scan absensi dan mengajukan izin melalui ponsel pintar yang dimilikinya. Tak heran kalau sekarang mulai banyak perusahaan yang memanfaatkan aplikasi ini untuk mempermudah kerja tim personalia.

Software Personalia dan Penggajian 

Software personalia dan penggajian juga menjadi salah satu aplikasi yang sangat membantu tugas HRD di sebuah perusahaan. Dengan adanya software ini, tim HRD bisa lebih mudah dalam mengelola jam kerja para karyawan, melakukan pembagian status karyawan, serta memudahkan dalam pengaturan cuti karyawan. Semua proses tersebut bisa dikelola secara lebih profesional. 

Dengan hadirnya aplikasi ini, tim HR bisa lebih mudah memantau kehadiran para karyawan dan juga mengevaluasi kinerja mereka. Data-data yang ada akan dikemas secara lengkap untuk digabungkan dengan fitur penggajian. Setelah itu, tim HR akan mendapatkan data terkait jumlah gaji karyawan berdasarkan data kehadiran dan juga evaluasi kinerja. 

Agar hasilnya maksimal, Anda harus bisa memilih software yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan kalau software tersebut memiliki tampilan yang user friendly agar semua informasi mudah diakses dan dipahami oleh para pengguna. 

Software Layanan Cloud 

Saat ini teknologi cloud menjadi salah satu kebutuhan yang paling krusial dalam dunia usaha. Pasalnya, teknologi ini memiliki efisiensi biaya dan juga fleksibilitas pengaksesan data. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk mengunduh, mengunggah, mengubah, maupun menyingkronkan data secara otomatis. Seluruh data yang terdapat pada aplikasi berbasis cloud juga telah terintegrasi dengan baik. 

Aplikasi yang jelas sangat berguna bagi tim personalia. Dengan memanfaatkan software yang berbasis cloud, Anda bisa lebih mudah dalam mengakses ataupun menyingkronkan data karyawan pada mesin absensi secara otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengubah data di mesin absensi tersebut. Sebab, data yang tersimpan di aplikasi cloud tersebut telah diintegrasikan dengan data yang terdapat pada mesin absensi. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih HR Software Indonesia dan Fiturnya yang Favorit

Demikianlah ulasan mengenai 3 software yang dapat memudahkan tugas tim HRD di sebuah perusahaan. Dengan memanfaatkan ketiga software tersebut Anda bisa lebih mudah dalam mengolah data yang terkait dengan absensi, evaluasi kerja karyawan, sistem penggajian, dan lain sebagainya. Segala data yang terhimpun di dalam software tersebut telah terintegrasi dengan baik sehingga tim personalia tidak perlu melakukan pengolahan data secara manual. Dengan demikian, tim personalia dapat menyelesaikan tugasnya dalam waktu yang relatif cepat. 

Bagi Anda yang membutuhkan software untuk mempermudah tugas HRD, Anda dapat berkonsultasi dengan Soltius Indonesia. Kami menyediakan software HR terbaik yang dapat memaksimalkan kinerja tim personalia di perusahaan Anda. 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia