span 1 span 2 span 3

4 Fitur Aplikasi CRM yang Bermanfaat untuk Bisnis

4 Fitur Aplikasi CRM yang Bermanfaat untuk Bisnis

Aplikasi CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management.  Aplikasi ini menjadi strategi untuk bisa mengelola dan memanage hubungan dengan konsumen atau pelanggan saat dia masih menjadi calon konsumen. Dengan menggunakan aplikasi CRM ini akan memudahkan anda dalam mengelola database konsumen Anda. 

Setelah Anda tahu apa itu CRM ada baiknya Anda tahu fitur-fitur apa saja yang dimilikinya. Dengan mengetahui fitur yang dimiliki oleh CRM tersebut Anda jadi bisa menyesuaikan fitur apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda karena setiap perusahaan membutuhkan fitur yang berbeda-beda.

Fitur

CRM ini memiliki fitur yang sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi CRM dan penting untuk bisnis Anda:

1.    Menangkap prospek

Fitur pertama yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah menangkap prospek. Lead atau prospek ini sangat penting dalam membangun database pelanggan. Semua pelanggan yang ada di bisnis Anda ini semuanya berawal dari prospek yang berhasil di follow up dengan baik. Jika bisnis Ada tidak bisa menangkap prospek dengan baik Anda akan melewatkan beberapa kesempatan yang bagus untuk bisnis Anda. 

Tidak hanya menangkap prospek saja namun dengan aplikasi ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan tindak lanjut, mudah dalam mengelompokkan prospek, memberikan penilaian, dan akhirnya bisa terjadi pembelian. CRM akan membantu bisnis Anda untuk memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga dari hanya sekadar pembeli mereka akan berubah menjadi pelanggan tetap.

2.    Email otomatis

CRM ini memiliki fitur berupa pengiriman email secara otomatis. Saat ada pengunjung yang baru datang pertama kali di website bisnis Anda, akan ada popup window yang menyuruh mereka untuk mengisinya dengan alamat email mereka. Dengan hal ini Anda akan mudah dalam mengirimkan penawaran dan melakukan promosi terhadap mereka. Jika aplikasi ini digabungkan dengan marketing otomatis yang ada di sistem ERP, bisnis Anda akan sangat tangguh karena mampu melakukan marketing tertarget secara otomatis.

3.    Pengelompokan prospek

Fitur yang dimiliki CRM selanjutnya adalah mengelompokkan prospek ke calon pembeli. Setiap prospek akan dikelompokkan dalam kategori tertentu dengan memberikan harapan meningkatkan penjualan yang efektif dan efisien, selain itu berfungsi untuk memudahkan Anda dalam mengelola prospek tersebut. Dengan menggolongkan dan mengelompokkan prospek tersebut Anda jadi bisa membedakan mana prospek yang harus di prioritaskan dan mana yang tidak.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi CRM serta Manfaatnya

4.    Tindak lanjut dan penjadwalan
Hal yang masih sering dilakukan oleh pebisnis adalah mereka hanya sibuk dalam menangkap prospek. Prospek yang sudah berhasil ditangkap di diamkan dan tidak di tindak lanjuti. Hal itulah yang membuat bisnis akan sulit berkembang dan penjualan akan stagnan. Jika Anda sudah berhasil menangkap prospek dengan baik ada baiknya jika Anda segera melakukan penjadwalan untuk menindaklanjuti prospek tersebut. 
Tindak lanjut yang bisa dilakukan oleh CRM ini adalah melalui text berupa SMS dan juga email. Dengan adanya fitur ini Anda akan minim kehilangan kesempatan dalam melakukan follow up karena aplikasi juga akan mampu memberikan notifikasi jika jadwal follow up sudah dekat. Meski begitu tidak semua aplikasi CRM ini dilengkapi dengan fitur ini tergantung dengan vendornya masing-masing sehingga ada baiknya jika Anda menanyakan kepada vendor tentang fitur apa saja yang dimiliki oleh aplikasi CRM yang ditawarkannya tersebut.

CRM terbukti mampu membuat integrasi bisnis menjadi lebih baik lagi. CRM ini mampu di integrasikan dengan email, telepon, SMS, dan juga chat. CRM ini juga bisa di integrasikan dengan aplikasi penjualan sehingga bisa membuat invoice secara otomatis dan kemudian mengubahnya menjadi penjualan. Banyaknya fitur canggih yang dimiliki oleh aplikasi CRM ini maka penting bagi Anda untuk mengaplikasikannya ke bisnis agar penjualan dan kepuasan pelanggan meningkat.


Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Aplikasi CRM untuk Bisnis di Era Digital

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan